PSSI Belum Pasti Naturalisasi 22 Pemain

PSSI menyatakan belum tentu menaturalisasi pesepak bola dari 22 pemain keturunan Indonesia yang bermain di Eropa hasil pantauan Kemenpora dan Kemenlu.
Newswire | 12 April 2017 20:51 WIB
Joey Suk, pemain yang pada 2011 telah diproses naturalisasinya menjadi WNI, namun sampai sekarang belum dimanfaatkan tenaganya untuk Timnas Indonesia meski main di Eredivisie, liga teratas Belanda - Football Oranje

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan belum tentu menaturalisasi pesepak bola dari 22 pemain keturunan Indonesia yang bermain di Eropa hasil pantauan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Luar Negeri.

Pernyataan ini dikeluarkan PSSI menanggapi pengumuman 24 pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di luar negeri oleh pemerintah, di mana dua di antaranya sudah dinaturalisasi yaitu Ezra Walian dan Stefano Lilipaly.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menuturkan naturalisasi tidak pernah mudah. Selain prosesnya panjang, kebijakan itu juga harus disesuaikan dengan program tim nasional yang sedang berjalan.

"Jadi harus disesuaikan dengan program. Selain itu, PSSI tidak boleh memutuskan naturalisasi secara sepihak," ujar Joko pada Rabu (12/4/2017).

Dia menambahkan naturalisasi bisa terjadi jika ada keinginan federasi sejalan dengan keinginan pribadi sang pemain.

Kemudian, penting pula dipastikan tidak ada benturan kepentingan dengan negara yang menjadi kewarganegaraan si pesepak bola. "Karena bisa juga negara sana menginginkan pemain tersebut masuk skuad tim nasionalnya."

Joey Suk adalah pemain klub liga teratas Belanda yang pada 2011 telah diproses menjadi WNI, namun belum dimanfaatkan tenaganya untuk Timnas

Sebelumnya, pada Selasa (11/4) Kemenpora mengumumkan nama-nama 24 pemain keturunan Indonesia yang saat ini berlaga di Eropa, yaitu di Liga Utama Belgia, Liga Utama Belanda serta Liga Pertama - Liga Muda Belanda.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto menyebut data itu merupakan hasil dari pendataan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) atas permintaan Menpora Imam Nahrawi.

Sumber : Antara

Tag : pssi, timnas indonesia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top