Jerome Valcke Dituding Terlibat Skandal Suap, Ini Pembelaan FIFA

Jerome Valcke Dituding Terlibat Skandal Suap, Ini Pembelaan FIFA
Newswire | 02 Juni 2015 18:13 WIB
Markas besar FIFA di Zurich, Swiss - Reuters/Ruben Sprich

Bisnis.com, JAKARTA - FIFA mengaku pihaknya memang memproses pembayaran dana 10 juta dolar AS dari Afrika Selatan kepada seorang pejabat sepak bola namun membantah Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke terlibat di dalamnya.

FIFA mengaku diminta pemerintah Afrika Selatan untuk "menahan" uang yang dimaksudkan untuk penyelenggara Piala Dunia 2010 dan mengirimkannya ke sebuah proyek pengembangan sepak bola di Karibia oleh pejabat bernama Jack Warner.

Menurut AFP, pernyataan FIFA ini adalah salvo terbaru dari badan sepak bola dunia melawan pihak berwajib AS mengenai skandal korupsi besar yang diduga terjadi di lembaga ini.

Sebelumnya New York Times melaporkan para pihak berwajib AS mengatakan bahwa Valcke, tangan kanan Presiden FIFA Sepp Blatter, telah mengotorisasi transfer uang sejumlah itu yang jatuh ke tangah Warner yang saat itu ketua konfederasi sepak bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF).

Warner adalah salah seorang dari 14 pejabat sepak bola, termasuk dua Wakil Presiden FIFA, yang menghadapi dakwaan di Amerika Serikat karena terlibat dalam suap 150 juta dolar AS.

FIFA berkilah pihaknya hanyalah berlaku sebagai perantara antara Afrika Selatan, yang tengah bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010, dengan sebuah proyek "untuk membantu diaspora Afrika di negara-negara Karibia".

FIFA menyatakan baik Valcke maupun anggota senior manajemen FIFA tidak terlibat dalam inisiasi, persetujuan dan implementasi dalam transfer 2007 dari Afrika Selatan kepada Warner.

"Pembayaran sejumlah 10 juta dolar AS itu disahkan oleh kepala komite keuangan saat itu dan dieksekusi sesuai dengan aturan organisasi FIFA," sambung FIFA.

"FIFA tidak mengenakan beban apa pun sebagai hasil dari permohonan Afrika Selatan itu karena dana tersebut milik komite penyelenggara lokal."

FIFA menambahkan, komite penyelenggara dan Asosiasi Sepak Bola Afrika Selatan "telah mematuhi formalitas-formalitas tertentu bagi amandemen anggaran."

New York Times, mengutip para penegak hukum AS, menyatakan pembayaran senilai 10 juta dolar AS itu adalah bagian krusial dari dakwaan terhadap 14 pejabat sepak bola dan eksekutif pemasaran sepak bola

Sumber : Antara

Tag : fifa
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top