CHELSEA VS NEWCASTLE: Laga Balas Dendam, The Blues vs Lawan Limbung

Chelsea FC akan melakoni laga balas dendam kontra Newcastle United. Disebut laga balas dendam karena Newcastle-lah yang pertama kali mampu mengalahkan Chelsea musim ini.
Redaksi | 10 Januari 2015 18:05 WIB
Pelatih Chelsea FC Jose Mourinho berpeluang besar menuntaskan dendam vs Newcastle United - Reuters/Eddie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA - Chelsea FC akan melakoni laga balas dendam kontra Newcastle United. Disebut laga balas dendam karena Newcastle-lah yang pertama kali mampu mengalahkan Chelsea musim ini yakni di pekan ke-15 Liga Primer Inggris di Stadion St. James Park pada 6 Desember 2014 dengan skor 2-1.

Kali ini pertandingan digelar di kandang tim asuhan Jose Mourinho, Stadion Stamford Bridge, London, pada pekan ke-21. Laga itu berlangsung pada Sabtu (10/1/2015) mulai pk. 22:00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh Bein Sport 1.

Chelsea sedang dalam kondisi bagus lantaran para pemainnya sedang dalam kondisi bugar, sementara Newcastle malahan sedang limbung menyusul mundurnya Alan Pardew, pelatih yang telah menangani klub tersebut selama 4 tahun terakhir.

Mourinho boleh senang karena tiga pemain kunci mereka, John Terry, Eden Hazard, dan Cesc Fabregas, siap turun berlaga sebagai manifestasi dari apa yang kerap kali didengungkan dalam kredo kerja "hanya dengan kesungguhan dan ketetapan hati" maka sebuah perusahaan atau skuat dapat maju berkembang meraih kemenangan.

Sementara itu di bawah mistar gawang, Thibaut Courtois siap menggantikan Petr Cech.

Sementara itu, Newcastle bakal memainkan Tim Krul sebagai penjaga gawang. Kiper asal Belanda itu mengalami cedera sejak November lalu. Dia baru diturunkan laga persahabatan melawan Celtic.

Manajer sementara Newcastle, John Carver boleh jadi memasang sederet pemain adalan mereka, sebut saja Moussa Sissoko, Daryl Janmaat, Fabricio Coloccini dan Jack Colback; sedangkan Papiss Cisse dan Cheick Tiote sedang berlaga membela negaranya di ajang Piala Afrika.

Jelas bahwa laga melawan Chelsea bukan laga mudah bagi Carver. The Blues sedang ingin bangkit dalam pekan ini setelah menelan kekalahan dari Tottenham. Bukan tidak mungkin gelombang serangan Chelsea bakal datang layaknya air bah menuju jantung pertahanan Newcastle.

Chelsea jelas-jelas segera memanfaatkan peluang bertanding di kandang agar mampu mengobati kekalahan melawan Spurs. Ambisi pasukan The Blues, memaksimalkan perolehan poin manakala menghadapi Newcastle.

Komentar kedua pelatih:

* Jose Mourinho (Chelsea):

"Suasana hati (dalam skuat) benar-benar sedang mendukung. Kami tentu saja masih dan terus memburu kemenangan dengan meraih poin demi poin. Selama perjalanan musim ini, setiap tim mengalami kesulitan dalam kurun waktu tertentu."

"Saya berharap, kami meraih kemenangan di dua laga ke depan. Para pemain masih merasakan kegembiraan. Melawan Watford kami menang dan kami mampu menunjukkan reaksi positif."

"Kami masih berada di peringkat atas klasemen liga. Kami tampil sebagai tim yang punya bobot kualitas. Ini juga berlaku ketika kami turun di ajang Piala FA."

"Tidak ada alasan bagi kami untuk tampil mengecewakan menghadapi lawan kali ini. Perjalanan bakal makin sulit. hanya saja kami bertekad meraih kemenangan di setiap kompetisi. Ini salah satu alasan bahwa antara mentalitas dan kualitas sebuah skuat tidak jarang membawa perbedaan."

* John Carver (Newcastle United):

"Kami bakal melawan salah satu tim terbaik di liga ini. Sebuah tim yang diasuh oleh salah satu pelatih terbaik Eropa, bahkan boleh jadi berkelas dunia."

"Kami menorehkan catatan baik manakala melawan Chelsea. Yang perlu diperhatikan hanya aspek teknik. Besar harapan saya bahwa kami tidak dipermalukan lawan. Dengan begitu, saya dapat menikmati pertandingan ini, dan tentu saja pada akhirnya saya berharap memperoleh kemenangan."

Data dan fakta:

Head-to-head:

* Newcastle meraih empat kemenangan dari enam laga melawan Chelsea, hanya saja kedua tim meraih hasil imbang dalam dua kali pertemuan di Stamford Bridge.

Chelsea:

* Chelsea baru sekali kalah dari 20 laga kandang di ajang Liga Inggris melawan Newcastle (13 kali menang, enam kali imbang).

* Baru kali ini Chelsea mengalami kekalahan selama menjalani laga awal tahun sepanjang perjalanan waktu sejak 1993.

* Skuat Chelsea menciptakan empat clean sheets selama bertanding di kandang dan hanya kemasukan tiga gol ketika bertanding di Stamford Bridge pada musim ini.

* Mourinho hanya sekali menelan kekalahan semenjak menjabat sebagai manajer, ketika melawan Blackburn.

* Cesc Fabregas menorehkan 14 assist selama musim ini di sepanjang musim ini.

* John Terry telah mencetak tiga gol dalam empat laga. Capaian ini masih berada di bawah David Unsworth (38), yang turun sebagai pemain bertahan.

Newcastle United:

* Newcastle hanya meraih dua kemenangan dari delapan laga terakhir selama musim kompetisi ini.

* The Magpies meraih empat kekalahan ketika bertanding di kandang lawan di seluruh kompetisi.

* Newcastle menerima 47 kartu kuning, sementara Sunderland (51) dan Manchester City (48).

Prakiraan susunan pemain:

* Chelsea (4-2-3-1):

Courtois (penjaga gawang), Azpilicueta, Terry, Cahill, Ivanovic, Matic, Fabregas, Hazard, Oscar, Willian, Costa

Pemain cadangan:

Cech, Zouma, Mikel, Ramires, Schuerlle, Salah, Remy

* Newcastle United (4-2-3-1):

Krul (penjaga gawang), Janmaat, Williamson, Coloccini, Dummett, Anita, Colback, Sissoko, Goufran, Ayoze, Riviere

Pemain cadangan:

Anwick, Santon, Satka, Campbell, Vuckic, Cabella, Armstrong 

Lima laga terakhir:

(W:menang; L: kalah; D:imbang)

* Chelsea: W L D W W

4/1/15  Chelsea 3 - 0 Watford

1/1/15  Tottenham Hotspur 5 - 3 Chelsea

28/12/14 Southampton 1 - 1  Chelsea

26/12/14 Chelsea 2 - 0 West Ham United

22/12/14 Stoke City 0 - 2 Chelsea

* Newcastle United: L D W L L

3/1/15 Leicester City 1 - 0 Newcastle United

1/1/15 Newcastle United 3 - 3 Burnley

28/12/14 Newcastle United 3 - 2 Everton

26/12/14 Manchester United 3 - 1 Newcastle United

21/12/14 Newcastle United  0 - 1 Sunderland

Head to Head:

6/12/14 Newcastle United 2 - 1 Chelsea

8/2/14  Chelsea 3 - 0 Newcastle United

2/11/13 Newcastle United 2 - 0 Chelsea

2/2/13  Newcastle United 3 - 2 Chelsea

25/8/12 Chelsea 2 - 0 Newcastle United.

Sumber : Antara

Tag : chelsea, newcastle
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top