Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANTONIO CONTE Diduga Terlibat Pengaturan Skor Serie A

elatih Timnas Italia Antonio Conte dan pelatih Atalanta Stefano Colantuono termasuk di antara 130 nama yang diduga terlibat dalam pengaturan skor di Serie A.
Pelatih Timnas Italia Antonio Conte/Reuters-Darrin Zammit Lupi
Pelatih Timnas Italia Antonio Conte/Reuters-Darrin Zammit Lupi

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Italia Antonio Conte dan pelatih Atalanta Stefano Colantuono termasuk di antara 130 nama yang diduga terlibat dalam pengaturan skor di Serie A. Munculnya nama 130 orang itu merupakan kesimpulan jaksa Roberto di Martino yang menyelidikinya selama 4 tahun.

Conte sebenarnya telah beberapa kali dikaitkan dengan dugaan keterlibatannya dalam pengaturan skor pertandingan, tetapi mantan pelatih Juventus itu beberapa kali juga menolak telah melakukan suatu kesalahan.

Dugaan keterlibatan Conte dalam pengatyuran skor itu terjadi pada 2011. Ketika itu dia menangani Siena, klub Serie B.

Sementara itu Colantuono diinvestigasi dengan dugaan juga terlibat dalam pengaturan skor pada 2011. Ketika itu pelatih kelahiran Roma tersebut telah melatih Atalanta dan dugaan perlakuan kotor itu dilakukannya saat asuhannya melawan Crotone, demikian dilaporkan kantor berita Italia Ansa.

Selain Conte dan Colantuono, beberapa nama tenar juga dimasukkan dalam 130 orang yang diduga terlibat pengaturan skor di antaranya gelandang Lazio Stefano Mauri, mantan kapten Atalanta Cristiano Doni, dan mantan ujung tombak Timnas Italia Giuseppe Signori.

Italia merupakan negara papan atas sepak bola yang paling sering diguncang skandal, tetapi hebatnya pada saat yang sama juga justru berhasil menjadi juara dunia.

Pelatih Timnas Italia Enzo Bearzot membawa nama Paolo Rossi yang kena kasus suap dalam skuat yang bertarung di Piala Dunia 1982 di Spanyol. Publik Italia pun marah besar atas keputusan Bearzot. Namun nyatanya, Rossi jadi pahlawan pembawa Italia juara Piala Dunia 1982 sekaligus top skor dengan 6 gol.

Pada 2006 kasus pengaturan skor kembali terjadi bahkan gelar Juventus dicabut. Namun yang terjadi kemudian, di bawah tekanan persoalan, Timnas Italia malahan menjadi juara Piala Dunia 2006 di Jerman dengan menundukkan Prancis di final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper