PIALA SUPER JERMAN: Wolfsburg Juara, Tekuk Bayern Munchen 4-5

Juara Piala Jerman Wolfsburg menaklukkan juara Liga Bayern Munich melalui adu penalti untuk memenangi Piala Super domestik pertama mereka di Volkswagen Arena pada Sabtu (1/8/2015).
Martin Sihombing | 02 Agustus 2015 06:04 WIB
Bayern Munchen - Reuters/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, WOLSBURG -  Juara Piala Jerman Wolfsburg menaklukkan juara Liga Bayern Munich melalui adu penalti untuk memenangi Piala Super domestik pertama mereka di Volkswagen Arena pada Sabtu (1/8/2015).

Gol Arjen Robben yang diciptakan dari jarak dekat pada babak kedua terlihat akan mengamankan kemenangan untuk Bayern, yang mencari kesuksesan perdana mereka di Piala Super sejak 2012 setelah sebelumnya menelan kekalahan-kekalahan dari Borussia Dortmund.

Namun pemain pengganti Nicklas Bendtner -- yang hanya mengemas satu gol dari 18 penampilan di liga musim lalu untuk Wolves -- menyamakan kedudukan pada menit ke-89 setelah mendapat umpan silang dari pemain internasional Belgia Kevin De Bruyne.

Dengan tidak dimainkannya perpanjangan waktu, pertandingan langsung dilanjutkan ke adu penalti di mana Xabi Alonso menjadi pemain yang gagal menunaikan tugasnya bagi Bayern asuhan Pep Guadiola, yang harus menelan kekalahan 4-5.

Sepakan Alonso -- eksekutor penalti kedua Bayern -- dapat ditahan melalui kaki kiper Wolfsburg yang berasal dari Belgia Koen Casteels, sedangkan kelima pemain Wolfsburg yang dilatih Dieter Hecking sukses menjalankan tugas-tugasnya.

Mantan penyerang Arsenal Bendtner juga mengonversi penalti kemenangan untuk menghiasi penampilan apiknya, ketika Wolfsburg mengamankan trofi pertama musim ini.

Bayern menghadapi pertandingan ini sebagai tim favorit meski laga ini dimainkan di kandang runner up Liga Jerman musim lalu Wolfsburg, yang mengalahkan tim Bavaria itu dengan skor 4-1 pada pertemuan terakhir mereka di lapangan ini.

Pada pertandingan yang dimainkan sebelum musim Liga Jerman antara juara liga melawan juara piala, kedua tim berkontribusi pada fase awal permainan yang berlangsung menarik dengan operan-operan mulus dan pergerakan yang cair.

Wolfsburg -- yang finis dengan tertinggal sepuluh angka dari Bayern pada musim lalu -- tidak dapat meraih keunggulan pada menit ke-32 ketika umpan silang Ivan Perisic membingungkan para pemain bertahan Bayern namun bola dapat ditinju oleh kiper internasional Jerman Manuel Neuer.

Namun Bayern mulai memperlihatkan kekuatan mereka melalui gaya bermain yang mengandalkan penguasaan bola, dan mereka unggul saat babak kedua baru berlangsung empat menit.

Pemain asal Brazil Douglas Costa -- yang didatangkan dengan transfer 30 juta euro dari Shakhtar Donetsk pada musim panas -- melepaskan tembakan yang ditahan Casteels, namun bola kemudian bergulir ke jalur pergerakan penyerang internasional Belanda Robben, yang dengan mudah memasukkan bola ke gawang.

Namun saat Bayern terlihat akan menjadi pemenang, Wofsburg menyamakan kedudukan satu menit sebelum tambahan waktu.

Mantan pemain Chelsea De Bruyne -- yang menyumbang 28 assist untuk Wolves musim lalu -- melepaskan umpan silang menuju Bendtner yang membelokkan bola melewati Neuer untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Adu penalti berakhir dengan kemenangan 5-4 bagi Wolfsburg.

Ini merupakan kekalahan beruntun ketiga bagi Bayern di Piala Super, yang menjadi satu-satunya trofi domestik yang belum pernah dimenangi Guardiola sepanjang masa kerjanya di Allianz Arena.

Para pemain di kedua tim mengenakan pita hitam sepanjang pertandingan, setelah kematian putra legenda Bayern Franz Beckenbauer, yang meninggal dunia pada Sabtu di usia 46 tahun karena sudah lama sakit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bayern munchen

Sumber : Antara/AFP

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top