Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Ingin Penyelenggaraan Kualifikasi PON Segera Diperjelas

Pelatih tim sepak bola PON XIX/2016 Jawa Barat Warta Kusuma mendesak agar segera ada kejelasan terkait dengan penyelenggaraan babak kualifikasi dan materi pemain untuk seleksi tahap awal cabang olahraga tersebut.
PON Jawa Barat/Antara
PON Jawa Barat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih tim sepak bola PON XIX/2016 Jawa Barat Warta Kusuma mendesak agar segera ada kejelasan terkait dengan penyelenggaraan babak kualifikasi dan materi pemain untuk seleksi tahap awal cabang olahraga tersebut.

"Perlu ada kejelasan dan ketegasan terkait babak kualifikasi, juga materi pemainnya juga harus jelas apakah pemain yang turun di kompetisi profesional bisa turun atau tidak," kata Warta Kusumah di Bandung pada Senin (26/10/2015)..

Dia mengemukakan tim-tim peserta, termasuk Jabar yang menjadi tuan rumah PON XIX/2016 kebingungan dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Akibatnya, dia belum bisa menetapkan formasi tim secara pasti. Meski demikian, dia mengaku telah menyiapkan dua formasi tim yakni yang bermaterikan pemain amatir dan tim dengan sisipan yang turun di liga profesional.

"Saya berharap keputusan secepatnya segera keluar, pasalnya untuk menentukan tim bukan hal yang gampang, meski untuk babak kualifikasi sekalipun," kata mantan pemain era 1980-an itu.

Dia menyebutkan sebagai tuan rumah, sebenarnya tidak ada masalah karena sudah dipastikan lolos ke PON XIX/2016. Namun kejelasan regulasi pertandingan PON sangat penting ada kejelasan karena menyangkut strategis.

"Kami tidak bisa berleha-leha karena sudah pasti tampil di PON sebagai tuan rumah, sebaliknya kita harus melakukan persiapan lebih baik dibandingkan tim lain," katanya.

Tim Jabar saat ini melakukan persiapan dan latihan di Lapangan Lodaya Kota Bandung dan di sejumlah lokasi lainnya. Formasi tim masih sebanyak 30 pemain, dan nantinya akan disesuaikan dengan kuota yang ditetapkan oleh KONI Jabar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Asprov PSSI Jabar Adeng Hudaya yang berharap dinamika yang terjadi di cabang sepak bola jelang babak kualifikasi tidak berpengaruh terhadap para pemain.

"Ya harus ada ketegasan dan kejelasan secepatnya, jangan sampai ada keputusan mendadak. Dampaknya jelas ada, bagi pemain juga, namun diharapkan tidak terpengaruh dan tetap latihan," kata Adeng yang mantan kapten tim Persib Bandung.

Tuan rumah Jabar menargetkan juara umum PON XIX/2016, sekaligus menyandingkan dengan juara atau medali emas cabang sepak bola. Pada PON XVIII/2012 di Riau, Jabar hanya mampu menembus semifinal setelah kalah dari Kaltim. Kaltim meraih medali emas setelah mengalahkan Sumatra Utara di final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper