Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Champions: Madrid, Juventus, Leicester Lolos ke 16 Besar

Real Madrid, Juventus, Leicester City, Bayer 04 Leverkusen, dan AS Monaco menyusul lima tim terdahulu untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa.
Para pemain Real Madrid merayakan gol ke gawang Sporting Lisbon yang dicetak Karim Benzema (kedua kiri)/Reuters-Rafael Marchante
Para pemain Real Madrid merayakan gol ke gawang Sporting Lisbon yang dicetak Karim Benzema (kedua kiri)/Reuters-Rafael Marchante

Bisnis.com, JAKARTA - Real Madrid, Juventus, Leicester City, Bayer 04 Leverkusen, dan AS Monaco menyusul lima tim terdahulu lolos ke babak 16 besar setelah menyelesaikan pertandingan matchday kelima fase grup Liga Champions Eropa pada Rabu pagi WIB (23/11/2016).

Real Madrid memastikan menggenggam selembar tiket untuk melaju ke fase knock out setelah menang dengan skor tipis atas tuan rumah Sporting Lisbon dalam pertandingan Grup F yang digelar di Stadion Jose Alvalade, markas mantan tim Cristiano Ronaldo yang kini main di kubu tim tamu.

Ronaldo bermain penuh selama 90 menit melawan eks-tim yang memulai melambungkan namanya, namun dia gagal mencetak gol. Kedua gol Real Madrid dalam laga yang dipimpin wasit William Collum dari Skotlandia itu dikontribusi oleh bek Raphael Varane dan penyerang Karim Benzema.

Varane membuka skor pada menit ke-29 dengan tendangan dari jarak 6 meter, sedangkan Benzema mencetak gol kemenangan hanya 4 menit menjelang laga usai melalui sundulan kepala. Tuan rumah sempat menghasilkan gol penyeimbang lewat titik penalti pada menit nke-80.

Sporting Lisbon harus mengakhiri pertandingan dengan hanya 10 pemain setelah pada menit ke-64 bek Joao Pereira kena kartu merah setelah bertengkar dengan Mateo Kovacic pemain Madrid Mateo Kovacic yang juga kebagian kartu kuning.

Dengan kemenangan itu, Madrid berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan nilai 11 atau 2 angka di belakang Borussia Dortmund yang pada saat bersamaan menggasak Legia Warsawa dengan skor 8-4, hujan gol yang menjadi rekor baru 12 gol satu pertandingan di ajang Liga Champions.

Dengan kemenangan itu, perolehan nilai Dortmund dan Madrid tak bisa lagi dikejar oleh Sporting Lisbon yang baru mengantungi 3 angka dan Legia Warsawa dengan nilai 1.

Sementara itu Juventus memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah berhasil menaklukkan tuan rumah Sevilla dengan skor 3-1 dalam pertandingan Grup H di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Kota Sevilla.

Kemenangan Juve atas Sevilla ditentukan dua gol pada menit-menit akhir pertandingan yang dihasilkan melalui Leonardo Bonucci pada menit ke-84 dan Mario Mandzukic pada injury time.

Sebelumnya Juve bahkan tertinggal lebih dulu dari tuan rumah ketika pada menit ke-9Nicolas Pareja menjebol gawang tim tamu yang dikawal kiper kapten tim Gianluigi Buffon. Gol balasan Juventus datang pada injury time babak pertama lewat kontribusi Claudio Marchisio dari titik penalti.

Dengan kemenangan itu, Juventus memimpin klasemen sementara Grup H dengan nilai 11 atau satu lebih banyak ketimbang Sevilla di peringkat kedua. Di posisi ketiga ada Olympique Lyonnais yang mengoleksi nilai 7 setelah mengalahkan tuan rumah Dinamo Zagreb dengan skor tipis 1-0.

Dengan demikian, Lyon masih berpeluang melaju ke fase knock out jika mampu menang ketika menjamu Sevilla pada matchday keenam atau terakhir yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis pagi, 8 Desember WIB.

Adapun Leicester City lolos ke 16 besar setelah menang atas Club Brugges dengan skor tipis 2-1 di Grup G. Sebenarnya, kalah pun Leicester tetap lolos ke fase knock out lantaran dalam pertandingan lainnya ternyata tuan rumah Kopenhagen dipaksa imbang Porto tanpa gol.

Dengan hasil seri 0-0 versus Porto, nilai Kopenhagen hanya 6 dan tidak bisa mengejar nilai Leicester 10 jika tim asuhan pelatih Claudio Ranieri itu kalah dari Brugges.

Namun, kemenangan tentu lebih terhormat bagi Si Rubah yang dengan tambahan poin penuh kini mengoleksi nilai 13 dan memastikan diri sebagai juara Grup G.

Bermain di Stadion King Power di Leicester, tuan rumah sempat unggul 2-0 berkat gol Shinji Okazaki ketika laga baru memasuki menit ke-5 dan penalti Riyad Mahrez pada menit ke-30, sedangkan gol tamu dicetak Jose Izquierdo ketika babak kedua berjalan 7 menit.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Leicester memastikan sebagai juara Grup G dengan nilai 13, diikuti Porto 8, Kopenhagen 6, dan Bruges 0.

Dengan klasemen sedemikian, Kopenhagen masih dapat menggeser Porto jika menang atas Bruges pada pekan terakhir dan Porto maksimal seri ketika menjamu Leicester pada bulan depan.

Di Grup E, AS Monaco dan Bayer 04 Leverkusen lolos ke 16 besar. Monaco dipastikan tampil sebagai juara Grup E setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1, sedangkan Leverkusen pasti menjadi runner up setelah seri 1-1 di kandang CSKA Moskwa.

Dua gol Monaco yang membenamkan Spurs di Stadion Louis II di wilayah Kerajaan Monako dicetak Djibril Sidibe (48’) dan Thomas Lemar (53’), sementara gol semata wayang Spurs dicetak Harry Kane dari titik penalti pada menit ke-52. Dengan demikian, terjadi tiga gol hanya dalam 5 menit.

Sementara itu Leverkusen mengimbangi CSKA di Stadion PFK CSKA di Moskwa, Rusia, dengan skor 1-1. Kevin Volland lebih dulu membuka skor untuk tamu pada menit ke-16, sedangkan gol balasan CSKA datang dari penalti Bibras Natcho pada menit 75.

Dengan hasil dua laga di Grup E itu, maka Monaco teratas dengan nilai 11, diikuti Leverkusen 7, Spurs 4, dan CSKA 3.

Secara matematis, perolehan nilai Spurs masih dapat melewati Leverkusen kalau menang atas CSKA dalam pertandingan terakhir dan Leverkusen kalah dari Monaco, sehingga nilai kedua tim sama-sama 7 dan boleh jadi selisih gol Spurs lebih baik daripada Leverkusen. Namun, Spurs tetap di bawah Leverkusen karena hasil head to head Leverkusen unggul 2-1 sebab pertemuan pertama skor 0-0.

Berikut hasil lengkap pertandingan Grup E, F, G, dan H yang digelar pada Rabu pagi WIB:

Grup E: CSKA Moskwa 1 vs Bayer Leverkusen 1; AS Monaco 2 vs Tottenham Hotspur 1

Grup F: Sporting Lisbon 1 vs Real Madrid 2; Borussia Dortmund 8 vs Legia Warsawa 4

Grup G: Leicester City 2 vs Club Bruges KV 1; Kopenhagen 0 vs Porto 0

Grup H: Dinamo Zagreb 0 vs Olympique Lyonnais 1; Sevilla 1 vs Juventus 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper