Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IN MEMORIAM JOHAN CRUYFF: Kisah Anak Tukang Cuci di Ajax

Johan Cruyff, yang meninggal dunia pada usia 68, salah satu yang terbesar dan paling signifikan di sepak bola. Buktinya terletak pada dua frase yang akan selalu identik dengannya.
Johan Cruyff./REUTERS
Johan Cruyff./REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Johan Cruyff, yang  meninggal dunia pada usia 68,  salah satu yang terbesar dan paling signifikan  di sepak bola. Buktinya terletak pada dua frase yang  akan selalu identik dengannya.

Salah satunya adalah "Total Football" - gaya yang dicontohkan oleh tim Belanda, dengan Cruyff sebagai pusat, yang mencapai final Piala Dunia 1974  di bawah Rinus Michels sebelum kalah di final dari Jerman Barat.

Itu adalah filosofi berdasarkan teori bahwa setiap pemain di outfield bisa bermain di posisi lain di lapangan dengan kenyamanan. Di bawah mentornya Michels, Cruyff adalah perwujudan yang amat terampil, dengan multi-purpose pesepakbola.

Pada Piala Dunia yang sama, ia menemukan sepotong keterampilan yang akan selalu menjadi  panggilnya selamanya. "The Cruyff turn", ketika ia melakukan bamboozled ke bek Swedia Jan Olsson dengan sentuhan balet sepak bola, memungkinkan dia untuk menyeret bola di belakang kaki sambil berdiri  dengan bagian dalam kakinya. Dikombinasikan insting, berpikir cepat, atletis dan kemampuan alami. Dengan kata lain, itu adalah Johan Cruyff.

Cruyff bukan hanya jimat untuk  tim Belanda, ia adalah idola dari Amsterdam sebagai inspirasi di balik kemenangan tiga Piala Eropa berturut-turut  pada  1971, 1972 dan 1973 - sebelum meletakkan kecemerlangan bermain dalam praktek sebagai pelatih untuk memimpin Barcelona untuk Piala Eropa pertama mereka  pada  1992 setelah memenangkan Piala Winners Eropa 'pada  1989.

Pepatah yang mengatakan bahwa pemain besar tidak lantas membuat pelatih hebat tidak berlaku untuk Cruyff.

Diatelah meninggalkan tanda tak terhapuskan pada permainan yang akan hidup di dalam pendekatan gayanya yang dia dibawa ke Barcelona dan cara ini dipertahankan. Ini akan datang ke Premier League musim depan ketika his prodigy Pep Guardiola mengambil alih posisi manajer tim  di Manchester City.

Berhala Ajax

Ibu Cruyff adalah pencuci  di Ajax dan membujuk klub untuk mengambil anaknya yang berusia 12 tahun ke dalam sistem pembinaan pemain muda mereka. Itu adalah hari yang mengubah sejarah klub besar itu.
Saat bergabung  di Ajax, ia memenangkan Eredivisie delapan kali, tapi  di panggung Eropa  ia mampu membangun namanya dalam konteks global.

Dengan keanggunan, elegan, keterampilan dan kekuatan kepribadian yang membuatnya pemain serta vokal, karakter memecah belah, ia membawa Ajax ke puncak permainan di Eropa.

David Beckham di Instagram: pikiran dan cinta saya  dengan teman-teman dan keluarga bukan hanya salah satu pemain terbaik dalam sejarah permainan, tetapi juga salah satu orang terbesar dan orang terbaik yang bisa Anda temui ... Permainan kehilangan  pahlawan hari ini. Beristirahat dengan damai.
Luis Figo di Twitter: Pelatih pertama saya di luar negeri, salah satu yang terbaik yang pernah saya miliki. Seorang pria yang sangat penting dalam karir saya. Kami memiliki kerugian besar.
Mantan kapten Jerman saat juara Piala Dunia Lothar Matthaus: Seperti berita sedih tentang Johan Cruyff. Seorang pria besar, yang mengubah sepak bola. Belasungkawa kepada keluarga dan teman-temannya.

Cruyff, di bawah asuhan Michels, membantu Ajax memnghancurkan tim Bill Shankly  Liverpool dengan skor  5-1 dalam pertandingan Piala Eropa pada  Desember 1966, dia juga mencetak dua gol saat imbang 2-2 di Anfield di leg kedua.

Pada  awal  70-an,  dia dijuluki oleh wartawan olahraga Inggris David Miller  "Pythagoras dalam sepatu"  diprediksi akan memiliki reputasi yang akan menghidupkan sepakbola di mana pun dia main..

Ajax menguasai Eropa, mengalahkan Panathinaikos 2-0 di Wembley pada  1971, Cruyff mengulangi prestasi melalui dua gol  saat melawan Inter Milan di Amsterdam setahun kemudian, lalu menyelesaikan treble Piala Eropa dengan kemenangan 1-0 atas Juventus di Belgrade pada  1973.

Di jantung keindahan  sepak bola adalah Cruyff, master waktu dan ruang dan pencipta tertinggi.

Dia adalah yang terbesar di antara kumpulan pemain hebat meski seorang pria yang terpisah di dalam dan luar lapangan.

Setelah  'berkelana' di Amerika Serikat dengan Los Angeles Aztec dan Levante di Spanyol, ia kembali ke Ajax dan menunjukkan sihir tua dengan dua kemenangan lagi.

Sebaliknya, kompleks, kontroversial dan percaya diri seperti biasa, ia bereaksi terhadap kegagalan Ajax untuk menerima kontraknya dengan berpindah ke saingan Ajax, Feyenoord - kemudian memenangkan Eredivisie pertama mereka dalam satu dekade di 1983-1984 sebagai bagian dari liga dan piala ganda .

Hubungan cinta dengan Ajax menyala kembali ketika ia mengambil alih sebagai pelatih. Pemikiran inovatif dan kemampuannya untuk menghubungkan ide-idenya untuk pemain muda datang dengan hasil di final Winners Cup Eropa 1987  dengan kemenangan 1-0 atas Lokomotiv Leipzig di Athena.  Cruyff   memiliki tim dengan pemain muda yang terampilan  Aron,   Dennis Bergkamp bersama kecemerlangan Marco van Basten dan pengalaman Arnold Muhren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper