Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2016: Italia Kalah, Belgia Kunci Posisi Kedua (Klasemen Grup E)

Hasil Euro 2016: Italia Kalah, Belgia Kedua (Klasemen Grup E)
Radja Nainggolan (kanan)/Reuters
Radja Nainggolan (kanan)/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Radja Nainggolan mencetak gol kemenangan 1-0 untuk meloloskan Belgia ke babak 16 besar sekaligus menyingkirkan Swedia dari Euro 2016 pada laga terakhir grup E di Stade de Nice, Prancis, Kamis dini hari.

Radja Nainggolan mencetak gol saat laga memasuki menit 84 meneruskan umpan diagonal yang dilepaskan Hazard.

Hasil ini memastikan Belgia lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup E dengan perolehan enam poin, sebaliknya Swedia harus angkat koper dari perhelatan Euro 2016.

Pada pertandingan lainnya Italia tetap menjadi juara grup E kendati dikalahkan Irlandia dengan skor 0-1.

Statistik UEFA mencatat kedua tim nyaris imbang dalam penguasaan bola dengan 51 persen untuk Belgia berbanding 49 persen. Belgia melepaskan delapan tendangan non target sementara Swedia hanya empat.

Pada jalannya laga, pasukan Marc Wilmots sudah berpeluang lewat tusukan De Bruyne yang mengirimkan umpan kepada Lukaku pada menit 7 namun tidak berbuah gol.  Sepakan Hazard dari luar kotak penalti pada menit 10 juga tidak mampu menembus gawang Swedia yang dikawal Andreas Issakson.

Swedia sesekali mencuri serangan melalui upaya Marcus Berg yang menyodorkan bola kepada kapten Zlatan Ibrahimovic, namun sepakan bekas pemain PSG itu gagal menjebol gawang Belgia pada menit 26. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada awal babak kedua, Ibrahimovic dan Berg gagal memaksimalkan kesempatan untuk membobol gawang Courtois. Kiper Chelsea itu kembali mengagalkan upaya Ibrahimovic yang bekerja sama dengan Forsberg pada menit 60.

Ibrahimovic sempat mencetak gol pada menit 63 namun dianulir wasit Felix Brych asal Jerman karena pemain Swedia lainnya Berg melakukan perlanggaran. Berg kemudian digantikan John Guidetti.

Sebaliknya, gol Belgia yang dicetak Lukaku juga dibatalkan wasit karena pemain Everton itu dianggap terjebak offside pada menit 75.

Radja Nainggolan akhirnya memastikan negaranya menang 1-0 setelah menceploskan bola hasil umpan Eden Hazard pada menit 84.

Setelah gol itu tidak ada lagi peluang emas yang diciptakan kedua tim sehingga skor 1-0 untuk Belgia bertahan hingga laga selesai.

Susunan pemain kedua tim:

Swedia  (4-4-2):
Isaksson, Lindelof, E. Johansson, Granqvist, M. Olsson, Forsberg ( Zengin), S. Larsson (Jimmy Durmaz), Ekdal, Kallstrom, Ibrahimovi, Berg (John Guidetti).

Belgia (4-2-3-1) :  Courtois, Alderweireld, Vermaelen, Nainggolan, Vertonghen, Witsel, De Bruyne, R. Lukaku (Christian Benteke), Hazard, Carrasco (Dries Mertens), Meunier

Klasemen Grup E:

POS

TEAM

 

P

W

D

L

F

A

 

GD

PTS

1

Italy

 

3

2

0

1

3

1

 

2

6

2

Belgium

 

3

2

0

1

4

2

 

2

6

3

Republic of Ireland

 

3

1

1

1

2

4

 

-2

4

4

Sweden

 301213 -21

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper