Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Final Piala Bhayangkara: 5.000 Personel Polisi Kawal Bobotoh ke Stadion GBK

5.000 Personel Polisi Kawal Bobotoh ke Stadion GBK
Suporter Persib Bandung/Antara
Suporter Persib Bandung/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian Daerah Jawa Barat akan menerjunkan lebih-kurang 5.000 personel untuk mengawal keberangkatan pendukung tim Persib Bandung (Bobotoh) ke Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Ahad, pekan ini. Sekitar 4.000 Bobotoh dipastikan berangkat ke Jakarta setelah Persib Bandung memastikan melaju ke babak final Piala Bhayangkara 2016.

"Polda Jabar akan menurunkan hampir 5.000 personel. Kita akan full kekuatan. Termasuk yang di polsek akan kita tarik untuk membuat pagar betis di lokasi yang akan dilewati Bobotoh," ujar Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Joedi Rooseto kepada wartawan setelah menggelar rapat koordinasi pengamanan keberangkatan suporter Persib di Markas Polda Jawa Barat, Kamis, 31 Maret 2016.

Ia mengatakan, lebih-kurang 600 bus akan mengangkut Bobotoh dari seluruh wilayah Jawa Barat menuju Gelora Bung Karno. Untuk sistem pengawalan, ia katakan, polisi akan mengiringi rombongan dari titik pemberangkatan hingga tiba di Jakarta. "Nanti sistemnya ada yang mengawal juga ada pagar betis di setiap wilayah yang rawan," katanya.

Pengawalan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok Bobotoh dengan suporter klub dari Ibu Kota. Seperti diketahui, rivalitas antara Bobotoh dan suporter Persija Jakarta hingga saat ini masih cukup tinggi. Selain itu, pengalaman bentrok pun pernah terjadi di antara kedua kesebelasan tersebut, saat Persib berlaga di Jakarta atau saat rombongan Bobotoh melintasi wilayah Ibu Kota.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jodie mengatakan, polisi akan membuat pagar betis di sekitaran jalan tol yang bakal dilalui rombongan Bobotoh, seperti di jalan tol Cawang, Ciputat, dan Cikarang. "Nanti setelah di perbatasan kami akan di-back-up oleh Polda Metro," katanya.

Kepala Biro Operasional Polda Jawa Barat Komisaris Besar Muharrom Riyadi mengatakan bakal ada enam titik kumpul pemberangkatan Bobotoh di seluruh Jawa Barat. Nantinya, rombongan Bobotoh dari setiap titik akan dikawal pihak kepolisian.

"Masing-masing bus akan ditempel tiga polisi. Dua pengamanan terbuka satu pengamanan tertutup," ujar dia. "Kemudian, per sepuluh bus satu rangkaian dengan kawalan depan dan belakang."

Persib Bandung dipastikan melaju ke babak final Piala Bhayangkara 2016 setelah memenangkan laga semifinal melawan Bali United dengan skor 1-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, kemarin.

Sementara itu, calon lawan Persib di final ditentukan pada laga semifinal leg kedua antara Arema Cronus dan Sriwijaya FC, yang akan digelar malam ini di Stadion Kanjuruhan Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper