Emil Mulyadi Akhirnya Main di Serie A, Juventus Menang 2-1

Juara Serie A Juventus melakoni laga pamungkasnya di kompetisi domestik dengan mengalahkan tuan rumah Bologna 2-1 di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 28 Mei 2017  |  05:53 WIB
Emil Mulyadi Akhirnya Main di Serie A, Juventus Menang 2-1
Penyerang Juventus Moise Kean, yang baru berusia 17 tahun, mencetak gol kemenangan timnya ke gawang Bologna ketika injury time telah berjalan 4 menit. - Twitter Juventus

Bisnis.com, JAKARTA - Juara Serie A Italia Juventus melakoni laga pamungkasnya di kompetisi domestik dengan mengalahkan tuan rumah Bologna 2-1 di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Minggu dini hari WIB (28/5/2017).

Kemenangan Juventus itu ditandai dengan diturunkannya untuk pertama kali di Serie A kiper berdarah Indonesia Emilio Audero Mulyadi sebagai penjaga gawang klub berjuluk Si Nyonya Tua.

Emil Mulyadi merupakan putra dari warga Indonesia Edy Mulyadi dan istrinya warga Italia Antonela Audero. Dia lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 18 Januari 1997. Dia telah beberapa kali duduk di bangku cadangan saat Juventus menjalani laga Serie A, tapi belum sempat diturunkan.

Tim tamu besutan Massimiliano Allegri tersebut sempat lebih dulu tertinggal satu gol dari sang pemilik stadion, namun kemudian menang secara dramatis berkat gol menit-menit akhir yang dicetak Moise Kean, penyerang muda yang baru berusia 17 tahun.

Bologna sempat mengungguli sang juara dengan gol dari Saphir Taider 7 menit memasuki babak kedua, saat melakukan tendangan spekulasi tak jauh dari kotak penalti yang menghujam ke sudut atas gawang tak mampu diantisipasi penjaga gawang belia Emil Mulyadi.

Gol itu dijawab Allegri dengan memasukkan Miralem Pjanic menggantikan Claudio Marchisio dan Mario Mandzukic menggantikan Sami Khedira.

Hasilnya, baru berhasil dipetik pada menit 70 saat Paulo Dybala berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat menyambar bola muntah hasil percobaan penyelamatan penjaga gawang Angelo da Costa atas tembakan Gonzalo Higuain.

Hanya 5 menit berselang, Dybala meninggalkan lapangan yang digantikan Kean, yang belakangan akan menjadi pahlawan kemenangan di laga tersebut.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Ibrahima Mbaye terhadap Mandzukic di sepertiga akhir lapangan, Miralem Pjanic dengan cantik melepaskan tendangan bebas ke area tiang jauh di mana Kean dengan sigap menyundul bola ke dalam gawang demi memastikan kemenangan tim tamu dengan gol pada menit ke-4 injury time.

Juventus dipastikan menutup musim dengan raihan 91 poin, sementara Bologna yang masih berada di urutan ke-15 hanya memiliki 41 poin.

Dalam laga lainnya, Atalanta Bergamo menundukkan Chievo Verona dengan skor tipis 1-0 di Stadion Atleti Azzurri d'Italia di Bergamo. Satu-satunya gol penentu kemenangan tuan rumah dicetak gelandang serang asal Argentina Alejandro Gomez pada menit ke-52.

Hasil ini tak terlalu memengaruhi posisi kedua tim. Atalanta, dengan nilai akhir 72, naik satu setrip ke urutan keempat, yang bersama tim yang finis di posisi kelima mendapat tiket langsung masuk fase grup Liga Europa.

Kalau pun Atalanta turun lagi ke peringkat kelima jika Lazio menang di markas Crotone, Atalanta tetap berhak main di kompetisi Eropa level kedua setelah Liga Champions tersebut.

Sementara itu, bagi Chievo, kekalahan tak menggoyahkannya untuk finis di posisi ke-14 dengan koleksi 43 angka.

Berikut hasil pertandingan pekan terakhir Serie A Italia hingga Minggu dini hari WIB: Atalanta Bergamo 1 vs Chievo Verona 0; Bologna 1 vs Juventus 2.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 28 Mei:

20:00   Cagliari vs AC Milan

23:00   AS Roma vs Genoa

23:00   Sampdoria vs Napoli

Senin, 29 Mei:

01:45   Palermo vs Empoli

01:45   Crotone vs Lazio

01:45   Fiorentina vs Pescara

01:45   Torino vs Sassuolo

01:45   Inter Milan vs Udinese.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liga Italia

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/LegaSerieA.it

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup