Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Steve Bruce Ramaikan Persaingan Kandidat Pelatih Timnas Inggris

Hull City mengumumkan pelatih mereka, Steve Bruce, tengah dalam pembahasan informaal dengan FA untuk mengisi posisi pelatih Timnas Inggris.
Steve Bruce/Reuters
Steve Bruce/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Hull City mengonfirmasi bahwa pelatih mereka, Steve Bruce, tengah dalam pembahasan informaal dengan otoritas sepak bola Inggris, Football Association (FA), untuk pengisian posisi pelatih tim nasional negara tersebut.

Posisi strategis dan bergengsi tersebut saat ini kosong setelah Roy Hodgson mengundurkan diri setelah Timnas Inggris secara mengejutkan kalah dari debutan Islandia di babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis yang berakhir pada awal bulan ini.

Sebelumnya telah muncul setidaknya tiga kandidat untuk menukangi skuat berjuluk Three Lions. Mereka ialah pelatih Sunderland Sam Allardyce, pelatih AFC Bournemouth Eddie Howe, dan pelatih Timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann.

Sunderland mendesak FA untuk segera mengambil keputusan dalam penunjukan pelatih Timnas Inggris agar tak mengusik aktivitas persiapan klub berjuluk Kucing Hitam itu menjelang bergulirnya Liga Primer Inggris musim 2016-2017. Hull pun kemudian mengikuti langkah Sunderland itu.

“Klub (Hull City) dapat mengonfirmasi bahwa manajer Steve Bruce sedang dalam diskusi informal untuk mengisi kekosongan pos pelatih Timnas Inggris, walaupun tidak ada surat resmi dari FA,” demikian pernyataan Hull City.

Stephen Roger ‘Steve’ Bruce belum pernah menangani timnas mana pun. Sebelum bersama Hull, pelatih berusia 55 tahun itu hanya pernah menangani sejumlah klub yakni Sheffield United, Huddersfield Town, Wigan Athletic, Crystal Palace, Birmingham City, dan Sunderland.

Sebagai pemain, dia mantan pemain andalan di lini belakang Manchester United pada 1987 hingga 1996. Selain itu, Bruce juga tak tergantikan di Gillingham, tempatnya memulai karier profesional, dan Norwich City yang merupakan klub keduanya sebelum ke MU.

Saat tak lagi bisa bersaing berebut tempat utama di MU, setelah ikut berkontribusi memberi gelar juara Liga Primer Inggris pada 1993, 1994, dan 1996, dia pun hengkang ke Birmingham City pada 1996 dan ternyata di sana masih menjadi andalan sebelum mengakhiri karier bersama Sheffield United pada 1999.

Meskipun bermain dan menjadi palang pintu andalan di sejumlah klub hebat, Bruce tak satu kali pun dipercaya memperkuat skuat pertama Timnas Inggris senior.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper