Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil ISC: Gol Kontroversial Beri Satu Poin untuk PSM, 2-2 vs Persib

PSM Makassar dan Persib Bandung bermain imbang 2-2 dalam lanjutan ISC 2016 di Stadion Andi Mattalatta di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu malam (29/10/2016).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 Oktober 2016  |  20:47 WIB
PSM Makassar - Antara
PSM Makassar - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PSM Makassar dan Persib Bandung bermain imbang 2-2 dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 di Stadion Andi Mattalatta di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu malam (29/10/2016).

Pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh SCTV itu ditandai dengan gol kedua yang kontroversial dari PSM yang pada akhirnya memberi satu poin untuk tuan rumah.

Gol kontroversial terjadi melalui sundulan kepala Ronald Hikspoors pada menit ke-67 untuk tuan rumah berjuluk Juku Eja. Gol itu kontroversial, karena ada tekanan yang terlihat jelas terhadap kiper Persib Natshir Fadhil di dalam area kotak gawang saat hendak menangkap bola umpan lambung Titus Bonai.

Tekanan sekaligus dilakukan oleh dua pemain, Syamsul Chaeruddin dan Kwon Jun, sehingga tangkapan Natshir tidak sempurna dan bola lepas disambar dengan kepala oleh Hikspoors ke gawang yang telah kosong.

Para pemain Persib melakukan protes keras atas gol itu, namun wasit Hamsir tetap berpendapat tidak tejadi pelanggaran atas tekanan yang dilakukan di area khusus penjaga gawang tersebut.

Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman sempat menginstruksikan pemainnya untuk menepi dan pertandingan terhenti sekitar 5 menit sebelum akhirnya dilanjutkan kembali.

Gol kontroversial itu terjadi saat skor 1-1 dan sempat mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

PSM membuka skor lebih dulu pada menit ke-9 dengan gol cantik dari Titus Bonai. Menerima umpan panjang dari Zulvin Zamrun, dia tidak terburu-buru membidik ke gawang, melainkan mengecoh dulu kiper Natshir sebelum melepas bola keras sedikit di bawah mistar gawang.

Posisi bola yang tepat di bawah mistar gawang itu menyulitkan Diogo Ferreira yang telah berada di garis gawang untuk mencoba menggantikan peran kiper Natshir untuk menyapu bola dengan kepalanya. Bola tetap meluncur masuk gawang, 1-0.

Gol balasan Persib didatangkan oleh Febri Hariyadi yang tampil mengesankan dalam laga tersebut. Menerima umpan terobosan Marcos Flores pada menit ke-19, Febri melepas tendangan keras begitu memasuki area penalti PSM yang terlalu sulit ditepis kiper Syaiful.

Pada menit ke-35 Persib hampir saja mencetak gol kedua ketika tendangan jarak jauh Samsul Arif hanya menghantam mistar gawang PSM. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, jual beli serangan kedua tim terus terjadi. Lahirnya gol kontroversial untuk PSM mengubah pertandingan menjadi berjalan keras.

Hanya 11 menit setelah gol itu, PSM harus main dengan 10 orang setelah Zulvin kena kartu kuning kedua dari wasit Hamsir setelah menginjak Febri Hariyadi.

Persib pun beberapa kali terpancing melakukan pelanggaran keras termasuk oleh Rachmad Hidayat dan Hariono yang berbuah kartu kuning.

Gol balasan kedua Persib akhirnya datang dari Kim Jefri Kurniawan yang menyambar bola liar hasil kemelut di dalam kotak penalti PSM yang bermula dari umpan lambung Jajang Sukmara. Skor akhir 2-2.

Dengan masing-masing tim mendapatkan tambahan satu angka, Persib kini bertengger di posisi kedelapan dengan nilai 37, naik satu setrip menggeser Pusamania Borneo FC, sedangkan PSM tetap di posisi ke-10 dengan koleksi 36 angka, sama dengan Pusamania, tapi PSM kalah selisih gol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persib psm makassar
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top