Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA EROPA 2016: POLANDIA vs PORTUGAL, Preview, Rekor Pertemuan, Hasil Akhir

Pertandingan Polandia versus Portugal, Jumat (1/7/2016) di Stade Vlodrome Marseille, Prancis, menjadi perempat final pertama Piala Eropa 2016. Pertarungan digelar pukul 02.00 WIB.
Pemain-pemain timnas Polandia/Reuters
Pemain-pemain timnas Polandia/Reuters

Bisnis.com, PARIS – Pertandingan Polandia versus Portugal, Jumat (1/7/2016) di Stade Vélodrome – Marseille, Prancis, menjadi perempat final pertama Piala Eropa 2016. Pertarungan digelar pukul 02.00 WIB.

Polandia mencapai target lolos perempat final Piala Eropa dan sekarang berniat melangkah ke semifinal untuk pertama kalinya sejak 1982 - Portugal berharap bisa menolak mereka ke babak itu.

Setelah melalui perempat final pertama mereka, Polandia menargetkan semifinal pertama di turnamen besar sejak 1982, tetapi mereka harus ‘memotong’ lawan tangguh mereka pasukan Fernando Santos, Portugal.

timnas-portugal-1.jpg
timnas-portugal-1.jpg


Pertemuan sebelumnya
• Portugal memiliki rekor sedikit lebih baik dalam 'sepuluh pertemuan sebelumnya: M-4 S-3 K-3. Dua terbaru berakhir imbang: 2-2 di Lisbon pada kualifikasi UEFA EURO 2008 dan 0-0 di Warsawa pada  Februari 2012 - game pertama, persahabatan, di Stadion Nasional Warsawa yang baru.

• Klub dari kedua negara itu telah berhadapan 22 kali di kompetisi UEFA, tim Portugal membukukan 11 kemenangan, sedangkan Polandia' tiga.

EURO fakta: Polandia
• Polandia yang muncul di tiga EURO terakhir; sebelum EURO 2016, mereka tidak pernah memenangkan pertandingan di putaran final (S-3, K-3), tapi di sini mereka telah maju ke delapan besar untuk pertama kalinya dengan catatan M-2 S-2, hanya kebobolan sekali dalam proses.

• Polandia telah memenangkan kedua pertandingan mereka di Marseille tanpa kebobolan, kemenangan 1-0 melawan Ukraina didahului dengan sukses di persahabatan 4-0 melawan Uni Emirat Arab di Stade Velodrome dalam pertandingan persahabatan ke-1.990.

Robert Lewandowski (Polandia) Robert Lewandowski belum mencetak gol di EURO 2016

• Momen terbesar Polandia di panggung internasional meraih perunggu di Piala Dunia FIFA 1974 dan 1982.

• Robert Lewandowski adalah pencetak gol terbanyak Polandia di babak kualifikasi dengan 13 gol, menyamai rekor yang dipegang oleh pemain Irlandia Utara David Healy di kualifikasi UEFA EURO 2008; Namun, ia belum mencetak gol di putaran final ini.

• Polandia telah menjaring 33 gol selama kualifikasi - dua lebih banyak dari negara yang paling produktif berikutnya, Inggris.

Fakta EURO: Portugal
• Pertandingan terakhir Portugal di lima putaran final EURO, Portugal selalu berakhir imbang setelah 90 menit; empat di kompetisi ini, ditambah hasil imbang 0-0 dengan Spanyol – sebelum kalah adu penalti - di semi final UEFA EURO 2012.

• Portugal belum menang di Marseille; di EURO '84 – pertandingan pertama Portugal - mereka bermain imbang 1-1 dengan Spanyol di Stade Velodrome kemudian kalah 3-2 dari Prancis setelah perpanjangan waktu di semifinal.

• Portugal bersaing di EURO ini untuk kali keenam berturut-turut dan ketujuh mereka secara total. Mereka tidak pernah gagal melalui babak penyisihan grup.

• Feat terbesar Portugal ke final pada UEFA EURO 2004 di kandang, di mana mereka kalah 1-0 ke Yunani.

• Pemain Portugal Raphaël Guerreiro dan Polandia Kamil Grosicki mencetak gol untuk tim masing-masing ketika Lorient bermain imbang 1-1 dengan Rennes di Ligue 1 di 2015/16.

• Mantan rekan satu tim:
Eder dan Lukasz Fabianski (Swansea City AFC 2015)

• Renato Sanches dan Robert Lewandowski akan menjadi rekan pada musim depan di FC Bayern München, setelah pemain muda Portugis itu diambil dari SL Benfica.

• Bos Portugal Santos dua kali seri melawan Polandia selama menjadi pelatih Yunani; 0-0 pada  Maret 2011 di persahabatan dan 1-1 di UEFA EURO 2012, Lewandowski mencetak gol.

Adu penalti
• Kemenangan Polandia 5-4 atas Swiss di babak 16 adalah yang pertama di kompetitif  melalui adu penalti; mereka sebelumnya telah menang dengan margin yang sama melawan Selandia Baru menyusul hasil imbang 0-0 dalam turnamen persahabatan di Bangkok pada  Juni 1999.

• Portugal telah terlibat dalam tiga final shoot-outs, menang dua dan kalah satu. Pada UEFA EURO 2012, mereka menyerah dari Spanyol setelah bermain imbang tanpa gol, setelah memenangkan dua sebelumnya melawan Inggris di Piala Dunia 2006 dan UEFA EURO 2004.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper