Barcelona Vs Juve: Sejarah Barca Lawan Tim Italia di Final, 2-1 Untuk Blaugrana

Barcelona Vs Juve: Sejarah Barca Lawan Tim Italia di Final, 2-1 Untuk Blaugrana
Andhika Anggoro Wening | 02 Juni 2015 14:26 WIB
Trio maut FC Barcelona (dari kiri ke kanan) Luis Suarez, Lionel Messi, dan Neymar da Silva Jr - Reuters/Gustau Nacarino

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona telah bertemu tim Italia sebanyak tiga kali sepanjang sejarah final kompetisi di Eropa. Yang pertama yaitu melawan Sampdoria di musim 1988/89 di European Cup Winners yang dimainkan di Berne, Swiss.

Gol dari Julio Salinas dan López Rekarte membawa Blaugrana mengalahkan tim Italia tersebut dan sekaligus yang ketiga mereka di kompetisi tersebut.

Tiga tahun kemudian, sekali lagi Sampdoria menjadi lawan Barca di final kompetisi Eropa. Kali ini adalah final Liga Champions di Stadion Wembley yang terkenal.

Gol tercipta dari tendangan gelandang Barca, Ronald Koeman di perpanjangan waktu. Gol ini cukup bagi untuk Barça memenangkan Piala Eropa pertama mereka. 20 Mei 1992 akan selalu menjadi tanggal penting bagi sejarah Klub.

Final terakhir kalinya melawan tim Italia adalah 21 tahun lalu. Di tahun 1994 di final Liga Champions, FC Barcelona berhadapan dengan AC Milan. Blaugrana gagal mengangkat trofi kedua mereka di kompetisi tersebut setelah dikalahkan dengan skor 0-4 di Athens dari tim yang diasuh oleh Fabio Capello saat itu.

Barcelona akan kembali menghadapi wakil asal Italia, Juventus, di stadion Olympia, Berlin, pada 7 Juni mendatang di final Liga Champions.

Sumber : FC Barcelona

Tag : barcelona
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top