Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA EROPA 2016: WALES vs BELGIA, Preview dan Komentar

Wales tetap gembira untuk menempatkan dirinya sebagai tim papan bawah dalam putaran perempat final kejuaraan sepak bola Piala Eropa 2016 melawan Belgia yang membidik kejayaan di Stadion Pierre Mauroy Lille Metropole pada Jumat (1/7/2016).
Pelatih Belgia Marc Wilmots (kiri) dan Eden Hazard/Reuters
Pelatih Belgia Marc Wilmots (kiri) dan Eden Hazard/Reuters

Bisnis.com, BORDEAUX -  Wales tetap gembira untuk menempatkan dirinya sebagai tim papan bawah dalam putaran perempat final kejuaraan sepak bola Piala Eropa 2016 melawan Belgia yang membidik kejayaan di Stadion Pierre Mauroy Lille Metropole pada Jumat (1/7/2016).

Namun, kerendahan hati tim Wales yang dimotori Gareth Bale bukan lantas tanpa kekuatan karena mereka dapat merobek lini belakang Diables Rouges.

Tim Belgia, yang melaju ke perempat final selepas menemukan kembali jati diri sebagai tim dan menang atas Hongaria 4-1 pada babak 16 besar, tentu akan menjadi tim unggulan dibanding Wales. Tapi, Belgia justru tertekan untuk membuktikan janji merebut Piala Eropa ketika bertanding di Lille yang akan dipenuhi para penggemarnya.

Keberanian The Dragons terhadap Belgia juga terbukti pada kualifikasi Piala Eropa dengan kemenangan 1-0 di Cardiff dan hasil imbang di Brussels. "Kami biasanya bermain bagus ketika kami berhadapan langsung. Belgia akan menjadi tim dengan banyak dukungan dan mereka sudah berada di depan pintu rumahnya. Tapi, itu adalah kondisi yang dapat kami manfaatkan sebagai keuntungan," kata pemain belakang Wales Chris Gunter.

Tim asuhan Marc Wilmots tentu akan mewaspadai dua pemain andalan Wales yaitu Bale. Bale, sebagai pemain termahal, telah mencetak tiga gol dan sangat dominan saat timnya menang 1-0 atas Irlandia Utara pada babak 16 besar meskipun kemenangan itu merupakan gol bunuh diri Irlandia Utara. Kemampuan Bale adalah memanfaatkan peluang pada saat yang tepat selain kehebatan eksekusi tendangan bebas.

Sementara, Belgia juga punya pemain jagoan mereka Eden Hazard. Hazard tampil mengesankan dalam laga kontra Hongaria. Hazard memberikan umpan pada gol kedua untuk Michy Batshuayi dan menghasilkan gol dengan kemampuan individunya setelah dua menit berselang.

Meskipun melewatkan dua kali sesi latihan akibat cedera paha, Hazard yang merupakan kapten tim Belgia akan berusaha tampil dalam pertandingan perempat final.

Hazard justru khawatir dengan kekuatan Wales yang mungkin tampil sebagai tim dan tidak sekedar mengandalkan Bale. "Mereka adalah lawan yang sangat lincah. Mereka punya susunan pemain yang kompak dan punya pemain andalan di depan (Bale)," kata Hazard.

Wales tampil dalam kejuaraan sepak bola besar setelah mereka tersingkir pada perempat final Piala Dunia 1958 oleh tim juara Brazil. "Wales merupakan tim yang bagus dan bukan hanya Gareth Bale. Mereka punya pemain-pemain lain yang juga bagus," ujar Wilmots tentang tim lawannya.

Di sisi lain, Belgia punya dua pemain andalan lain yaitu Kevin De Bruyne sebagai palymaker dan Romelu Lukaku yang selalu tampil mengancam lawan setelah meraih 27 gol dalam 52 penampilan bersama Everton pada musim 2015-2016.

"Mereka punya banyak pemain di lapangan dan bangku cadangan yang akan mengesankan bagi tim-tim internasional. Tapi, kami telah bertemu sebanyak empat kali dalam empat tahun terakhir. Kami menang sekali dan imbang dua kali sehingga tidak ada yang perlu kami takutkan," kata pelatih Wales Chris Coleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper