Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piet Keizer, Legenda Ajax & Timnas Belanda, Wafat

Piet Keizer, ikon Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda saat menjadi runner up Piala Dunia 1974 di Jerman Barat, meninggal dunia.
Piet Keizer (kanan) saat masih aktif bermain/Ajax.nl
Piet Keizer (kanan) saat masih aktif bermain/Ajax.nl

Bisnis.com, JAKARTA - Piet Keizer, salah satu pemain yang menjadi ikon Ajax Amsterdam dan termasuk dalam skuat Timnas Belanda saat menjadi runner up Piala Dunia 1974 di Jerman Barat, meninggal dunia setelah menderita sakit yang terhitung singkat.

Petrus Johannes Keizer, demikian nama lengkapnya, lahir pada 14 Juni 1943 dan wafat pada Sabtu pagi WIB (11/2/2017) di Amsterdam, Belanda, dalam usia 73 tahun, demikian klub juara 33 kali Eredivisie itu mengonfirmasi.

Keizer tampil dalam 490 pertandingan untuk klub ibu kota Belanda tersebut dalam rentang waktu 1961 hingga 1974, mencetak 189 gol untuk Ajax  dan menjadi anggota tim Total Football arahan pelatih Rinus Michelses pada era 1960-an dan 1970-an.

Ajax merupakan satu-satunya klub yang pernah dibelanya. Sedangkan untuk skuat Oranje, julukan Timnas Belanda, sebagai sayap kiri, Keizer mempunyai 34 caps dengan menyumbang 11 gol dalam rentang waktu 1962 hingga 1974.

Keizer berada di posisi keempat sebagai pemain yang terbanyak membela Ajax, hanya di belakang Sjaak Swart, Wim Suurbier, dan Danny Blind. Soal urusan menjebol gawang lawan, hanya Henk Groot, Swart, legendaris Johan Cruyff, dan Piet van Reenen yang mencetak gol lebih banyak daripada Keizer.

Almarhum menjadi bagian dari Ajax yang memenangi secara beruntun Piala Eropa pada edisi 1971, 1972, dan 1973. Ketika itu, pada 1971 Ajax di bawah arahan pelatih Rinus Michels dan dua edisi berikutnya di bawah pelatih Stefan Kovacs.

Catatan hebat Kiezer juga meliputi enam gelar juara Eredivisie, empat Piala Belanda (KNVB Beker), dua Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental (sekarang Piala Dunia Antar-Klub) edisi 1972.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper