Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jadwal Liga Spanyol: Dendam Barca vs Celta, Madrid vs Teror Bilbao

Pentas Divisi Primer La Liga Spanyol memasuki rangkaian pertandingan matchday ke-24. Tiga laga yang pantas paling disorot tetap terarah kepada FC Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 Februari 2016  |  00:09 WIB
Athletic Bilbao siap menebar teror di Madrid - Reuters/Albert Gea
Athletic Bilbao siap menebar teror di Madrid - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA - Pentas Divisi Primer La Liga Spanyol memasuki rangkaian pertandingan matchday ke-24. Tiga laga yang pantas paling disorot tetap terarah kepada FC Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Barca menjamu Celta Vigo. Kondisi tamu sedang limbung setelah dalam tiga laga terakhir bukan hanya tak pernah menang, lebih dari itu hasilnya sangat ‘tidak pantas’ dengan kalah dari tim zona degradasi Las Palmas 1-2 di ajang La Liga dan dihabisi 0-4 oleh Sevilla di pentas Piala Raja Spanyol (Copa del Rey).

Hasil lumayan terakhir diraih Celta saat menjamu Sevilla di La Liga, tapi itu jelas bukan torehan bagus, mengingat status tuan rumah gagal dimanfaatkan secara maksimal.

Sebaliknya Barca sedang jaya-jayanya baik di Divisi Primer La Liga maupun di Copa del Rey yang ditandai dengan kemenangan supertelak 7-0 atas Valencia.

Kondisi buruk tim tamu besutan pelatih asal Argentina Eduardo Berizzo jelas akan menjadi ‘makanan empuk’ bagi tuan rumah berjuluk Blaugrana. Layak diperkirakan tim asuhan pelatih Luis Enrique akan menikmati kemenangan mudah, bahkan boleh jadi bakal terjadi pesta gol di Stadion Camp Nou.

Selain kondisi teknis itu, ada pula aspek nonteknis yang bisa menjadi 'bara api' bagi segenap punggawa Barcelona yakni kekalahan dalam pertemuan pertama pada September tahun lalu. Terlebih lagi kekalahan itu terjadi dengan skor telak 1-4 di kandang Celta. Tentu, ingatan soal kekalahan memalukan itu akan membangkitkan semangat Luis Suarez dan kawan-kawan untuk menuntut balasan setimpal.

Kemenangan mudah juga pantas diperoleh Atletico Madrid yang bertandang ke markas rival sekota, Getafe. Bertanding di Stadion Alfonso Perez agaknya bukan perkara sulit bagi tim besutan andalan lini belakang Timnas Argentina Diego Simeone.

Getafe sedang terguncang lantaran menelan kekalahan dalam tiga pertandingan terakhir di pentas Divisi Primer La Liga yakni 2-3 vs tim zona degradasi Granada, 0-1 saat menjadi tuan rumah vs Athletic Bilbao, dan dihajar 0-3 di kandang Malaga.

Kondisi Getafe semakin buruk lantaran gelandang Pablo Sarabia diragukan tampil akibat masih menjalani proses pemulihan cedera.

Berbeda dengan Barca dan Atletico, Real Madrid justru akan menjalani laga keras dan sulit meskipun bertindak sebagai tuan rumah melawan Athletic Bilbao.

Bilbao sedang on fire setelah tak pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir. Tapi bukan hanya soal teknis sepak bola, pertandingan antara Real Madrid dan Bilbao selalu diwarnai aspek yang sangat nonteknis berjauhan dari urusan sepak bola, namun menentukan hasil akhir laga.

Bilbao adalah ibu kota wilayah separatis Basque yang selalu menggaungkan kemerdekaan lepas dari kekuasaan Kerajaan Spanyol yang beribu kota di Madrid.

Basque memiliki kultur yang sangat berbeda dengan kebanyakan orang Spanyol. Mereka lebih dekat ke Prancis termasuk dari sisi bahasanya, bahkan nama-nama pemain mereka pun berbeda dengan umumnya nama Spanyol.

Bisa disebut Basque jauh lebih militan memperjuangkan kemerdekaannya ketimbang Katalunya—yang kultur dan bahasanya masih terhitung dekat dengan Spanyol—yang juga ingin lepas dari kekuasaan Madrid. Basque bahkan kerap kali melakukan pendekatan kekerasan untuk merdeka dari Spanyol.

Kebencian itu pula yang hampir selalu diperlihatkan Bilbao ketika bertemu Real Madrid. Cara yang diterapkan sering mengarah ke teror fisik. Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain yang paling sering menjadi korban intimidasi dan provokasi para pemain Bilbao, bahkan saat laga digelar di Madrid.

Berikut jadwal lengkap pertandingan matchday ke-24 (dalam WIB):

Sabtu, 13 Februari:

02:30   Sporting Gijon vs Rayo Vallecano

22:00   Real Madrid vs Athletic Bilbao

Minggu, 14 Februari:

00:15   Villarreal vs Malaga

02:30   Valencia vs Espanyol

04:00   Deportivo La Coruna vs Real Betis

18:00   Real Sociedad vs Granada

22:00   Sevilla vs Las Palmas

Senin, 15 Februari:

00:15   Eibar vs Levante

00:15   Getafe vs Atletico Madrid

02:30   Barcelona vs Celta Vigo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

real madrid barcelona liga spanyol atletico madrid athletico bilbao
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top