Hasil Liga Inggris: City, Liverpool ke Liga Champions, Arsenal Liga Europa

Manchester City dan Arsenal memenangi laga tunda pekan ke-34 Liga Primer Inggris, tapi posisi Liverpool di slot kualifikasi Liga Champions Eropa tetap aman.
M. Syahran W. Lubis | 17 Mei 2017 05:44 WIB
Alexis Sanchez (kiri) mencetak gol pertama Arsenal ke gawang Sunderland - Reuters/Stefan Wermuth

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester City dan Arsenal mencatat kemenangan dalam laga tunda pekan ke-34 Liga Primer Inggris yang berlangsung pada Rabu dini hari WIB (17/5/2017), namun posisi Liverpool di slot kualifikasi Liga Champions Eropa tetap aman.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Etihad di Manchester, tuan rumah berjuluk The Citizens membekuk tamunya West Bromwich Albion dengan skor 3-1.

Gabriel Jesus (27’), Kevin de Bruyne (57’), dan Yaya Toure (57’) membuat City unggul 3-0 dan West Brom—yang telah aman dari degradasi dan tak lagi bisa finis di zona Eropa, sehingga laga ini sekadar memenuhi jadwal—hanya memberi satu gol lewat Hal Robson-Kanu 4 menit menjelang laga usai.

Sementara itu di Stadion Emirates, Arsenal menundukkan Sunderland—yang telah dipastikan degradasi—dengan skor 2-0 melalui dua gol Alexis Sanchez pada menit ke-72 dan 81.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Manchester City naik satu setrip ke posisi ketiga menggeser Liverpool, sedangkan Arsenal tetap di posisi kelima, namun tambahan 3 angka membuatnya mendekati Liverpool.

Nilai City 75, Liverpool 73, dan Arsenal 72, dengan setiap tim menyisakan satu pertandingan, sehingga tim-tim yang lolos langsung ke fase grup Liga Champions Eropa musim depan, masuk fase kualifikasi Liga Champions, atau hanya bisa bertarung di Liga Europa, ditentukan pada matchday terakhir.

Pada pekan terakhir yang secara bersamaan digelar pada Minggu (21/5/2017) mulai pk. 21:00 WIB, Everton akan menjadi lawan berat Arsenal, sementara City dan Liverpool layak diprediksi meraup poin penuh lantaran keduanya hanya akan bertemu tim-tim papan bawah.

Liverpool akan menjamu Middlesbrough yang telah dipastikan degradasi, sedangkan Manchester City bertandang ke kandang Watford, peringkat 16 yang selalu menelan kekalahan dalam lima pertandingan terakhir.

Dengan peta persaingan demikian, hampir bisa dipastikan klasemen lima besar tak berubah. Selain Chelsea yang telah juara dan Tottenham Hotspur yang finis di posisi kedua, Manchester City, Liverpool, dan Arsenal secara berturut-turut bakal menuntaskan kompetisi di peringkat ketiga, keempat, dan kelima.

Liga Primer Inggris mendapatkan kuota tiga tim teratas langsung masuk ke fase grup Liga Champions Eropa musim depan, sedangkan peringkat keempat masuk jalur kualifikasi Liga Champions, dan tim yang finis di posisi kelima langsung masuk fase grup Liga Europa.

Sumber : Reuters

Tag : liga inggris
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top