Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LIGA CHAMPIONS: Klub Legendaris Ajax Amsterdam Tersingkir

Klub legendaris Belanda Ajax Amsterdam tersingkir dari pentas Liga Champions Eropa. Dalam laga leg kedua babak kualifikasi tahap ketiga, Ajax kalah dengan skor tipis 2-3 atas klub Austria Rapid Wina pada Rabu dini hari WIB (5/8/2015).
Para pemain Rapid Wina bersuka cita selepas menjebol gawang Ajax Amsterdam/ESPN
Para pemain Rapid Wina bersuka cita selepas menjebol gawang Ajax Amsterdam/ESPN

Bisnis.com, JAKARTA - Klub legendaris Belanda Ajax Amsterdam tersingkir dari pentas Liga Champions Eropa. Dalam laga leg kedua babak kualifikasi tahap ketiga, Ajax kalah dengan skor tipis 2-3 atas klub Austria Rapid Wina pada Rabu dini hari WIB (5/8/2015).

Dengan kekalahan di kandang sendiri di Amsterdam Arena itu, Ajax, juara Liga Champions (Piala Champions) empat kali pada 1971, 1972, 1973, dan 1995, kalah dengan skor agregat 4-5 dari Rapid Wina, sehingga klub Austria itulah yang berhak maju ke fase play off.

Tim-tim lainnya yang juga maju ke babak playoff adalah AS Monaco, Dinamo Zagreb, dan APOEL Nicosia.

Ajax yang lima kali lolos ke fase grup Liga Champions gagal memperpanjang catatannya menjadi enam kali setelah takluk di kandangnya sendiri setelah pada leg pertama menahan seri 2-2 Rapid Vienna.

Ajax sempat menyusul 2-2 berkat gol Arkadiusz Milik dan Nemanja Gudelj yang menyamakan dua gol Robert Beric dan Louis Schaub, namun pada menit 77 Schaub menjadi pahlawan lolosnya Rapid ke playoff.

Di Stade Louis II, tuan rumah AS Monaco mencukur wakil Swiss, Young Boys, dengan skor 4-0 pada leg kedua ini, sedangkan pada leg pertama pekan lalu sudah menang 3-1 sehingga lolos dengan agregat 7-1.

Pemain pinjaman dari AC Milan Stephan El Shaarawy menciptakan salah satu dari empat gol Monaco, sedangkan tiga gol lainnya dibagi rata Ivan Cavaleiro, Layvin Kurzawa, dan Anthony Martial.

Di Aker Stadion, Norwegia, tuan rumah Molde menyianyiakan dua tendangan penalti dan harus kehilangan Vegard Forren sehingga disisihkan Dinamo Zagreb yang lolos karena unggul selisih gol tandang dalam agregat 4-4.

Pada leg kedua kedua tim seri 3-3 di mana Zagreb sudah memimpin 3-0 sampai menit 43 lewat tiga gol dari Marko Pajac, Arijan Ademi dan Marko Rog.

Molde secara heroik menyamakan kedudukan lewat gol menit 43 Etzaz Hussain, dan dua gol babak kedua dari Mohammed Elyounoussi, dan Ola Kamara.  Tetapi hasil itu menolong mereka untuk lolos ke playoff.

Tuan rumah APOEL juga lolos berkat unggul selisih gol tandang meski kalah 0-1 (agregat 2-2) pada pertandingan leg kedua karena pada leg pertama pekan lalu sudah mengantongi kemenangan 2-1 di kandang FC Midtjylland, Denmark.

Midtjylland langsung menggebrak dan menciptakan gol pada menit ketiga saat Erik Sviatchenko menanduk bola hasil sepak pojok Jakob Poulsen.  Namun kendati surplus satu pemain setelah Vinicius diusir ke luar lapangan, Midtjylland gagal menambah gol sehingga perjalanan terhenti pada babak kualifikasi ketiga ini.

Berikut hasil laga leg kedua kualifikasi ketiga Liga Champions Rabu dini hari WIB lalu, dikutip dari laman UEFA:

1. Di Amsterdam, Belanda: Ajax Amsterdam 2, Rapid Vienna (Austria) 3: Vienna lolos ke playoff dengan agregat 5-4

2. Di  Monaco: AS Monaco 4, Young Boys (Swiss) 0: Monaco lolos ke playoff dengan agregat 7-1

3. Di Molde, Norwegia: Molde 3, Dinamo Zagreb (Kroasia) 3: Zagreb lolos ke playoff unggul selisih gol tandang dalam agregat 4-4

4. Di Nicosia, Siprus: APOEL 0, Midtjylland (Norwegia) 1: APOEL lolos ke playoff unggul selisih gol tandang dalam agregat 2-2

Jadwal leg kedua Kamis dini hari WIB:

- Sparta Praha (2-2) CSKA Moscow; kedudukan sementara 2-2

- Club Brugge (1-2) Panathnaikos; kedudukan sementara 1-2

- Shakhtar Donetsk (0-0) Fenerbahçe; kedudukan sementara 0-0

- Astana vs HJK Helsinki; kedudukan sementara 0-0

- Qaraba vs Celtic; kedudukan sementara 0-1

- BATE Borisov vs Videoton; kedudukan sementara 1-1

- FC Basel  vs Lech Pozna; kedudukan sementara 3-1

- Partizan vs Steaua Bucharest; kedudukan sementara 1-1

- Malmo vs Salzburg; kedudukan sementara 0-2

- Viktoria Plzevs Maccabi Tel-Aviv; kedudukan ssementara 2-1

- Skenderbeu vs Milsami Orhei; kedudukan sementara 2-0

Bye ke play-off: Valencia, Manchester United, Bayer Leverkusen, Lazio, Sporting Lisbon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper