Hasil & Jadwal Liga Prancis: Monaco Menang, Bordeaux Tumbang

Terjadi kejutan besar dalam Ligue 1 Prancis saat Toulouse menghancurkan Bordeaux, salah satu kekuatan tradisional sepak bola Prancis, dengan skor telak 4-1.
M. Syahran W. Lubis | 21 Agustus 2016 08:09 WIB
Para pemain AS Monaco merayakan gol yang dicetak Gabriel Boschilia (tengah) ke gawang Nantes - Reuters/Stephane Mahe

Bisnis.com, JAKARTA - Terjadi kejutan besar dalam lanjutan Ligue 1 Prancis ketika tim lemah Toulouse menghancurkan Girondins Bordeaux, yang selama ini dianggap sebagai salah satu kekuatan tradisional sepak bola Prancis, dengan skor telak 4-1.

Dalam laga pekan kedua Ligue 1 di Stadion Municipal de Toulouse pada Minggu pagi WIB (21/8/2016), tuan rumah yang musim lalu hanya finis satu setrip di atas zona degradasi alias peringkat ke-17, bahkan sempat unggul 4-0 atas Bordeuax, peringkat 11 di klasemen akhir musim 2015-2016.

Keempat gol tuan rumah besutan pelatih Pascal Dupraz dilesakkan Issa Diop (3’), Christipher Jullien (9’), serta Martin Braithwaite (67’ dan 82’). Sedangkan satu gol hiburan tim tamu datang lewat kontribusi Isaac Thelin di ujung laga.

Kekalahan ini menjadi kemunduran besar bagi Bordeaux setelah dalam laga pembuka Ligue 1 musim 2016-2017 mereka mampu mengalahkan Saint-Etienne, juara Ligue 1 terbanyak sepanjang sejarah yakni 10 kali, dengan skor 3-2.

Adapun bagi Toulouse, ini menjadi kesuksesan kedua setelah di laga pembuka mampu menahan imbang tim lain yang juga selama ini dianggap merupakan salah satu kekuatan tradisional sepak bola Prancis, Olympique Marseille, tanpa gol.

Sementara itu, AS Monaco, peringkat ketiga musim lalu, menghentikan tuan rumah Nantes dengan skor tipis 1-0 di Stadion De La Beaujoire - Louis Fonteneau berkat gol semata wayang dari penyerang asal Brasil Gabriel Boschilia pada menit ke-26.

Hasil ini menjadi kebangkitan bagi Monaco, yang ditukangi pelatih berkebangsaan Portugal Leonardo Jardim, setelah dalam laga pekan pertama ditahan imbang 2-2 di kandang sendiri, Stadion Louis II, oleh tamunya En Avant Guingamp.

Berikut hasil pekan kedua Ligue 1 Prancis hingga Minggu pagi WIB:

Olympique Lyonnais 2 vs SM Caen 0

Nantes 0 vs AS Monaco 1

Lorient 0 vs SC Bastia 3

Lille OSC 1 vs Dijon FCO 0

Toulouse 4 vs Girondins Bordeaux 1

Angers SCO 0 vs OGC Nice 1

Stade Rennais 2 vs Nancy-Lorraine 0

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 21 Agustus:

20:00   En Avant Guingamp vs Olympique de Marseille

22:00   Saint-Etienne vs Montpellier HSC

Senin, 22 Agustus:

01:45   Paris Saint-Germain vs Metz.

Sumber : Reuters

Tag : liga prancis
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top