Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIMNAS ITALIA, Conte Dapat Tentangan Pakai Pemain 'Asing'

Menjelang laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016) melawan Bulgaria dan uji coba kontra Inggris, Timnas Italia dilanda dua pandangan berbeda tentang penggunaan pemain asing.
Antonio Conte/Reuters-Darrin Zammit Lupi
Antonio Conte/Reuters-Darrin Zammit Lupi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016) melawan Bulgaria dan uji coba kontra Inggris, Timnas Italia dilanda dua pandangan berbeda tentang penggunaan pemain ‘asing’.

Pelatih Timnas Italia Antonio Conte percaya bahwa pemain keturunan Italia tetapi lahir di luar negeri bebas untuk memutuskan apakah mereka akan membela skuat berjuluk Azzurri.

Conte telah memanggil sejumlah pemain keturunan Italia tapi lahir di luar negeri untuk meladeni Bulgaria dan Inggris. Mantan pemain Juventus itu telah memasukkan pemain kelahiran Argentina Franco Vasquez dan pemain kelahiran Brasil Eder dalam tim binaannya.

Kedua pemain itu berhak memiliki paspor Italia karena memang masih keturunan negara tersebut. “Ini bukan pertama kali (memanggil pemain keturunan Italia) dan bukan juga yang terakhir,” kata Conte pada Senin (23/3/2015). Ibu Vazquez kelahiran Padua, sedangkan kakek Eder berasal dari Treviso.

Dia menyebutkan nama Mauro Camoranesi yang kelahiran Argentina ikut memenangi Piala Dunia 2006 bersama Italia. Begitu juga dengan Christian Ledesma, Gabriel Paletta (keduanya Argentina), Thiago Motta, Amauri Carvalho, dan Romulo Souza (ketiganya Brasil) pernah memperkuat Timnas Italia.

“Pada Piala Dunia terakhir, dari 736 pemain terdapat 83 yang lahir di negara yang berbeda dengan yang dibelanya,” kata Conte.

Pendapat berbeda dilontarkan Roberto Mancini, pelatih Inter Milan yang sebelum penunjukan Conte sempat disebut-sebut sebagai salah satu calon pengganti Cesare Prandelli untuk melatih Timnas Italia, bahkan dia telanjur meninggalkan klub Turki Galatasaray.

Menurut senior Conte saat bermain di Timnas Italia itu, pemain kelahiran Italia lebih berhak bermain untuk Azzurri.

“Siapa pun yang tidak lahir di Italia, meskipun dia mungkin memiliki kerabat Italia, seharusnya tidak diperbolehkan untuk bermain. Setidaknya ini adalah pendapat saya,” kata Mancini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper