Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LIGA BELANDA: Ajax Ternoda, PSV Pesta 6 Gol

Ajax Amsterdam gagal menjaga kesempurnaan berupa kemenangan beruntun di empat laga awal liga utama Belanda (Eredivisie) musim ini setelah pada pertandingan pekan kelima ditahan seri 2-2 oleh tim lemah Twente.
Pelatih Ajax Amsterdam Frank de Boer/Reuters-Gonzalo Fuentes
Pelatih Ajax Amsterdam Frank de Boer/Reuters-Gonzalo Fuentes

Bisnis.com, JAKARTA - Ajax Amsterdam 'ternoda' dan gagal menjaga kesempurnaan berupa kemenangan beruntun di empat laga awal liga utama Belanda (Eredivisie) musim ini setelah pada pertandingan pekan kelima ditahan seri 2-2 oleh tim lemah Twente.

Dalam pertandingan pada Minggu dini hari WIB (13/9/2015), Ajax bahkan sempat tertinggal 0-2 dari tuan rumah yang sebelumnya hanya bisa meraih satu angka dari empat laga. Beruntung skuat asuhan Frank de Boer bisa mencetak dua gol balasan, termasuk satu lewat penalti, untuk memaksakan skor 2-2.

Dipimpin wasit Pol van Boekel, Twente, yang ditangani asisten pelatih Rene Hake setelah pelatih Alfred Schreuder dipecat akhir bulan lalu, sempat memimpin 2-0 lewat gol pemain Chile Felipe Gutierrez pada menit 20 dan penalti gelandang berdarah Maroko Hakim Ziyech saat babak kedua berjalan 6 menit.

Ajax, yang finis di peringkat kedua Eredivisie musim lalu, bangkit setelah muncul gol balasan dari pemain pengganti asal Denmark Viktor Fischer pada menit ke-65. Fischer 9 menit sebelumnya masuk menggantikan Arkadiusz Milik.

Gelandang Nemanja ‘Neno’ Gudelj akhirnya menyelamatkan Ajax dari kekalahan meskipun akhirnya juga harus kehilangan angka akibat hanya bisa seri. Pemain Timnas Serbia itu sukses mengkonversi hadiah penalti menjadi gol hanya 8 menit menjelang laga di Stadion De Grolsch Veste di Kota Enschede itu usai.

Dengan hasil tersebut, Ajax gagal memelihara kesempurnaan yang didapat dalam empat kaga terdahulu yang selalu dimenanginya yakni dengan skor telak 3-0 di kandang AZ Alkmaar, juga 3-0 saat menjamu Willem II Tilburg, 2-0 atas NEC Nijmegen, dan menang telak lagi 4-0 atas ADO Den Haag.

Dalam pertandingan pekan kelima lainnya, AZ Alkmaar, yang musim lalu finis di posisi ketiga, akhirnya mencatat kemenangan pertama pada musim ini setelah mengalahkan tim promosi De Graafschap, yang memang selalu kalah dalam empat terdahulu, dengan skor 3-1.

Main di Stadion De Vijverberg di Doetinchem, markas De Graafschap, Markus Henriksen jadi pahlawan AZ dengan dua golnya pada menit 63 dan 65 setelah rekan setimnya Rajko Brezancic membuka skor pada menit ke-13, namun sempat disamakan 1-1 lewat gol Nathaniel Will semenit sebelum jeda.

Sementara itu juara bertahan PSV Eindhoven menang telak dengan skor 6-0 atas tuan rumah Cambuur di Stadion Cambuur di Kota Leeuwarden. Luuk de Jong mencetak hattrick pada menit 9 lewat penalti serta menit 12 dan 42.

Pemain pengganti Jurgen Locadia mengontribusi dua gol pada menit 74 dan 89, sedangkan satu gol lainnya dihasilkan Davy Propper pada menit ke-56. Locadia baru masuk pada menit 62 menggantikan Maxime Lestienne.

Kemenangan telak PSV itu juga dipangaruhi oleh kekuatan lini belakang tuan rumah yang sejak menit ke-8 harus main dengan 10 orang akibat gelandang Sander van de Streek mendapat hukuman kartu merah dari wasit Kevin Blom setelah melanggar De Jong di kotak penalti yang berbuah tendangan 12 pas.

Hasil pertandingan pekan kelima Eredivisie yang berlangsung hingga Minggu dini hari WIB:

De Graafschap 1 vs AZ Alkmaar 3

Roda JC 0 vs NEC Nijmegen

Twente 2 vs Ajax Amsterdam 2

Cambuur Leeuwarden 0 vs PSV Eindhoven 6

PEC Zwolle 3 vs Excelsior 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper