Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Belanda: Feyenoord & Ajax Makin Tinggalkan PSV

Feyenoord dan Ajax terus bersaing ketat di posisi dua teratas klasemen sementara Eredivisie Belanda setelah sama-sama menang dalam pekan ke-15.
Ajax Amsterdam/Zimbio
Ajax Amsterdam/Zimbio

Bisnis.com, JAKARTA - Feyenoord Rotterdam dan Ajax Amsterdam terus bersaing ketat di posisi dua teratas klasemen sementara Eredivisie Belanda setelah sama-sama mencatat kemenangan dalam pertandingan pekan ke-15.

Dalam laga di Stadion Amsterdam Arena pada Senin dini hari WIB (5/12/2016), tuan rumah Ajax menundukkan Groningen dengan skor 2-0 melalui kontribusi Davinson sanchez pada menit ke-9 dan Hakim Ziyech pada menit 72.

Sebenarnya Ajax berpeluang besar untuk menambah setidaknya sebihi gol lagi, namun eksekusi penalti Hakin 9 menit kemudian gagal membuahkan gol.

Dengan kemenangan itu, Ajax terus menempel ketat pemimpin klasemen sementara Feyenoord yang dalam laga lain menang telak 6-1 dalam derby Rotterdam versus Sparta.

Bertindak sebagai tuan rumah di Stadion De Kuip, bomber Nicolai Jorgensen mencetak dua gol pada menit 59 dan 64. Empat gol lainnya disumbang Tonny Vilhena (24’), Jens Tommstra (43’), Eric Botteghin (73’), dan Eljero Elia pada injury time.

Adapun gol semata wayang yang menjadi hiburan bagi Sparta dihasilkan oleh Thomas Verhaar yang sempat menjadikan skor 5-1 pada menit ke-86 sebelum kemudian datang gol Elia yang membuat Feyenoord menang 6-1.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Feyenoord dan Ajax sama-sama telah mendulang nilai 36, namun Feyenoord di posisi teratas karena unggul selisih gol 29 berbanding 23.

Kedua tim itu meninggalkan juara bertahan PSV Eindhoven yang sehari sebelumnya ditahan imbang tanpa gol oleh tim papan bawah Roda JC Kerkrade. Nilai PSV kini 30 atau selisihnya dengan Feyenoord dan Ajax setara dengan dua kemenangan.

Ajax, PSV, dan Feyenoord merupakan penguasa kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda sepanjang sejarah sejak digulirkan pertama kali pada 1888 atau 128 tahun silam. Ajax juara sebanyak 33 kali, PSV 23, dan Feyenoord 13 kali.

Di luar ketiganya, yang pernah menjadi juara kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda ialah HVV Den Haag (10), Sparta Rotterdam (6), RAP Amsterdam (5), Go Ahead Eagles dan HFC Haarlem masing-masing empat kali, Willem II Tilburg dan HBS Craeyenhout masing-masing tiga kali, serta AZ Alkmaar, Heracles Almelo, ADO Den Haag, dan RCH Heemstede masing-masing dua kali.

Adapun NAC Breda, Twente Enschede, DWS Amsterdam, Roda JC Kerkrade, Be Quick Groningen, FC Eindhoven, SC Enschede, DOS Utrecht, FC Den Bosch, De Volewijckers, BSV Limburgia, SVV Schiedam, Quick Den Haag, dan VV Concordia masing-masing satu kali juara.

Berikut hasil lengkap pertandingan pekan ke-15 Eredivisie:

Heracles Almelo 2 vs NEC Nijmegen 0

Go Ahead Eagles 1 vs SC Heerenveen 3

Excelsior 3 vs AZ Alkmaar 3

Roda JC Kerkrade 0 vs PSV Eindhoven 0

Vitesse Arnhem 3 vs PEC Zwolle 1

ADO Den Haag 0 vs Utrecht 2

Feyenoord Rotterdam 6 vs Sparta Rotterdam 1

Willem II Tilburg 0 vs Twente Enschede 0

Ajax Amsterdam 2 vs Groningen 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper