Jadwal Coppa Italia Inter vs Juventus: Statistik Memihak Nyonya Tua

Inter Milan akan menjamu juara bertahan Juventus dalam pertandingan leg kedua semifinal Coppa Italia yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (3/3/2016) mulai pk. 02:45 WIB.
M. Syahran W. Lubis | 02 Maret 2016 20:19 WIB
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri (kiri) dan pelatih Inter Milan Roberto Mancini beradu taktik di semifinal Coppa Italia - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Inter Milan akan menjamu juara bertahan Juventus dalam pertandingan leg kedua semifinal Coppa Italia yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (3/3/2016) mulai pk. 02:45 WIB.

Namun, bekal sang tuan rumah sangatlah buruk, yakni kekalahan dengan skor telak 0-3 dalam laga leg pertama di Stadion Juventus di Kota Turin.

Pemenang laga dua leg semifinal antara Inter dan Juventus akan bertemu dengan AC Milan yang telah lebih dulu lolos ke partai puncak selepas menaklukkan Alessandria dengan skor agregat 6-0.

Laga kali ini merupakan pertemuan ke-31 Inter dan Juventus di pentas Coppa Italia. Berdasarkan data Opta, penyedia statistik olahraga, berikut data dan fakta yang menyelimuti kedua tim sebagaimana dilansir website resmi Inter.

Pertemuan sebelumnya:

Dari 31 pertemuan di Coppa Italia, Juventus lebih banyak menang dengan 31 kali berbanding Inter sembilan kali.

Ini akan menjadi leg kedua semifinal Coppa Italia untuk ketiga kalinya antara Inter dan Juventus. Dua partai sebelumnya, pada 1983 dan 2004, berkesudahan imbang yang mengantarkan Bianconeri, julukan Juve, ke final.

Sebelum leg pertama, Inter tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan melawan Juventus di Coppa Italia (tiga kali menang, empat kali imbang).

Juventus selalu mencetak gol di setiap tujuh pertemuan terakhir mereka kontra Inter di ajang Coppa.

Pertemuan sebelumnya di San Siro, Milan, Si Nyonya Tua, julukan Juventus, unggul tipis di setiap pertandingan Coppa Italia di kandang Inter. Bianconeri meraih enam kemenangan, berbanding lima kemenangan Inter. Lima lainnya seri.

Kedua tim selalu mencetak gol dalam lima pertemuan terakhir mereka di Coppa Italia di markas Inter.

Nerazzurri hanya satu kali gagal menorehkan gol dalam 13 pertandingan kandang terakhir piala kontra Juventus.

Kinerja terakhir:

Inter belum pernah meraih hasil seri di Coppa Italia sejak Mei 2011 (sembilan kali menang, enam kalah). Saat itu, juga leg kedua semifinal, yang berakhir 1-1 dengan AS Roma.

Nerazzurri memenangi 14 dari 16 partai kandang mereka di kompetisi ini. Dua lainnya berkesudahan satu kali seri dan satu kekalahan.

Inter mencetak gol dalam 19 dari 20 laga kandang terakhir mereka di Coppa Italia, hanya gagal mengemas gol saat menjamu Lazio pada 2008.

Nerazzurri pernah membalikkan defisit 0-3 dari leg pertama: Inter melibas Hellas Verona 5-1 setelah perpanjangan waktu dalam perempat final 1984-1985.

Juventus memenangi tujuh dari delapan pertandingan terakhir mereka di Coppa Italia (sisanya kalah satu kali), termasuk lima partai kandang terakhir. Bianconeri sudah melesakkan 21 gol selama periode tersebut, rata-rata 2.6 gol per laga.

Bianconeri belum kemasukan gol dalam tiga partai musim ini di Coppa: mereka hanya kejebolan satu gol dalam lima laga terakhir turnamen ini.

Statistik umum:

Juventus mampu menjaga clean sheet dalam semua tiga pertandingan mereka di Coppa Italia musim ini.

Tidak ada tim lawan yang melepaskan tembakan tepat sasaran lebih sedikit dibandingkan dengan dua ke gawang Juventus pada babak 16 besar lalu.

Hanya tim Alessandria (21) yang membiarkan tim lawan menciptakan tembakan lebih banyak daripada Inter (14) dalam periode yang sama di turnamen musim ini.

Juventus mencatat rata-rata enam tembakan tepat sasaran per laga dalam Coppa Italia musim ini.

Mancini menggunakan 22 pemain dalam tiga pertandingan timnya sejauh ini. Tak ada tim lain yang memakai jumlah lebih lebih banyak dari babak 16 Besar lalu.

Ini menjadi pertemuan antara dua tim dengan jumlah pencetak gol berbeda paling banyak (lima pemain) dari babak 16 besar lalu.

Fokus pemain:

Dalam leg pertama, Alvaro Morata mencetak dua gol (brace) kedua dari total tiga brace-nya untuk Juventus.

Brace pertama terjadi ketika menghadapi Parma di Serie A pada November 2014, kemudian catatan dobel gol lainnya saat bertemu Chievo Verona di kompetisi liga pada 31 Januari lalu.

Tidak ada pemain yang membantu terciptanya gol lebih banyak di Coppa Italia (dua gol, dua assist) ketimbang pemain asal Spanyol itu mulai dari babak 16 besar.

Paulo Dybala melesakkan dua gol dalam tiga partai Coppa Italia untuk Juventus. Dia pernah gagal menjebol gawang dalam empat partai sebelumnya bersama Palermo.

Dua gol bintang Argentina itu terjadi saat dia masuk dari bangku cadangan. Dia belum pernah menorehkan gol dalam ajang ini sebagai starter.

Apabila nanti mencetak gol, Mario Mandzukic bakal menjadi penggawa kedua Juventus sesudah Dybala yang mengoleksi gol dalam empat kompetisi berbeda musim ini.

Joao Miranda dan Jeison Murillo sedang diskorsing. Ini akan menjadi pertandingan kedua musim 2015-2016, Inter tidak diperkuat dua bek tengah tersebut (sebelumnya di Coppa Italia, menang 3-0 atas Cagliari).

Pelatih:

Roberto Mancini mengalami kekalahan dalam partai perdana Coppa Italia melawan Juventus di leg pertama semifinal. Sebelumnya, dia mencatat dua kemenangan dan dua kali seri dengan mereka.

Massimiliano Allegri belum pernah menghadapi Inter dalam ajang piala sebelum leg pertama semifinal musim ini, yang juga merupakan pertemuan pertama antara kedua pelatih di ajang Coppa.

Skorsing:

Inter: Murillo (1 pertandingan), Miranda (1)

Juventus: Tidak ada

Satu kartu kuning lagi masuk daftar kena skor:

Inter: Brozovic, Kondogbia, Medel.

Juventus: Bonucci, Chiellini, Dybala, Marchisio.

Sumber : Inter.it

Tag : juventus, inter milan, coppa italia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top