Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FINAL PIALA FA (21/5): MANCHESTER UNITED vs CRYSTAL PALACE, Penentu 'Nasib' Van Gaal

Manajer Manchester United Louis van Gaal masuk ke final Piala FA melawan Crystal Palace pada hari Sabtu menghadapi gema partai pada 1990 antara kedua belah pihak yang terbukti sangat penting dalam karier Alex Ferguson.
Louis Van Gaal (kiri) dan Sir Alex Ferguson/thepeoplesperson.com
Louis Van Gaal (kiri) dan Sir Alex Ferguson/thepeoplesperson.com

Bisnis.com, LONDON - Manajer Manchester United Louis van Gaal masuk ke final Piala FA melawan Crystal Palace pada hari Sabtu menghadapi gema partai pada 1990 antara kedua belah pihak yang terbukti sangat penting dalam karier Alex Ferguson.

Ferguson bersama United berjuang pada musim 1989-90 dan suara gemuruh tumbuh untuk pemecatan sang manajer, tapi saat memenangkan Piala FA memberi Scotsman itu penangguhan hukuman.

Dia melanjutkan untuk membangun sebuah dinasti yang memenangkan 13 gelar Premier League dan dua trofi Liga Champions, bersama sejumlah piala domestik.

Van Gaal, yang mengambil alih Mei 2014 dan melatih United pada musim pertamanya, berada di bawah tekanan yang sama setelah timnya berakhir di urutan kelima di Liga Premier dan keluar dari Liga Champions di babak grup.

Pelatih asal Belanda telah dituduh membawa MU bergerak dari merek tradisional sepakbola United yang menyerang untuk gaya yang lebih bekerja, yang menghasilkan gol paling sedikit kedua atas 10 tim liga musim ini.

Pelatih berusia 64 tahun itu dicemooh oleh beberapa fans selama pidatonya akhir musim setelah kemenangan akhir Selasa 3-1 atas Bournemouth di Old Trafford.

Spekulasi tersebar luas soal  masa depannya, tetapi mantan manajer Ajax Amsterdam, Barcelona dan Bayern Munich bersikeras dia akan tetap, terlepas dari apa yang terjadi di Wembley.

"Ya, karena saya telah menandatangani kontrak tiga tahun," katanya kepada wartawan.

Van Gaal memahami kekecewaan para fans ', tetapi mengatakan mereka harus realistis saat United mengejar gelar Piala FA pertama mereka sejak 2004 dan trofi besar pertama mereka sejak 2013 Liga Premier.

"Harapannya adalah sangat tinggi. Terlalu tinggi. Kami adalah tim dalam masa transisi," kata Van Gaal. "Saya telah mencoba untuk menjelaskan bahwa.

"Kami tidak mencapai tujuan kami. Kami harus lolos ke Liga Champions. Kami masih memiliki final Piala FA untuk pergi. Setiap orang harus mengambil keputusan bagaimana kita telah melakukan musim ini pada waktu itu."

Crystal Palace, yang menyelesaikan Liga Premier lima poin di atas zona degradasi, berada di final untuk pertama kalinya sejak kalah  pada 1990 di partai ulangan dengan skor 1-0 menyusul hasil imbang 3-3 di pertandingan pertama.

"Saya ingat karir Sir Alex bergantung pada permainan itu dan mungkin karir LVG akan bergantung pada ini," kata bos Palace Alan Pardew, yang bermain untuk Palace di final 26 tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper