Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga 1 Dibuka 15 April di Bandung

PSSI menyatakan Liga 1 akan dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ditandai dengan pertandingan antara Persib Bandung melawan Arema FC.
Ilustrasi/Antara-Wahyu Putro
Ilustrasi/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan Liga 1 akan dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ditandai dengan pertandingan antara Persib Bandung melawan Arema FC.

"Kick off Liga 1 dilakukan di GBLA, Bandung, pada Sabtu, 15 April 2017. Liga berjalan sampai November 2017," kata Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi.

Edy menjelaskan ada 18 tim yang akan berkompetisi di liga kasta tertinggi di Indonesia tersebut, dari Sriwijaya FC sampai Perseru Serui dengan operator liga PT Liga Indonesia Baru.

Liga berjalan dengan sistem kandang dan tandang, dan setiap klub mendapatkan subsidi Rp7,5 miliar untuk satu musim kompetisi.

Adapun regulasi yang diterapkan di liga masih sama sesuai rencana sebelumnya, yaitu tim diwajibkan mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain U-23, kemudian hanya bisa mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.

Selanjutnya, jumlah pemain berusia 35 tahun ke atas tidak boleh lebih dari dua orang di setiap tim.

Sementara itu, Sekjen PSSI Ade Wellington mengungkapkan peraturan lain yaitu setiap klub bisa mengontrak satu marquee player yaitu pesepak bola asing yang dianggap berkelas dunia yang pernah bermain setidaknya dalam tiga putaran Piala Dunia terakhir (2006, 2010 dan 2014) atau pernah berkiprah di klub elite Eropa. Setiap klub maksimal memiliki satu marquee player.

Ade melanjutkan PSSI juga menetapkan pembatasan jumlah gaji pemain (salary cap) dari klub. Besaran gaji pemain per klub minimal Rp5 miliar dan maksimal Rp15 miliar per musim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper