Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa yang Mau Menjadi Pelapis di Barcelona?

Koresponden Barcelona untuk ESPN FC, Samuel Marsden, menganalisis soal transfer musim panas klub Catalan ini. Salah satu tugas berat Barcelona: datangkan pemain top untuk berbagi peran dengan 'MSN'.
Barcelona/Reuters
Barcelona/Reuters

Bisnis.com, SPANYOL - Koresponden Barcelona untuk ESPN FC, Samuel Marsden, menganalisis soal transfer musim panas klub Catalan ini. Salah satu tugas berat Barcelona: datangkan pemain top untuk berbagi peran dengan 'MSN'.

"Siapa yang tidak mau bermain untuk klub sebesar Barcelona?" ujar bek Ajax Davison Sanchez, seperti dilansir oleh ESPN, saat ditanya mengenai isu hubungan dirinya dengan klub Catalan tersebut.

Walaupun banyak yang tertarik untuk bermain di Barça, tetapi ada banyak juga yang hanya ingin pindah dengan kepastian masa depannya di Barca.

Dries Mertens, Kevin Gameiro, Nolito, dan Gabriel Yesus merupakan pemain-pemain yang merasa bahwa masa depannya tidak pasti, sama seperti Pedro Rodriguez yang hengkang ke Chelsea dua musim lalu karena MSN tidak tergantikan.

Gameiro, yang lebih memilih Atletico Madrid dari pada Blaugrana musim lalu, menjelaskan tentang pilihannya tersebut, "Apa yang bisa saya lakukan di Barca?"

"Di sana ada Neymar, Messi, dan Suarez. Mereka adalah pemain yang ingin bermain di setiap pertandingan, yang menolak absen bahkan di 10 menit akhir pertandingan," ujar Gameiro yang dilansir oleh ESPN.

Setelah bersusah payah mendatangkan pemain sebagai pelapis 'MSN', Barca akhirnya mendapatkan Paco Alcacer dari Valencia musim lalu. Namun, Alcacer hanya bermain sebagai starter di tujuh pertandingan liga saja.

Istirahatnya 'MSN' memang bukan jaminan membuat perbedaan untuk Barca, namun kedalaman skuad Real Madrid musim ini membantu mereka untuk meraih gelar juara La Liga.

Marco Asensio, Isco, James Rodriguez, dan Alvaro Morata bermain lebih banyak dari pada Alcacer. Real Madrid pun mendapatkan keuntungan dari kepercayaan Zinedine Zidane kepada pemain cadangannya.

Salah satu tantangan pelatih baru Barcelona, Ernesto Valverde: menemukan pemain yang tepat untuk merotasi Messi, Suarez, dan Neymar agar tidak "terpeleset" saat melawan tim seperti Alaves, Deportivo La Coruna, atau Malaga.

Alcacer akan tetap menjadi pilihan di musim keduanya ini dan mungkin akan lebih baik lagi. Arda Turan juga menunjukan bahwa dirinya dapat berkontribusi di paruh awal musim ini, walaupun mungkin dirinya akan hengkang musim panas ini. Di luar keduanya, skuad Barca akan semakin ramping.

Oleh karena itu, Gerard Deulofeu sedang diminta kembali dan di atas kertas, ia merupakan pemain cadangan yang sempurna. Dia tidak hanya bisa bermain di kedua sisi, tapi dia bisa masuk saat Messi bermain lebih ke tengah. Tapi dia juga ragu untuk mengambil peran sebagai pelapis karena menjelang Piala Dunia 2018.

Blaugrana memiliki klausul 12 juta euro untuk mendatangkan kembali Deulofeu hingga 30 Juni. Namun Barca harus bisa meyakinkan pemain sayap Spanyol ini, bahwa dia akan mendapatkan sepakbola yang dia inginkan.

Pemain yang ideal, seperti Deulofeu, cukup muda untuk menerima peran di belakang Messi, Neymar, dan Suarez saat ini. Dua dari ketiganya akan berumur 30 pada awal musim depan dan pada suatu saat Barca perlu suksesor mereka. Barca sudah gagal saat merencanakan penerus Xavi Hernandez dan Andres Iniesta di lini tengah.

Deulofeu adalah target yang jelas dan mudah, tapi ada alternatif lain, pemain Borussia Dortmund: Ousmane Dembele. Barca sudah menginginkannya sejak musim panas lalu, tapi dia lebih memilih pindah ke Bundesliga karena dijanjikan bermian reguler.

Begitu sulit kah Barcelona mendatangkan pelapis? Mungkin Valverde, yang memiliki track record bagus dengan pemain muda, akan mampu meyakinkan Deulofeu, Dembele, atau keduanya untuk bergabung dengannya di Camp Nou.

Pada akhirnya, pemain paling percaya diri pun pasti tahu bahwa "memutus" Messi, Suarez, dan Neymar merupakan hal yang hampir tidak mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper