Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA PRANCIS: Bantai Lorient 3-1, PSG Bukukan Rekor Tak Terkalahkan

Striker asal Uruguay Edinson Cavani membayar kepercayaan pelatih Laurent Blanc saat membawa PSG membukukan rekor baru tak terkalahkan dengan menundukkan Lorient 3-1 di lanjutan Liga Inggris. Ini kemenangan ke-33 PSG.
Paris Saint-Germain/ESPN
Paris Saint-Germain/ESPN

Bisnis.com, PARIS - Striker asal Uruguay Edinson Cavani membayar kepercayaan pelatih Laurent Blanc saat membawa PSG membukukan rekor baru tak terkalahkan dengan menundukkan Lorient 3-1 di lanjutan Liga Inggris. Ini kemenangan ke-33 PSG.

Paris Saint Germain (PSG) mengukir rekor baru itu di Liga Prancis pada Rabu (3/2/2016) atau Kamis (4/2/2016). Kemenangan ini  memperpanjang laju tidak terkalahkannya menjadi 33 pertandingan dengan menang 3-1 atas Lorient di Parc des Princes.

Edinson Cavani dimainkan sebagai pemain inti oleh Laurent Blanc dan menjustifikasi keputusan pelatihnya itu dengan membuka gol saat pertandingan baru memasuki menit keenam. Lorient mampu memberikan perlawanan pada babak pertama, melalui gol penyama kedudukan yang ditorehkan Raphael Guerreiro.

Sang juara bertahan kembali unggul melalui gol Zlatan Ibrahimovic sepuluh menit setelah turun minum. PSG tidak berada dalam penampilan terbaiknya, namun Layvin Kurzawa membukukan gol ketiga mereka melalui sepakan kerasnya.

Blanc melakukan banyak perubahan, yakni enam pemain, dari tim yang menyamai rekor yang diukir Nantes 20 tahun silam dengan kemenangan di markas Saint-Etienne pada Minggu. "Kami sangat senang pada malam ini. Rekor ini ini benar-benar merupakan sesuatu," kata Blanc setelah timnya meraih kemenangan ke-14 secara berturut-turut, seperti dikutip Reuters.

"Mengenai pertandingan itu sendiri hati saya campur-aduk. Kami tidak berada dalam kendali total pada beberapa waktu tertentu." "Namun saya harus bertanggung jawab. Setelah merotasi tim, merupakan hal normal untuk mendapat beberapa masalah." Tidak diperlukan waktu lama bagi sang calon juara untuk membuka keunggulan, dan Cavani menepikan semua perasaan cemas yang mungkin timbul dengan mengejar umpan terobosan Ibrahimovic, mengecoh kiper Lorient Benjamin Lecomte dan memasukkan bola ke gawang yang kosong.

PSG tampil dominan pada awal pertandingan, dan setelah Ibrahimovic melepaskan tendangan bebas jarak jauh yang dapat digagalkan Lecomte, Marquinhos menanduk bola dari tendangan sudut namun masih melebar.

Tetapi Lorient memperlihatkan bahwa mereka berada di ibukota bukan untuk bertamasya, dan menyamakan kedudukan pada menit ke-19.

Melejit Sepakan tumit dari penyerang Majeed Waris membuat bek kiri Guerreiro dapat melejit, dan ia menyelesaikan peluang dengan menaklukkan kiper tuan rumah Kevin Trapp.

Lorient terus mencoba memberikan perlawanan, meski Lecomte harus kembali menepis bola mati dari Ibrahimovic.

Pemain asal Uruguay Cavani nyaris merestorasi keunggulan tuan rumah pada awal babak kedua, ketika ia mencungkil bola melewati Lecomte, namun bola memantul mengenai tiang gawang.

Beberapa saat kemudian PSG mematahkan kegigihan tamunya ketika penyerang tajam Ibrahimovic menyambar umpan silang Kurzawa untuk mengemas gol ke-20nya di liga musim ini.

Bek Kurzawa menjalani pertandingan fantastis saat ia kembali dari cedera yang memaksanya absen pada pertandingan di akhir pekan, dan ia menutup permainannya dengan sepakan voli untuk mengunci tiga angka bagi timnya.

Angel di Maria dan Cavani menyia-nyiakan peluang untuk menambahi gol keempat, sedangkan di sisi lain peluang Walid Mesloub digagalkan oleh Trapp.

Namun jual-beli serangan pada fase akhir pertandingan hanyalah catatan kaki pada kemenangan yang membawa PSG memasuki buku rekor dan membuat mereka tetap unggul 24 angka di puncak klasemen.

Dengan pertandingan krusial 16 besar Liga Champions melawan Chelsea dimulai pada 16 Februari, Blanc masih menginginkan perkembangan lebih lanjut.

"Kami dapat mencetak lebih banyak gol, namun Lorient juga dapat mencetak lebih banyak gol." "Saya senang dengan penampilan Cavani, namun secara individu dan sebagai tim kami semestinya dapat lebih baik, dan termasuk diri saya sendiri."

HASIL LAIN

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Alexandre Lacazette mencetak dua gol ketika Lyon mengamankan kemenangan 3-0 atas Bordeaux untuk mengukir kemenangan kedua mereka dari 11 pertandingan.

Lacazette mencetak gol empat menit sebelum turun minum di Parc OL sebelum gol-gol cepat dari Lacazette dan Aldo Kalulu pada fase akhir pertandingan memastikan pasukan Bruno Genesio mengakhiri laju tujuh pertandingan tidak terkalahkan milik Bordeaux.

Pemain internasional Prancis Mathieu Debucby melakukan debutnya untuk Bordeaux menyusul peminjamannya dari Arsenal, sedangkan penyerang Uruguay Diego Rolan memiliki dua peluang yang dapat digagalkan kiper Lyon Anthony Lopes.

Lyon mendaki ke paruh atas klasemen, melampaui tim peringkat kesepuluh Bordeaux dengan keunggulan selisih gol, dan tertinggal enam angka dari zona Liga Champions.

Nice menggeser Angers di peringkat ketiga ketika Hatem Ben Arfa mengemas gol ke-11nya di musim ini dengan kemenangan 1-0 atas Toulouse, sedangkan Angers takluk 1-2 di markas Reims.

Nantes memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka menjadi sepuluh pertandingan menyusul kemenangan 3-1 atas Gazelec Ajacio, Guingamp menang 4-0 atas tim papan bawah Troyes, dan Lille menang 1-0 atas Caen.

Pada Selasa, Monaco mengencangkan genggaman mereka kepada peringkat kedua dengan kemenangan 2-0 atas Bastia, sedangkan Marseille menang 1-0 di markas Montpellier untuk mendorong laju tidak terkalahkan mereka di liga menjadi 11 pertandingan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/AFP/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper