Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Liga Italia: Juventus Kalah di Milan, Sampdoria Menang Derby Genoa

AC Milan menaklukkan sesama raksasa Serie A Italia Juventus dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan pekan kesembilan yang berlangsung pada Minggu pagi WIB (23/10/2016).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Oktober 2016  |  05:38 WIB
Pemain AC Milan Manuel Locatelli merayakan golnya ke gawang Juventus - Reuters/Alessandro Garofalo
Pemain AC Milan Manuel Locatelli merayakan golnya ke gawang Juventus - Reuters/Alessandro Garofalo

Bisnis.com, JAKARTA - AC Milan menaklukkan sesama raksasa Serie A Italia Juventus dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan pekan kesembilan yang berlangsung pada Minggu pagi WIB (23/10/2016).

Gol tunggal yang dicetak gelandang AC Milan Manuel Locatelli berhasil memenangkan timnya atas lawannya yang datang dari Turin dan berstatus sebagai juara bertahan dalam laga di Stadion San Siro, Milan.

Locatelli memecah kebuntuan pada menit 65 setelah melepaskan tendangan sentuhan pertama atas bola yang disodorkan Jesus Joaquin Fernandez alias Suso dari sisi kanan kotak penalti.

Penjaga gawang kawakan Juventus Gianluigi Buffon bahkan tak mampu bereaksi atas bola tendangan kencang Locatelli yang menyasar ke area tiang jauh.

Hasil itu menjadi kemenangan pertama Milan dalam sembilan pertemuan terakhir menghadapi Juventus sejak 2012.

Selain itu, tim besutan Vicenzo Montella tersebut kini merangsek naik ke urutan kedua klasemen sementara dengan raihan 19 poin terpaut dua poin saja dari Juventus (21) yang berada di posisi pertama.

Hanya saja, Milan masih bisa tergusur AS Roma (16) yang belum menjalani laga pekan kesembilan menghadapi Palermo.

Milan sebetulnya tampil di bawah tekanan Juventus yang memiliki 59 persen penguasaan bola, namun tuan rumah tampil lebih efektif dengan dua kali menemui sasaran dalam delapan kali percobaan tembakan. Sebaliknya, dari 22 kali percobaan tembakan Juventus hanya tiga kali yang menemui sasaran.

Selain Locatelli yang mencetak gol kemenangan, penjaga gawang Gianluigi Donnarumma patut mendapat kredit dalam keberhasilan timnya mengantongi tiga poin dengan sejumlah penyelamatan yang dilakukannya.

Beberapa dari penyelamatannya sangat krusial, termasuk memotong umpan tarik Juan Guillermo Cuadrado ke dalam kotak penalti sebelum menemui Miralem Pjanic pada menit 85, meski dalam upayanya tersebut Donnaruma harus merelakan wajahnya ‘dicium’ sepatu Pjanic.

Wasit Nicola Rizzoli menganggap hal itu bukan kesengajaan, sehingga tak menjatuhkan hukuman apa pun terhadap Pjanic yang sebelumnya sudah menerima kartu kuning pada menit 38.

Donnaruma kembali memperlihatkan diri sebagai calon penerus Buffon di tim nasional Italia, dengan menghalau tendangan jarak jauh Gonzalo Higuain pada menit-menit akhir pertandingan.

Sementara itu, dalam laga lainnya, Sampdoria berhasil menang tipis 2-1 atas Genoa dalam derby kota pelabuhan Genoa di Stadion Luigi Ferraris. Kemenangan Sampdoria itu tak lepas dari gol bunuh diri bek kanan Genoa Armando Izzo.

Pertandingan yang lebih dikenal sebagai Derby della Lanterna alias Derby Mercusuar itu berakhir untuk kemenangan Sampdoria yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah berkat satu gol bunuh diri Izzo pada menit 47 dalam sebuah situasi sepak pojok.

Berkat hasil itu, Sampdoria kian mempertajam catatan kemenangan mereka dalam 95 kali gelaran Derby della Lanterna menjadi sebanyak 36 kali, sementara Genoa hanya menang 24 kali.

Selain itu, Sampdoria yang kini mengantongi 11 poin memperbaiki posisinya di klasemen sementara ke urutan 13 terpaut satu poin dari Genoa (12) yang berada di peringkat kesembilan.

Meski tampil di bawah tekanan Genoa yang mendominasi 63 persen penguasaan bola sepanjang laga, Sampdoria lebih dulu membuka keunggulan lewat gol Luis Muriel pada menit 12 memanfaatkan umpan kiriman Fabio Qualiarella.

Genoa menyamakan kedudukan lewat sontekan jarak dekat Luca Rigoni menyelesaikan bola sodoran Edenilson pada menit 24.

Sampdoria sebetulnya berpeluang lebih dini merebut kembali keunggulan di pengujung babak pertama setelah Quagliarella dilanggar penjaga gawang Mattia Perin di area terlarang.

Quagliarella yang menjadi algojo gagal menaklukkan Perin dalam duel satu lawan satu bola mati tersebut, setelah arah tendangannya tertebak dan terselamatkan sang kiper di sudut kanan bawah.

Berikut hasil pertandingan matchday kesembilan Serie A hingga Minggu pagi WIB:

Sampdoria 2 vs Genoa 1

AC Milan 1 vs Juventus 0

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 23 Oktober:

17:30   Udinese vs Pescara

20:00   Atalanta Bergamo vs Inter Milan

20:00   Cagliari vs Fiorentina

20:00   Crotone vs Napoli

20:00   Empoli vs Chievo Verona

20:00   Torino vs Lazio

23:00   Bologna vs Sassuolo

Senin, 24 Oktober:

01:45   AS Roma vs Palermo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Italia

Sumber : Antara/LegaSeriea.it

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top