Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Ditahan Dynamo 0-0, Manchester City ke Perempat Final, Sejarah Baru City

Manchester City mampu menahan upaya Dynamo Kyiv untuk mencapai perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya pada Selasa (15/3/2016) atau Rabu (16/3/2016), melalui hasil imbang 0-0 yang harus dibayar dengan cedera pemain di kubu pasukan Manuel Pellegrini.
Vincent Kompany/Mcfc.com
Vincent Kompany/Mcfc.com
Live Timeline

Bisnis.com, MANCHESTER - Manchester City mampu menahan upaya Dynamo Kyiv  untuk mencapai perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya pada Selasa (15/3/2016) atau Rabu (16/3/2016), melalui hasil imbang 0-0 yang harus dibayar dengan cedera pemain di kubu pasukan Manuel Pellegrini.

Kapten City Vincent Kompany harus ditandu keluar lapangan pada menit kelima karena masalah pada ototnya, dan rekannya di lini belakang Nicolas Otamendi menyusulnya tidak lama kemudian ketika tuan rumah melaju ke delapan besar berkat kemenangan agregat 3-1 yang didapat pada pertandingan leg pertama.

Hanya ada sedikit aksi di depan gawang sepanjang pertandingan leg kedua di Stadion Etihad, di mana City memiliki peluang terbaik di pertandingan ini pada pertengahan babak kedua.

Pasukan Pellegrini, yang disingkirkan Barcelona pada fase 16 besar pada dua musim terakhir dan akan menghadapi rival sekota Manchester United pada "derby" domestik pada Minggu, hanya terlihat nyaris kemasukan pada fase akhir pertandingan ketika kiper Joe Hart mampu menggagalkan peluang Vitaly Buyalskiy.

City, yang harapannya meraih gelar Liga Utama Inggris mendapat hantaman dengan hasil imbang 0-0 di markas Norwich City pada Sabtu, terlihat menerima pukulan lain ketika Kompany harus meninggalkan lapangan akibat apa yang terlihat seperti masalah pada betisnya.

Masalah cedera mereka bertambah ketika Otamendi juga digantikan pada menit ke-20, pada awal yang menjadi start membosankan pada pertandingan ini.

Dengan City tidak menekan untuk menyerang setelah mengamankan kemenangan yang nyaman dari pertandingan leg pertama, dan Kiev yang terlihat mandul di lini depan, babak pertama dilangsungkan seperti layaknya pertandingan testimonial.

Sang juara domestik Ukraina itu sempat menimbulkan sejumlah masalah bagi duet di jantung pertahanan City Martin Demichelis dan Eliaquim Mangala, namun gagal menciptakan peluang-peluang bersih.

Pada menit ke-58 tim tuan rumah memberikan sedikit ancaman bagi pertahanan Kiev, ketika Yaya Toure bertukar operan dengan Sergio Aguero sebelum penyerang Argentina itu melepaskan tembakan melebar dari sudut sempit.

Navas kemudian melepaskan sepakan yang membentur tiang gawang tiga menit kemudian ketika pertandingan memperlihatkan tanda-tanda semakin hidup, sewaktu Toure melepaskan tembakan lurus ke kiper Kiev Olexandr Shovkovskiy dengan 20 menit sisa waktu pertandingan.

Hart dipaksa kembali beraksi pada beberapa menit terakhir dengan hadangan yang bagus untuk menggagalkan upaya Buyalskiy, pada malam lain yang mudah untuk sang kiper City.

-LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs Arsenal, Preview, Prediksi Pemain, Rekor Pertemuan, Hasil

 

21:16 WIB
Yaya Toure Siap Tampil

Gelandang Manchester City Yaya Toure telah pulih dari cedera dan fit untuk bermain di babak 16 Liga Champions, Selasa melawan Dynamo Kiev.

Pemain asal Pantai Gading, 32, absen saat Sabtu imbang 0-0 melawan Norwich di Liga Premier karena cedera tumit.

"Dia tidak memiliki masalah," kata pelatih City Manuel Pellegrini, yang akan mencoba untuk memandu City ke perempat final untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

City, yang  memimpin 3-1 di leg pertama,  favorit untuk maju.

Tapi Pellegrini mengatakan dengan hati-hati bahwa timnya harus melupakan keuntungan mereka yang diraih di Ukraina. "Yang paling penting adalah untuk mengetahui kita belum memenuhi syarat. Kami bermain melawan tim yang tahu bagaimana bermain jenis permainan," kata pelatih asal Chili, yang akan digantikan oleh Pep Guardiola pada akhir musim.

"Kami tidak akan bermain dengan skor yang kita punya di Kiev, kita hanya akan mengatakan itu 0-0 dan mencoba untuk memenangkan pertandingan."

19:16 WIB
Prediksi lineup

Prediksi lineup
Manchester City: Hart; Sagna, Kompany, Otamendi, Clichy; Fernandinho, Touré; Navas, Silva, Sterling; Aguero.
Absen:  Delph (calf), De Bruyne (knee), Tasende (suspended)
Diragukan:Tidak ada
Terancam larangan tampil di partai kemudian karena kartu kuning: Tidak ada

Dynamo Kyiv: Shovkovskiy; Vida, Khacheridi, Dragovic, Antunes; Veloso, Buyalskiy, Garmash, Yarmolenko, Gusev; Teodorczyk.
Absen: Rybka (knee), Morozyuk (knee), Moraes (adductor), Petrovi (unspecified), Burda (unspecified), Myakushko (unspecified), Rybalka (groin)
Diragukan: Danilo Silva (muscle)
Terancam larangan tampil di partai kemudian karena kartu kuning:: Danilo Silva, Rybalka, Korzun, Buyalskiy

17:31 WIB
Apa Kata Manajer?

Serhiy Rebrov, pelatih Dynamo
Kami akan mencoba untuk membebaskan diri dari gugup. Saya pikir kami memiliki kesempatan yang disediakan kepada para pemain untuk tidak merasa gugup. Jika mereka santai mereka akan menciptakan peluang. Kami akan berjuang untuk hasilnya, terlepas dari hasil leg pertama.

Kami harus fokus, kita harus bekerja keras dan kami harus kuat. Tapi paling penting dari semua itu kita harus satu tim. Kami memiliki banyak pemain bagus, tapi kami harus tim. Kami ingin bermain full steam dari awal pertandingan - tetapi tidak selalu terjadi.

17:28 WIB
Apa Kata Manajer?

Manuel Pellegrini, Manajer Manchester City
Saya pikir kita telah membaik dalam kompetisi karena sebelum saya tiba di sini kelompok ini tidak lolos ke babak 16. Kami melakukannya dua kali dalam dua tahun terakhir. Saya pikir tahun ini kami telah meningkatkan sedikit lebih karena kami telah memenangkan grup dan sekarang kami memiliki pilihan untuk melanjutkan ke babak berikutnya.

Yang paling penting adalah untuk mengetahui bahwa kita belum memenuhi syarat. Kami bermain melawan tim besar yang tahu bagaimana memainkan jenis permainan, sehingga bagi saya adalah target pertama klub. Setelah itu, kami mencoba untuk melihat siapa lawan kami  di perempat final.

Kami mulai 0-0 dan berusaha untuk menjadi tim yang lebih baik daripada Dynamo di sini di rumah. Kami akan mengeluarkan skuad yang kuat. Kita perlu untuk memenangkan pertandingan dan akan memadamkan skuad terkuat kami bisa.

21:10 WIB
Kinerja 5 Pertandingan Terakhir

5 Partai Terakhir Man City

12/03/16

(a) Norwich

0-0

S

05/03/16

(h) Aston Villa

4-0

M

02/03/16

(a) Liverpool

3-0

K

28/02/16

(a) Liverpool

1-1

S

24/02/16

(a) Dynamo Kiev

1-3

M

 

5 Pertandingan Terakhir Dynamo Kyiv

24/02/16

(h) Man City

1-3

K

09/12/15

(h) M'bi Tel-Aviv

1-0

M

24/11/15

(a) FC Porto

0-2

M

04/11/15

(a) Chelsea

2-1

K

20/10/15

(h) Chelsea

0-0

S

 Terakhir, kedua tim bertemu di leg pertama Dynamo Kyiv 1- 3 Manchester City

17:31 WIB
Link pelatih dan pemain

Link Pelatih dan Pemain  
• Rebrov bermain di Inggris untuk Tottenham Hotspur FC (2000-04: 75 games, 16 gol) dan West Ham United FC (2004-05: 32 pertandingan, 2 gol). Dua penampilan melawan City  dengan Spurs pada 2000/01: imbang 0-0 di kandang  dan kemenangan 1-0 di Maine Road, di mana ia menetukan pemenang pada menit ke-89.
• Penampilan Rebrov  terakhir di Inggris sebagai pemain Dynamo adalah saat kekalahan di penyisihan grup (4-0) UEFA Champions League di Manchester United FC pada 2007/08 - kekalahan  Eropa kedua terakhir dari karir bermainnya.
• Keseluruhan, Rebrov mencetak tiga gol dalam lima penampilan melawan klub Inggris untuk Dynamo (M-1 S-2 K-2). Gol bagi Dynamo di Inggris pada 92 menit mampu membuat  imbang 1-1 di Arsenal FC di babak penyisihan grup 1998/99 UEFA Champions League.
• Dengan Ukraina, Rebrov menghadapi Inggris dan  kalah 2-0 di Wembley  Mei 2000.
• Dalam kompetisi Eropa pertamanya dengan Villarreal, Pellegrini meraih   kemenangan 2-0 (agregat) atas Dynamo pada babak 32 Piala UEFA 2004/05, saat sukses di kandang  2-0 di leg kedua pada 24 Februari 2005.
• Dalam delapan musim di Ukraina dengan FC Shakhtar Donetsk (2005-13), Fernandinho memenangkan enam gelar liga dan empat Piala Ukraina. Dua dari  kemenangan akhir mereka  melawan Dynamo (2008, 2011) tetapi pada 2008  di Ukraina kalah di final 2007 ke Dynamo, Gusev mencetak gol kemenangan.
• Fernandinho juga menghadapi dan menang dari Dynamo pada turnamen akhirnya dengan Shakhtar di Piala UEFA (semi-final) 2008/09, dengan imbang 1-1 leg pertama di Kyiv (agg 3-2).
• Teman tim Fernandinho  di Shakhtar termasuk Olexandr Rybka.
• Veloso mencetak gol di kedau leg  dari kemenangan 4-2 (agregat) Sporting Clube atas Everton pada  UEFA Liga Europa (babak 32) 2009/10,  Veloso sebelumnya  kalah bersama dengan Sporting di babak penyisihan grup UEFA Champions League 2007/08.
• Touré memiliki pengalaman di Ukraina dengan FC Metalurh Donetsk (2004-05), bermain 33 pertandingan liga dan mencetak tiga gol.
• Silva bermain di kemenangan kandang 1-0 Spanyol atas Ukraina dalam kualifikasi UEFA EURO 2016 pada Maret 2015. Yevhen Khacheridi, Denys Garmash dan Yarmolenko tampil untuk Ukraina.
• Di Donbass Arena, Donetsk yang memperkuat Dynamo Ukraina  kalah, baik dari Samir Nasri di tim Prancis (0-2) dan Joe Hart tim nas Inggris (0-1) di UEFA EURO 2012.
• Garmash mencetak gol  kemenangan Ukraina (2-0) atas Inggris di final Eropa UEFA U-19 Championship di Donetsk 2009. Serhiy Rybalka juga tampil.

12:53 WIB
FAKTA PERTANDINGAN

Dynamo Kyiv
• Vitaliy Buyalskiy, Danilo Silva, Nikita Korzun dan Rybalka adalah pemain yang  jauh dari larangan. Antunes tersedia setelah menjalani skorsing satu pertandingan di leg pertama.

• Olexandr Yakovenko, putra mantan Dynamo dan gelandang Rusia Pavlo Yakovenko, membuat debut Dynamo dalam kemenangan kandang 2-0 melawan FC Dnipro Dnipropetrovsk pada  5 Maret.

• Artur Rudko dan Romawi Yaremchuk membuat debutnya untuk Dynamo saat 1-1  melawan  PFC Olexandriya di leg pertama Piala Ukraina (perempat final) pada 1 Maret.

• Yarmolenko, yang tidak tampil dalam persahabatan Dynamo selama istirahat musim dingin karena cedera pergelangan kaki, telah mencetak gol di tiga pertandingan kompetitif mereka pada  Maret: melawan Olexandriya, Dnipro dan - dalam jadwal liga mereka terbaru, pada  11 Maret - FC Karpaty Lviv.

• Olexandr Shovkovskiy sudah main di 412  pertandingan dalam liga  Ukraina pada Jumat, menyamai rekor mantan Dnipro dan gelandang FC Metalist Kharkiv Oleh Shelayev.

• Dynamo telah memenangkan semua tujuh pertandingan liga sejak kekalahan 3-0 di rumah ke Shakhtar pada  16 Oktober.

12:40 WIB
FAKTA PERTANDINGAN

Fakta pertandingan

Manchester City
• City telah kehilangan empat dari delapan pertandingan terakhir mereka, dan bermain imbang 0-0 di Norwich City FC pada  12 Maret.

• Pada  28 Februari, Citizens mengalahkan Liverpool 3-1 melalui adu penalti, setelah bermain imbang 1-1, untuk memenangi Piala Liga Inggris untuk keempat kalinya. Willy Caballero menyelamatkan tiga tendangan pinalti.

• Agüero mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 atas Aston Villa FC pada  5 Maret. Agüero, yang memiliki 128 gol untuk City atas namanya, perlu dua lagi untuk masuk ke daftar sepuluh pencetak gol  sepanjang masa klub.

• Eliaquim Mangala (hamstring) sudah tidak bermain sejak 6 Januari.

• The City of Manchester Stadium akan menjadi tuan rumah pertandingan pemanasan UEFA EURO 2016  Inggris melawan Turki pada  22 Mei.

20:12 WIB
Background pertandingan

Dynamo Kyiv
• Dynamo, runner-up Grup G, menatap untuk mencapai lolos ke perempat final Liga Champions  untuk pertama kalinya sejak  1999 - ketika pelatih Serhiy Rebrov memimpin serangan mereka.

• Meskipun Ukraina pemegang gelar kalah 2-1 di Chelsea FC di babak penyisihan grup, mereka menang dua pertandingan away mereka yang lain   2-0  di Maccabi Tel-Aviv FC dan FC Porto.

• Dynamo kalah 2-1 di Inggris utara-barat musim lalu ketika dikalahkan Everton FC di leg pertama mereka pada  babak 16 UEFA Europa League. Pemain Rebrov bangkit kembali untuk memenangkan leg kedua 5-2 melalui gol Andriy Yarmolenko, ukasz Teodorczyk, Miguel Veloso, Oleh Gusev dan Antunes.

• Catatan keseluruhan Dynamo away ke klub Inggris adalah M-0 S-2 K-11.

• Dynamo telah dua kali pulih dari kehilangan di rumah di leg pertama kompetisi  UEFA - melawan Trabzonspor seperti pada 2004/05 di babak kualifikasi ketiga (1-2 rumah, 2-0) dan AC Sparta Praha di 1998-1999 kualifikasi putaran kedua (0-1 rumah, 1-0, menang 3-1 adu penalti). Mereka telah kehilangan enam ikatan lain di mana mereka dikalahkan di rumah pertama kalinya, termasuk baik ketika kekalahan awal  dengan selisih dua gol.

Catatan adu pinalti • Dynamo adalah M-1 K-0:
3-1 v AC Sparta Praha, 1998-1999 UEFA Champions League kualifikasi putaran kedua.

20:09 WIB
Background pertandingan

Background pertandingan

Manchester City
• City sedang mencari kemenangan  ketiga di rumah secara beruntun dalam kompetisi setelah mengalahkan Sevilla FC (2-1) dan VfL Borussia Mönchengladbach (4-2) di babak penyisihan grup. Pada kesempatan kedua mereka memenangkan pertandingan dengan gol di sepuluh menit terakhir.

• City telah kehilangan semua tiga pertandingan (dua lega)  mereka sebelumnya dalam kompetisi klub elit Eropa - terhadap SK Fenerbahçe (putaran pertama, 1968-1969) dan FC Barcelona (babak 16, 2013/14 dan 2014/15). Pada setiap kesempatan, mereka melakukan perjalanan jauh untuk leg kedua dan kalah.

• Jika City belum mencapai perempat final, pelatih mereka Manuel Pellegrini telah lolos dengan dua klub yang berbeda - Villarreal CF (2005/06, 2008/09) dan Málaga CF (2012/13).

• City tidak pernah gagal untuk memenangkan pertandingan Eropa setelah memenangi away di  leg pertama. Ada enam kontes tersebut, baru-baru ini melawan FC Porto di babak 2011/12 UEFA Europa League dari 32 (2-1, 4-0 kandang).

• Rekor City  adu penalti dalam kompetisi UEFA adalah M-2 K-0:
4-2 v FC Midtjylland, 2008/09 Piala UEFA kedua kualifikasi putaran
4-3 v Aalborg BK, 2008/09 Piala UEFA babak 16

20:05 WIB
Pertemuan sebelumnya

Pertemuan sebelumnya
Dynamo menang agregat 2-1 ketika klub bertemu di babak 16 UEFA Europa League 2010/11. Andriy Shevchenko dan Oleh Gusev membawa dalam kemenangan 2-0 di leg pertama dan kemenangan City 1-0 di leg kedua  di Manchester, melalui tendangan bebas Aleksandar Kolarov,  tidak cukup untuk menyelamatkan mereka pada malam ketika Mario Balotelli diusir dari lapangan pada menit ke-36 menit.
Formasi  leg kedua pada  17 Maret 2011 adalah:
Manchester City: Hart, Richards, Kompany, Lescott, Kolarov (Milner 88), De Jong, Barry (Johnson 71), Silva (Dzeko 76), Touré, Balotelli, Tévez.
Dynamo: Shovkovskiy, Danilo Silva, Almeida, Yussuf, Popov, Gusev, Eremenko, Vukojevic, Yarmolenko (Betao 90), Ninkovic (Zozulya 46), Shevchenko (Garmash 62).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com/bbc.com/Reuters/ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper