Barcelona & Manchester City Sepakati Perpindahan Claudio Bravo

Juara Divisi Primer La Liga Spanyol FC Barcelona siap melepas penjaga gawang Claudio Bravo ke kontestan Liga Primer Inggris Manchester City dalam bursa transfer musim panas ini.
M. Syahran W. Lubis | 21 Agustus 2016 18:41 WIB
Claudio Bravo - Reuters/Ivan Alvarado

Bisnis.com, JAKARTA - Juara Divisi Primer La Liga Spanyol FC Barcelona resmi melepas penjaga gawang asal Chile Claudio Bravo ke kontestan Liga Primer Inggris Manchester City.

Manajemen Barca mengaku telah mencapai kesepakatan awal dengan Manchester City mengenai rencana kepindahan kiper yang telah berhasil membawa negaranya dua kali secara beruntun menjuarai Copa America pada 2015 dan 2016.

Kedatangan Bravo membuka pintu bagi kepergian kiper Joe Hart dari Manchester City, baik secara permanen ataupun pinjaman, setelah kiper Timnas Inggris itu merasa tidak nyaman hanya dibangku-cadangkan oleh pelatih Pep Guardiola dalam beberapa pertandingan terakhir.

Bravo, kapten Timnas Chile, tampil dalam 32 pertandingan di pentas Divisi Primer La Liga sepanjang musim lalu dan berperan penting mengantar Barcelona menjuarai kompetisi teratas di Spanyol. Terakhir dia main saat Barca melumat Real Betis 6-2 di matchday pertama La Liga 2016-2017.

“Kami telah mencapai persetujuan awal dengan Manchester City mengenai perpindahan Claudio Bravo,” kata Sekretaris Teknik Barca Robert Fernandez Bonillo kepada kanal televisi klub Katalan tersebut pada Minggu (21/8/2016).

Namun, menurut mantan gelandang Timnas Spanyol era 1980-an itu, Barca harus mendatangkan penjaga gawang baru lebih dulu sebelum melepas kiper bernama lengkap Claudio Andres Bravo Munoz ke Manchester City.

Sebelumnya memang beredar kabar bahwa Barca akan mempertahankan kiper asal Jerman Marc-Andre ter Stegen yang baru berusia 24 tahun dan siap melego Bravo yang telah 33 tahun. Jasa Ter Stegen dianggap masih dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu panjang.

Bravo lahir di Santiago, ibu kota Chile, pada 13 April 1983. Dia melalui masa junior bersama klub kondang di negaranya, Colo-Colo. Di klub itu pula dia memulai karier profesional pada 2002. Dia bermain dalam 123 pertandingan.

Pada 2006 dia pindah ke Real Sociedad, klub Spanyol yang menjadi tim pertama perantauannya ke Eropa. Bersama Sociedad, dia tampil dalam 229 pertandingan dan pada Februari 2010 mencetak satu-satunya gol yang pernah dia lakukan yakni ke gawang Gimnastic de Tarragona lewat tendangan bebas.

Dia bergabung dengan Barcelona pada 2014 dan hingga kepindahannya ke Manchester City telah bermain dalam 69 pertandingan. Bravo memiliki 106 caps untuk Timnas Chile sejak debutnya 12 tahun lalu.

Sumber : Reuters

Tag : manchester city, barcelona
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top