Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Belanda: Ajax Ikuti PSV Tersingkir

Ajax Amsterdam tersingkir dari perebutan Piala Belanda (KNVB Beker) setelah ditaklukkan tuan Cambuur Leeuwarden 1-2 di babak 16 besar.
Pemain Cambuur Martijn Barto, dua golnya menyingkirkan Ajax dari Piala Belanda/Voetbal.com
Pemain Cambuur Martijn Barto, dua golnya menyingkirkan Ajax dari Piala Belanda/Voetbal.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ajax Amsterdam, salah satu kekuatan tradisional sepak bola Belanda, tersingkir dari perebutan Piala Belanda (KNVB Beker) setelah secara mengejutkan ditaklukkan tuan Cambuur Leeuwarden dengan skor tipis 1-2 di babak 16 besar.

Dalam pertandingan di Stadion Cambuur, tuan rumah memetik kemenangan berkat sumbangan dua gol Martijn Barto pada menit ke-20 dan 39, sedangkan gol Ajax dipersembahkan Pelle Clement pada menit 69.

Hasil ini layak disebut mengejutkan, mengingat Cambuur hanya kontestan kompetisi Eerste, level kedua dalam sistem sepak bola Belanda, yang terdegradasi dari Eredivisie, divisi teratas, akibat hanya menjadi juru kunci pada musim 2015-2016. Sebaliknya Ajax nyaris juara Eredivisie musim lalu dan sekarang menjadi kandidat juara Eredivisie musim ini.

Sementara itu, dua finalis musim 2015-2016, Feyenoord Rotterdam dan Utrecht, berhasil melaju ke babak 8 besar atau perempat final setelah menaklukkan lawan-lawannya di 16 besar.

Feyenoord menang besar 5-1 di Stadion De Kuip di Rotterdam atas tamunya ADO Den Haag. Kapten tim Dirk Kuyt membuat hattrick dengan tiga golnya pada menit 50 lewat penalti, 63, dan kembali penalti pada menit 79. Dua gol lagi dikontribusi Nicolai Jorgensen (34’) dan Karim El Ahmadi (68’).

Adapun gol semata wayang yang sekadar menjadi hiburan bagi tim tamu dicetak Gervance Kastaneer 4 menit menjelang pertandingan selesai.

Dalam laga lainnya, finalis musim lalu Utrecht menundukkan tuan rumah PEC Zwolle dengan skor tipis melalui dua gol yang dilesakkan tim tamu pada menit-menit akhir pertandingan.

Bermain di Stadion Mac³Park di Zwolle, di hadapan 7.600 pendukungnya, PEC lebih dulu unggul melalui kontribusi gol Nicolai Brock-Madsen ketika pertandingan baru memasuki menit ke-8.

Namun, kemenangan yang telah berada di depan sirna akibat dua gol tim tamu yang dilesakkan di ujung laga yakni Kevin Conboy pada menit ke-81 dan penalti Richairo Zivkovic saat pertandingan telah memasuki injury time.

Feyenoord adalah juara bertahan Piala Belanda dengan mengalahkan Utrect dengan skor tipis 2-1 di final yang digelar di Stadion De Kuip.

Tiga tim yang merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda, Ajax, Feyenoord, dan PSV Eindhoven, adalah klub tiga teratas sebagai pengoleksi gelar juara Piala Belanda.

Klub ibu kota Ajax Amsterdam merupakan juara terbanyak Piala Belanda sepanjang sejarah yakni mencapai 18 kali, diikuti Feyenoord (12) dan PSV (4). Namun, PSV musim ini telah gugur di babak 32 besar, dikalahkan Sparta Rotterdam 1-3 pada akhir Oktober lalu.

Berikut hasil lengkap pertandingan 16 besar Piala Belanda yang berakhir pada Jumat pagi WIB (16/12/2016):

Volendam 4 vs VVSB 1; Ijsselmeervogels 0 vs SC Heerenveen 1; PEC Zwolle 1 vs Utrecht 2; Vitesse Arnhem 4 vs Jodan Boys 0; AZ Alkmaar 2 vs ASWH 0; Feyenoord Rotterdam 5 vs ADO Den Haag 1; Cambuur Leeuwarden 2 vs Ajax Amsterdam 1; Heracles Almelo 0 vs Sparta Rotterdam 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper