Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA EROPA 2016: Dimitri Payet Bakal Jadi Senjata Rahasia Prancis

PIALA EROPA 2016: Dimitri Payet Bakal Jadi Senjata Rahasia Prancis
Dimitri Payet/Reuters
Dimitri Payet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Nasional Prancis akan menjadi tuan rumah pergelaran Piala Eropa 2016. Mereka bergabung dalam Grup A bersama Rumania, Swiss, dan Albania. Melihat peta persaingan grup ini, Prancis, yang pernah menggondol Piala Eropa pada 1984 dan 2000, layak diunggulkan.

Materi pemain yang memadai, seperti Paul Pogba, Yohan Cabaye, dan Anthony Martial, juga penyerang Dimitri Payet, dipadu dengan pelatih yang pernah membawa mereka menjuarai Piala Dunia 1998 sebagai pemain, Didier Deschamp, membuat skuad Ayam Jago tersebut cukup ditakuti lawan.

Salah satu penggawa Prancis yang diprediksi akan mencuri perhatian adalah Dimitri Payet. Pemain yang merumput bersama West Ham itu memiliki senjata rahasia tendangan bebas yang yahud. Harian olahraga Prancis, L'Equipe, bahkan membandingkan Payet dengan pahlawan Prancis, Zinadine Zidane.

Dalam laga uji coba melawan Kamerun Selasa kemarin, Payet memperagakan kehebatannya itu. Dia mencetak satu gol dari tendangan bebas yang membawa kemenangan bagi Prancis 3-2.

Bermain di Stadion La Beaujoire, Nantes, Payet mencetak gol tendangan bebas berjarak 28 meter dari gawang. Kecepatan bola yang disepaknya pun luar biasa, yakni 77,2 kilometer per jam. Kecepatan itu membuat bola melesat hanya dalam jarak 1,3 detik dari saat dia menendang hingga menembus jala lawan.

Itu bukan pertama kalinya Payet mencetak gol dari tendangan bebas. Musim ini, dia sudah mencetak enam gol tendangan bebas untuk klub dan negaranya. Manchester United, Blackburn Rovers, Bournemouth, dan Crystal Palace merupakan korban Payet di level klub. Sedangkan di level negara, selain Kamerun, Rusia pernah merasakan kesaktian kaki kanan pemain 29 tahun itu.

Menurut laman Daily Mail, rekor kecepatan bola yang pernah dilesakkan Payet mencapai 101,2 kilometer per jam. Itu dilakukannya saat menjebol gawang Rusia. Dari enam gol tendangan bebasnya, bola sepakan Payet memiliki rata-rata kecepatan 86,2 kilometer per jam. Sedangkan rata-rata waktu bola melesak dari saat dia menendang hingga masuk ke gawang mencapai hanya 1,17 detik.

Dengan kecepatan itu, dapat dipastikan tendangan bebas Payet akan sangat sulit diantisipasi penjaga gawang lawan. Catatan itu juga menjadi peringatan bagi lawan-lawan Prancis agar tak melakukan pelanggaran dekat dengan kotak penalti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper