Hasil Liga Champions: City Gasak Barca. Arsenal, Atletico, PSG, Munchen ke 16 Besar

Manchester City berhasil melakukan balas dendam atas kekalahan 0-4 di kandang Barcelona di matchday ketiga Liga Champions Eropa.
M. Syahran W. Lubis | 02 November 2016 05:49 WIB
Pemain Manchester City Kevin de Bruyne (kanan) merayakan gol ke gawang Barcelona - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester City berhasil melakukan balas dendam atas kekalahan 0-4 di kandang Barcelona di matchday ketiga Liga Champions Eropa, dengan memukul balik 3-1 dalam matchday keempat di Stadion Etihad di Manchester pada Rabu pagi WIB (2/11/2016).

Sementara itu, klub-klub kuat seperti Arsenal, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain (PSG), dan Bayern Munchen juga berhasil meraih kemenangan.

Manchester City, berhasil membungkam raksasa Spanyol, Barcelona, dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan penyisihan Grup C Liga Champions.

Ramuan strategi jitu dari sang pelatih Pep Guardiola mampu menjinakkan Barcelona. City yang kalah dalam urusan pengendalian bola 35:65 bermain efektif dengan mencetak tiga gol dari empat tembakan mereka yang tepat sasaran.

Gelandang Ilkay Gundogan memborong dua gol kemenangan City, sementara Kevin de Bruyne turut menyumbangkan satu gol, sedangkan Lionel Messi mencetak gol untuk Barcelona.

Berkat kemenangan tersebut, City kini mengoleksi tujuh poin dan berada di urutan kedua sekaligus menempel ketat Barcelona (9) yang masih berada di puncak klasemen sementara Grup C.

Meski berada di bawah tekanan, Barcelona lebih dulu membuka keunggulan pada menit 21 lewat serangan balik yang berbuah manis.

Tendangan Sergio Aguero berhasil dihalau Javier Mascherano dan bola berhasil dibawa Messi yang membangun kerja sama apik dengan Neymar sebelum melepaskan tendangan ke tiang dekat yang tak mampu dihalau penjaga gawang Willy Caballero.

Upaya City menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada menit 39, setelah umpan tarik matang dari Raheem Sterling ke area tiang jauh berhasil diselesaikan dengan sontekan mudah oleh Guendogan.

City berhasil membalikkan keadaan dan merebut keunggulan lewat De Bruyne pada menit 51, setelah legiun Belgia itu melepaskan tendangan bebas yang meski arahnya mudah dibaca namun tak mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen.

Tuan rumah terus menekan, meski hal itu tak menyurutkan semangat Barcelona. Sayangnya bola tembakan Andre Gomes menyelesaikan umpan sodoran Luis Suarez masih ditolak oleh tiang gawang pada menit 65.

Yang terjadi City justru menjauh dari kejaran tim tamu lewat gol kedua Guendogan hasil dari serangan balik, saat pemain berkebangsaan Jerman itu menyambar bola umpan silang di hadapan gawang Barcelona pada menit 74.

Sementara itu, Atletico Madrid berhasil menjaga catatan sapu bersih dengan meraih kemenangan keempat dalam laga lanjutan Grup D Liga Champions setelah mengalahkan wakil Rusia FC Rostov 2-1 di Stadion Vicente Calderon di Kota Madrid, Spanyol.

Kemenangan tersebut sekaligus mengantarkan tim besutan Diego Simeone memastikan satu tempat di babak 16 besar. Atletico sementara ini memimpin klasemen Grup D dengan raihan 12 poin, sementara Rostov (1) sebagai juru kunci.

Atletico akan didampingi jawara Jerman, Bayern Munchen (9), yang di laga lain menang 2-1 atas jawara Belanda, PSV Eindhoven (1).

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann, menjadi bintang kemenangan Atletico dengan memborong dua gol di laga tersebut, sementara Sardar Azmoun mencetak gol balasan Rostov.

Griezmann membuka keunggulan Atletico pada menit 28 setelah umpan silang yang dikirimkan Yannick Carrasco dan sempat terkena kepala Azmoun berhasil disambar dan diselesaikan Griezmann melewati kepala penjaga gawang Soslan Dzhanaev.

Namun 2 menit berselang Azmoun membayar lunas kesalahannya dengan mencetak gol penyama kedudukan usai menerima umpan terobosan Dmitriy Poloz dan dengan tenang menaklukkan penjaga gawang Jan Oblak dalam duel satu lawan satu.

Berbagai peluang demi peluang dari kedua tim tak kunjung menghasilkan gol dan pertandingan seolah akan berakhir imbang sebelum pada menit-menit tambahan waktu Griezmann memastikan kemenangan Atletico.

Tim tamu sempat melancarkan protes karena menganggap Griezmann berada dalam posisi offside kala menerima bola, namun hakim garis jeli melihat bola menyentuh kepala Aleksandru Gatcan dan bukannya Fernando Torres.

Dengan demikian, Griezmann berada dalam posisi tidak offside untuk melepaskan tendangan sentuhan pertama mengangkat bola lagi-lagi melewati kepala Dzhanaev pada menit ke-3 injury time babak kedua.

Sementara itu Munchen menang 2-1 atas tuan rumah PSV Eindhoven di Stadion Philips di Kota Eindhoven, Belanda.

Santiago Arias membuka skor untuk keunggulan tuan rumah pada menit ke-14, namun dua gol Robert Lewandowski pada menit ke-34 lewat titik penalti dan pada menit 73 membuat Munchen berbalik unggul.

Dalam laga lainnya, di Grup A Arsenal mengatasi tuan rumah klub Bulgaria Ludogorets Razgrad di Stadion Vasil Levski di Sofia dengan skor tipis 3-2.

Arsenal sempat tertinggal 0-2 sebelum berbalik unggul 3-2. Jonathan Cafu dan Claudio Keseru membuka keunggulan tuan rumah dalam rentang waktu 3 menit dengan gol-gol pada menit 12 dan 15.

Namun, Arsenal segera bangkit. Hanya 5 menit kemudian Granit Xhaka berhasil mencetak gol pertama dan 4 menit menjelang babak pertama selesai, Olivier Giroud sukses menyamakan skor menjadi 2-2 yang bertahan hingga jeda.

Arsenal baru bisa mendapatkan gol ketiga 4 menit menjelang laga usai melalui Mesut Ozil. Ozil, yang memasok assist untuk gol pertama Xhaka, kali ini mendapat assist dari Mohammed Elneny untuk menentukan kemenangan The Gunners.

Kemenangan ini membawa Arsenal lolos ke 16 besar bersama PSG yang pada saat yang sama menang tipis 2-1 atas tuan rumah Basel di Stadion St. Jakob Park di Basel, Swiss.

Blaise Matuidi membuka skor untuk PSG 2 menit jelang rehat, namun Basel bisa mencetak gol balasan pada menit 76 lewat Luca Zuffi.

Berkurangnya satu pemain Basel akibat Geoffrey Serey Die kena kartu kuning kedua pada menit 84 m,erapuhkan lini tengah tuan rumah. Alhasil, 5 menit kemudian, PSG berhasil mencetak gol penentu kemenangan lewat Thomas Meunier sehingga skor akhir 1-2 untuk tim tamu.

Hasil pertandingan matchday keempat Liga Champions pada Rabu pagi WIB:

Grup A:Ludogorets Razgrad 2 vs Arsenal 3; Basel 1 vs Paris Saint-Germain 2

Grup B:Besiktas 1 vs Napoli 1; Benfica 1 vs Dynamo Kiev 0

Grup C:Borussia Monchengladbach 1 vs Celtic 1; Manchester City3 vs Barcelona 1

Grup D:Atletico Madrid2 vs Rostov 1; PSV Eindhoven 1 vs Bayern Munchen 2

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Grup E:

Kamis, 3 November:

02:45   AS Monaco vs CSKA Moskwa

02:45   Tottenham Hotspur vs Bayer 04 Leverkusen

Grup F:

Kamis, 3 November:

02:45   Borussia Dortmund vs Sporting Lisbon

02:45   Legia Warsawa vs Real Madrid

Grup G:

Kamis, 3 November:

02:45   Kopenhagen vs Leicester City

02:45   Porto vs Club Bruges KV

Grup H:

Kamis, 3 November:

02:45   Sevilla vs Dinamo Zagreb

02:45   Juventus vs Olympique Lyonnais.

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/UEFA.com

Tag : liga champions
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top