Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Kualifikasi Euro 2016: Jerman, Polandia, Rumania, Albania ke Prancis

Jerman, Polandia, Rumania, dan Albania bergabung ke dalam tim yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis.
Timnas Polandia berpesta setelah lolos ke putaran final Euro 2016/Reuters-Kacper Pempel
Timnas Polandia berpesta setelah lolos ke putaran final Euro 2016/Reuters-Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Jerman, Polandia, Rumania, dan Albania bergabung ke dalam tim yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis pada pertengahan tahun depan setelah menang dalam matchday ke-10 atau terakhir yang digelar hingga Senin pagi WIB (12/10/2015).

Untuk klasemen lengkap kualifikasi Euro 2016 silakan klik di sini.

Jerman menundukkan tamunya Georgia dengan skor tipis 2-1 di Grup D babak kualifikasi dalam pertandingan di Stadion Red Bull Arena di Leipzig.

Kedua gol tuan rumah dicetak oleh Thomas Muller dari titik penalti pada menit ke-50 dan Max Kruse menit 79. Hebatnya, Kruse mencetak gol hanya 3 menit setelah masuk lapangan menggantikan Andre Schurrle.

Adapun, gol semata wayang milik Georgia yang sempat membuat menyamakan skor menjadi 1-1 dihasilkan Jaba Kankava 3 menit setelah gol Muller.

Dari Grup D ini, Republik Irlandia sebagai peringkat ketiga masuk jalur play off untuk berebut satu tiket melawan tim peringkat tiga dari grup lain. Tim yang akan saling berhadapan akan diundi, kecuali satu saja tim peringkat ketiga terbaik akan langsung lolos ke Prancis.

Di Grup F, dalam pertandingan yang digeber di Stadion Tórsvøllur di Tórshavn, Rumania menggebuk tuan rumah Kepulauan Faroe dengan skor telak 3-0 lewat kontribusi gol dari Constantin Budesco pada menit 4 dan 45 serta Alexandru Maxim menit 83.

Dari grup ini, Hongaria, yang kalah 3-4 dari tuan rumah Yunani dalam laga terakhir, ada di posisi ketiga. Dengan posisi sebagai yang terbaik (nilai 16) di antara tim peringkat tiga dari sembilan grup, Hongaria berpeluang lolos langsung—bersama juara dan runner up setiap grup—ke putaran final di Prancis.

Satu-satunya tim yang secara matematis masih bisa menggusur Hongaria dari posisi tim peringkat tiga terbaik ialah Ukraina yang kini menempati peringkat ketiga Grup C. Namun, tak mudah bagi Ukraina untuk merealisasikannya, karena mereka harus menghadapi juara bertahan Spanyol dalam laga terakhir.

Sementara itu, di Grup I, Albania menggusur Denmark dari posisi kedua untuk memastikan tiket langsung ke putaran final Euro 2016 setelah menundukkan tuan rumah Armenia dengan skor telak 3-0 di Stadion Vazgen Sargsyan di Yerevan berkat tiga gol bunuh diri pemain Armenia Karno Hovhannisyan pada menit 9 serta gol Berat Djimsiti (23’) dan Armando Sadiku (76’).

Dengan demikian Denmark menempati peringkat ketiga dan masuk jalur play off untuk ikut meraih satu dari empat tiket yang diperebutkan delapan tim peringkat tiga dari sembilan grup.

Dengan berakhirnya pertandingan kualifikasi Grup D, F, dan I, di luar Prancis yang lolos otomatis sebagai tuan rumah, sudah 15 tim yang mendapat tiket ke putaran final Euro 2016 yakni Eslandia, Republik Ceska (Grup A), Belgia, Wales (C), Spanyol (C), Jerman, Polandia (D), Inggris, Swiss (E), Irlandia Utara, Rumania (F), Austria (G), Italia (H), dan Portugal, Albania (I).

Hasil lengkap pertandingan kualifikasi yang berlangsung sejak Minggu malam hingga Senin pagi WIB:

GRUP D

01:45   Jerman 2 vs Georgia 1

01:45   Gibraltar 0 vs Skotlandia 6

01:45   Polandia 2 vs Republik Irlandia 1

GRUP F

23:00   Kepulauan Faroe 0 vs Rumania 3

23:00   Finlandia 1 vs Irlandia Utara 1

23:00   Yunani 4 vs Hongaria 3

GRUP I

23:00   Armenia 0 vs Albania 3

23:00   Serbia 1 vs Portugal 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper