Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Monaco Juara Liga Prancis 7 Kali

AS Monaco praktis dapat disebut telah tampil sebagai juara Ligue 1 Prancis musim 2016-2017 setelah mempecundangi Lille dengan skor telak 4-0.
Suporter AS Monaco pesta juara Ligue 1 Prancis 2016-2017/Reuters
Suporter AS Monaco pesta juara Ligue 1 Prancis 2016-2017/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - AS Monaco praktis dapat disebut telah tampil sebagai juara Ligue 1 Prancis musim 2016-2017 setelah mempecundangi Lille dengan skor telak 4-0 dalam pekan ke-37 meski dalam laga lainnya, juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG) menang 5-0 atas Saint-Etienne.

Dalam pertandingan di Stadion Louis II di wilayah Kerajaan Monako, dua dari empat gol tuan rumah dikontribusi striker Kolombia Radamel Falcao pada menit ke-6 dan 69, sedangkan dua lainnya dipasok Bernardo Silva (45’) dan bunuh diri pemain Lille Junior Alonso 2 menit menjelang laga usai.

Dengan hasil pertandingan pada Senin pagi WIB (15/5/2017) itu, Monaco mengumpulkan nilai 89 dari 36 pertandingan, sementara juara bertahan PSG 86 tapi sudah memainkan 37 pertandingan.

Secara matematis, hanya satu angka lagi dari dua laga cukup untuk memastikan Monaco juara musim ini. Namun, kalah dalam dua laga terakhirnya pun, tim besutan pelatih Portugal Leonardo Jardim itu tetap juara, karena selisih gol yang jauh lebih baik ketimbang PSG yaitu 73 berbanding 56.

Sebenarnya, apabila ketentuan Ligue 1 memasukkan hasil head to head sebagai penentu posisi di klasemen, Monaco telah dipastikan juara, karena Monaco unggul head to head 4-2 atas PSG dan nilai maksimal PSG adalah 86, di mana angka itu telah dicapai Monaco saat ini. Namun Ligue 1 tak memasukkan ketentuan head to head sebagai penentu posisi di klasemen.

Ini merupakan juara ketujuh kali bagi Monaco. Terakhir Monaco juara 17 tahun silam.

Sementara itu, dalam laga di Stadion Geoffroy-Guichard di Saint-Etienne, PSG mempecundangi tuan rumah dengan skor 5-0 berkat rangkaian gol dari Edinson Cavani (2’ dan 72’), Lucas Moura (38’ dan 78’), serta Julian Draxler (90’).

Di papan bawah, belum satu pun tim yang dipastikan degradasi. Bahkan tim yang berada di dasar klasemen, Nancy-Lorraine, masih mungkin bertahan meski kalah 0-2 di kandang Dijon FCO.

Nilai Nancy saat ini 32 dan jika menang di laga terakhir, dengan nilai 35 masih berpeluang bertahan di peringkat 18 yang merupakan slot khusus playoff promosi-degradasi melawan tim peringkat ketiga Ligue 2.

Berikut hasil lengkap pekan ke-37:

Saint-Etienne 0 vs Paris Saint-Germain 5

Girondins Bordeaux 1 vs Olympique Marseille 1

Montpellier HSC 1 vs Olympique Lyonnais 3

OGC Nice 0 vs Angers SCO 2

SC Bastia 2 vs Lorient 0

Dijon FCO 2 vs Nancy-Lorraine 0

AS Monaco 4 vs Lille OSC 0

Nantes 4 vs En Avant Guingamp 1

SM Caen 0 vs Stade Rennais 1

Metz 1 vs Toulouse 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper