Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Piala AFF: Indonesia Imbangi Myanmar 0-0

Indonesia dan Myanmar berbagi skor imbang tanpa gol dalam laga uji coba menjelang Piala AFF yang berlangsung di Stadion Thuwanna di Yangon, ibu kota Myanmar, pada Jumat (4/11/2016).
Pemain Timnas Indonesia Zulham Malik Zamrun/Reuters
Pemain Timnas Indonesia Zulham Malik Zamrun/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dan Myanmar berbagi skor imbang tanpa gol dalam laga uji coba menjelang Piala AFF yang berlangsung di Stadion Thuwanna di Yangon, ibu kota Myanmar, pada Jumat (4/11/2016).

Indonesia mendominasi jalannya pertandingan yang dipimpin wasit Warintorn Sassadee dari Thailand, tercatat sedikitnya enam peluang emas didapat berbanding tiga milik Myanmar, namun gol tak kunjung tercipta.

Baru 14 menit pertandingan yang disiarkan secara langsung RCTI berlangsung, kapten tim Boaz Solossa telah mendapatkan peluang hasil umpan terobosan Evan Dimas Darmono, namun sontekan Boaz tipis menyamping sisi luar tiang kiri gawang tuan rumah.

Peluang emas datang lagi pada menit 31. Boaz berhasil merebut bola yang dari bek Myanmar Phyo Ko Ko Thein. Dia langsung membawa bola memasuki kotak penalti, namun upayanya mengecoh Kyaw Zin Phyo gagal, karena kiper Myanmar itu bisa membaca gerakan Boaz dan menangkap bola.

Myanmar memiliki peluang pada menit 34 setelah Aung Thu menyambar umpan silang Ye Ko Oo, namun sontekannya tipis melayang di atas gawang Indonesia yang dikawal kiper Andrutany Ardhiyasa.

Memasuki babak kedua, baru berjalan 6 menit, Boaz kembali mendapat peluang. Lolos dari jebakan offside dan berhadapan dengan kiper Myanmar, namun sontekannya melambung tinggi di atas gawang tuan rumah.

Pada menit 64, Bayu Gatra mengiris sisi kiri kotak penalti Myanmar dan melepas umpan lambung yang mengarah ke gawang, bola masih dapat dihalau bek lawan, dan bola disambar oleh Lerby Eliandry, namun tipis di atas gawang Myanmar.

Memasuki 10 menit terakhir, pertahanan Indonesia digempur Myanmar. Dua kali pemain pengganti Than Paing melepas tendangan keras yang beruntung masih bisa ditangkap Andritany dengan susah payah. Than Paing masuk lapangan pada menit 75 menggantikan Win Naing Soe.

Memasuki injury time, giliran pemain pengganti Ferdinand Sinaga mempunyai peluang. Mendapat sodoran bola dari Boaz, tendangan Ferdinand masih dapat diblok bek senior Myammar Zaw Min Tun dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Semenit kemudian peluang terakhir datang kembali kepada Boaz. Menyambar umpan sepak pojok, sundulan kelanya nyaris melewati garis gawang, namun masih bisa ditepis menjadi sepak pojok lagi oleh kiper pengganti Pyaye Phyo Aung. Skor akhir 0-0.

Ini merupakan uji coba ketiga bagi skuat Merah Putih setelah lepas dari skosing Federation Intertnationale de Football Association (FIFA). Sebelumnya Indonesia menaklukkan Malaysia 3-0 di Solo pada 6 September dan seri 2-2 versus Vietnam di Sleman pada 9 Oktober.

Indonesia akan meneruskan uji coba melawan Vietnam di Hanoi 4 hari mendatang. Sedanmgkan Myanmar juga akan melakukan uji coba lagi melawan Oman pada 14 November.

Kedua tim akan bertarung di ajang Piala AFF (Asean Football Federation) yang digelar di Myanmar dan Filipina pada 19 November hingga 17 Desember.

Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, tuan rumah Filipina, dan Singapura. Sedangkan tuan rumah Myanmar akan bersama Malaysia, Vietnam, dan Kamboja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper