Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA EUROPA UEFA: Liverpool vs Manchester United, 2-0

Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas Manchester United pada pertandingan pertama putaran 16 besar Liga Europa mereka pada Kamis (10/3/2016) atau Jumat (11/3/2016), ketika kedua tim membawa rivalitas sengit domestik mereka ke panggung Eropa untuk pertama kalinya.nn
Daniel Sturridge/Liverpoolfc.com
Daniel Sturridge/Liverpoolfc.com
Live Timeline

Bisnis.com, LONDON -  Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas Manchester United pada pertandingan pertama putaran 16 besar Liga Europa mereka pada Kamis, ketika kedua tim membawa rivalitas sengit domestik mereka ke panggung Eropa untuk pertama kalinya.

Gol-gol dari Daniel Sturridge (penalti) dan Roberto Firmino memastikan Liverpool akan difavoritkan untuk melaju ke putaran selanjutnya, bersama dengan Borussia Dortmund setelah tim Jerman itu menggaris bawahi status mereka sebagai tim favorit dengan tampil gemilang ketika melawan Tottenham Hotspur.

Pemain Dortmund Marco Reus mengemas dua gol pada babak kedua, setelah Pierre-Emerick Aubameyang membawa mereka unggul pada menit ke-30, pada kemenangan komprehensif 3-0 atas tim Spurs yang mengistirahatkan sejumlah pemain pentingnya dengan satu mata masih menatap ke upaya mereka meraih gelar Liga Utama Inggris.

Shakhtar Donetsk juga memiliki bekal yang bagus menuju leg kedua dengan Anderlecht setelah menang 3-1 di kandang sendiri, demikian pula Villarreal yang menang 2-0 atas Bayer Leverkusen berkat dua gol dari Cedric Bakambu.

Pemain Sevilla Steven N'Zonzi diusir keluar lapangan saat pertandingan tinggal menyisakan tiga menit ketika sang juara bertahan, yang mengincar trofi ketiga secara beruntun, bermain imbang 0-0 di markas Basel, sedangkan Athletic Bilbao mengalahkan rival Spanyolnya Valencia dengan skor 1-0 melalui gol Raul Garcia pada menit ke-20.

Fenerbahce menang 1-0 atas klub Portugal Braga di Turki, dan Sparta Praha bermain imbang 1-1 dengan Lazio.

JUERGEN KLOPP

Seelumnya, Manajer Liverpool Jurgen Klopp menyebut pertandingan babak 16  Europa League  melawan Manchester United pada Kamis (10/3/2016) atau Jumat (11/3/2016) di  Anfield merupakan "ibu dari semua pertandingan sepak bola".

Jumat, 11 Maret 2016  03:05  Liverpool vs Manchester United  BEIN SPORT 1

The Reds akan menjamu United --saingan di liga domestik-- di pertemuan pertama  di Eropa, meskipun dalam level tingkat kedua  dibanding Liga Champions.

Namun, Klopp mengatakan: "Saya selalu mengatakan Liga Europa sangat menarik. Ini benar-benar, benar-benar besar. Saya harap itu bukan yang terbesar [pertandingan] dalam karir Liverpool saya, tapi itu sangat penting."

Manchester United telah memenangkan tiga Piala Eropa - yang terakhir pada  2008  saat masih format Liga Champions- sementara Liverpool telah mengangkat trofi pada lima kesempatan.

Manajer United Louis van Gaal mengatakan orang-orang yang mengkritik penurunan pangkat mereka ke Liga Europa adalah orang yang "hidup di masa lalu", dan Klopp percaya pertarungan  akan memikat penonton di Anfield.

"Saya tidak percaya pada musuh dalam sepak bola, saya percaya pada musuh yang nyata," kata pelatih asal Jerman berusia 48-tahun, yang membawa  klub Borussia Dortmund ke final Liga Champions pada 2013.

"Saya benar-benar tidak masalah dengan Louis van Gaal, tetapi hal terakhir yang saya inginkan adalah baginya untuk menang. Permainan seperti ini adalah ibu dari semua pertandingan sepak bola."

Liverpool telah memenangkan Piala UEFA - prekursor ke Liga Europa - tiga kali, terakhir pada  2001, sementara United  terbaik adalah untuk perempat final pada  1985.

Para pemenang kompetisi lolos ke Liga Champions dan Klopp mempertahankan standar turnamen.

"Apa Champions tingkat League? Saya melihat banyak pertandingan sampah di Liga Champions. Liverpool dan Manchester United ingin selalu menjadi bagian dari itu, yakin."

"Ada jalan panjang untuk pergi tapi kita bisa melihat garis. Hanya ada tim berkualitas yang tersisa di turnamen ini. Mulai sekarang sesuatu  sudah seperti Liga Champions kecil."
 

21:17 WIB
Sturridge dan Louis van Gaal

Daniel Sturridge kemungkinan  kembali ke starting line-up Liverpool  karena adanya bentrokan di Liga Europa dengan Manchester United pada Kamis ini.
Pemain internasional Inggris yang telah diistirahatkan  pada dua pertandingan terakhir,  diatur untuk memimpin barisan dalam pertemuan Eropa pertama antara tim paling top di sepak bola Inggris.
Louis van Gaal, sementara itu, memimpin  ke Merseyside  untuk  menjadi manajer Inggris pertama dalam sejarah untuk memenangkan lima pertandingan berturut-turut melawan Liverpool. (skysport)

19:08 WIB
Prediksi lineup

Prediksi lineup
Liverpool: Mignolet; Clyne, Lovren, Sakho, Moreno; Henderson, Can, Milner (Lallana); Coutinho, Sturridge, Firmino.
Absen: Gomez (knee), Ings (knee), Lucas (thigh), Rossiter (hamstring)
Diragukan: Milner (illness)
Terancam Absen di prtandingan berikut karena kartu kuning: Moreno

Manchester United: De Gea; Darmian, Smalling, Blind, Rojo; Carrick, Schneiderlin; Mata, Herrera, Memphis; Martial.
Absen: Lingard (suspended), Keane (groin), Rooney (knee), Shaw (ankle), Young (groin), Jones (ankle/foot)
Diragukan: Valencia (foot), Schweinsteiger (knee)
Terancam absen di pertandingan berikut karena kartu kuning: Smalling

17:46 WIB
Perbandingan MU dan Liverpool

Prestasi Liverpool di Eropa lebih unggul dari United: Mereka telah memenangkan lima Piala Eropa dibanding United tiga, dan tiga Piala UEFA,  United belum, dan tiga UEFA Piala Super,  United. Satu, tetapi MU  telah menangkap Cup Winners' Cup and European/South American Cup - yang Liverpool tidak pernah, dan tidak akan pernah.

Keberhasilan domestik United lebih baik dari Liverpool: MU 20-18  dalam hal juara liga Inggris, dan 11-7  Piala FA - meskipun Liverpool telah mengambil delapan Piala Liga,  United empat.

17:17 WIB
Panduan Kinerja

Panduan Kinerja
Liverpool tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan Eropa musim ini (M3 S5), dan belum pernah kalah dalam enam pertandingan UEFA di rumah  (M3 S3). Mereka tidak kalah dalam delapan pertandingan kandang UEFA Europa League (M5 S3) sejak kekalahan 3-2 oleh Udinese Calcio pada tahap grup 2012/13.

Rekor United di enam UEFA Liga Europa  sampai saat ini adalah M2 S0 K4 (M1 S0 K2 di rumah - M1 S0 K2 tandang).

Liverpool kalah dari Beikta JK lewat adu penalti di babak 32 tahun lalu  dan FC Zenit di babak yang sama dari penampilan sebelumnya di UEFA Liga Europa mereka, pada 2012/13. Para pemenang Piala UEFA 1973, 1976 dan 2001  berhasil mencapai babak 16 pada 2010/11, mengalahkan AC Sparta Praha sebelum kalah ke SC Braga.

United terakhir berkompetisi di Liga Europa UEFA pada 2011/12, sampai ke babak 16 Piala UEFA / Liga Eropa UEFA dan  satu-satunya trofi utama UEFA  yang Red Devils belum pernah menang - mereka mencapai perempat final 1984-1985  dalam perjalanan mereka yang paling sukses.

17:10 WIB
Pertemuan Sebelumnya

Pertemuan sebelumnya
Kedua  klub bertemu untuk pertama kalinya dalam kompetisi UEFA.

Kedua tim  telah bertemu di 166 pertandingan liga domestik (United  67-55 di depan dalam hal kemenangan) dan 18 kali di liga domestik (United 11-7 unggul  dalam hal Piala FA dan menang Piala Liga).

United telah memenangkan empat pertandingan di Premier League melawan Liverpool sejak kekalahan memalukan 3-0 di rumah  pada Maret 2014.

Pertemuan di babak 16 Liverpool  dengan rival domestik dalam kompetisi UEFA telah berakhir M4 S7 L5 (M4 S3 K1 di rumah - M0 S4 K4 tandang). Mereka tidak pernah memenangkan pertandingan UEFA tandang melawan rival dari Inggris.

Tujuh pertandingan United melawan tim-tim dari Inggris di Eropa telah berakhir M5 S1 K1 (M3 S0 K0 di Manchester - M2 S0 K1 tandang). Mereka tak terkalahkan dalam enam pertemuan terbaru dari jadwal mereka, termasuk imbang 1-1 dengan Chelsea di final 2008 UEFA Champions League, yang mereka menangi lewat adu penalti di wilayah netral di Moskow.

17:08 WIB
Partai Ke-195, Pertemuan Tersukses

Pertemuan kompetitif ke-195 antara keua tim, menurut UEFA, merupakan paling sukses di sepak bola Inggris, Liverpool menyambut Manchester United untuk pertemuan Eropa pertama mereka.
Salah satu persaingan paling terkenal di Inggris, bahkan dunia sepakbola akan dibawa ke tingkat yang baru saat Liverpool FC menyambut Manchester United FC di babak UEFA Europa League dari 16.

16:59 WIB
Louis van Gaal, Manajer Manchester United

Louis van Gaal, Manajer Manchester United
Anda harus menang - tidak ada perbedaan [antara liga dan pertandingan Piala]. United dan Liverpool selalu menjadi pertandingan besar. Ini sejarah dan bahkan lebih besar sekarang karena kedua tim berjuang untuk tempat di Liga Champions.

Saya melihat bahwa Anda memiliki pandangan negatif [Liga Europa UEFA di media Inggris], tetapi melawan tim seperti Midtjylland ada berapa banyak fans? 58.000. Para penggemar Manchester United  menghargai itu. Berapa banyak fans, saya pikir kami akan memiliki saat melawan Liverpool [untuk leg kedua di Old Trafford]? Mungkin 75.000. Saya pikir Anfield juga  terjual habis, Jadi itulah yang saya katakan - itu sangat penting bagi kedua tim dan para fans ingin melihat duel antara kami.

16:55 WIB
Jürgen Klopp, Manajer Liverpool

Jürgen Klopp, manajer Liverpool
Kau tahu aku percaya pengaruh penonton  - saya mencoba segalanya untuk menunjukkan kepada orang-orang yang kita lakukan untuk diri kita sendiri, tentu saja, tapi kami melakukannya untuk mereka, terutama. Kami benar-benar menikmati hubungan dengan orang banyak dan membantu, benar-benar tidak ada keraguan tentang hal itu. Kita bisa menciptakan suasana yang lebih baik di leg pertama dari di leg kedua di Manchester United.
Ini adalah bagian besar dari sepak bola - jika bukan bagian besar, kita bisa bermain tanpa pendukung di kandang. Mudah-mudahan kita menetapkan tingkat baru dalam sejarah Liverpool. Saya yakin itu tidak mungkin atau mudah [mengalahkan  Liverpool] penggemar lakukan di masa lalu, tapi karena aku di sini, tidak ada masalah.

Ini adalah  benar-benar permainan, benar-benar besar, tapi saya harap itu bukan yang terbesar dalam karir saya di Liverpool. Ini sangat penting dan masuk ke babak berikutnya, kami harus mengalahkan mereka - itu saja.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com/bbc.com/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper