Ruud Gullit di Ambon, Tekankan Pentingnya Pembinaan Usia Dini

Legenda sepak bola dunia asal Belanda Ruud Gullit menekankan pentingnya pembinaan sepak bola sejak usia dini.
Newswire | 02 September 2015 07:27 WIB
Legenda sepak bola dunia asal Belanda Ruud Gullit (kiri), didampingi Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (tengah) dan Director of Total Football Indonesia Roga (kanan), memberi keterangan pers terkait dengan kunjungannya di Ambon, Maluku. Kunjungan Ruud Gullit ke Ambon difasilitasi Total Football Indonesia bekerja sama dengan Pemkot Ambon, sebagai bagian promosi kota sekaligus meningkatkan semangat bersepak bola di Maluku. - Antara/Embong Salampessy

Bisnis.com, AMBON - Legenda sepak bola dunia asal Belanda Ruud Gullit menekankan pentingnya pembinaan sepak bola sejak usia dini.

"Pembinaan dan pelatihan harus dimulai sejak dini yakni anak usia 14-15 tahun. Usia seperti ini sangat baik karena anak belajar memahami teknik dasar diimbangi latihan yang rutin," katanya saat mengunjungi Ambon, Maluku, pada Selasa (1/9/2015).

Dia mengatakan tidak mudah melatih sepak bola jika tidak ditunjang latihan yang rutin serta pelatih yang baik yang menguasai teknik.

Selain itu juga sangat penting memiliki pelatih yang baik, karena jika pelatih hanya menerapkan latihan tanpa teknik bermain akan sia-sia.

"Saya belum pernah melihat permainan sepak bola tim Indonesia, tapi saya yakin para pemain dan pelatih Indonesia memiliki teknik dan strategi yang luar biasa," katanya.

Dia ,enuturkan lingkungan dan pengetahuan juga merupakan faktor penentu prestasi sepak bola suatu negara.

"Sangat penting menciptakan lingkungan yang baik untuk menumbuhkan bakat pemain. Jangan bermain dengan perasaan, tetapi pengetahuan yang baik untuk mengorganisir suatu tim," kata mantan pemain AC Milan itu.

Gullit menjelaskan kunjungan ke Ambon juga dimanfaatkan untuk melihat perkembangan sepak bola di Indonesia. "Saya optimistis sepak bola di Indonesia akan jauh lebih baik sehingga bisa melangkah ke kompetisi yang lebih besar di tingkat Internasional."

Kunjungan Gullit ke Ambon juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-53. Kehadirannya bersama keluarga selain untuk bertemu dengan pendukung tetapi memberikan kontribusi untuk kegiatan lokal di Indonesia.

"Kesempatan kunjungan ke Ambon saya ingin melakukan sesuatu yang membawa kontribusi positif bagi masyarakat Ambon," ungkapnya.

Sumber : Antara

Tag : ac milan, timnas belanda
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top