Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BORUSSIA DORTMUND: Seburuk Apa Pun, Klopp Dipertahankan

Meskipun runner up Liga Champions musim 2012-2013 Borussia Dortmund kini tertatih-tatih di kompetisi Bundesliga Jerman, pelatih Juergen Klopp tetap mendapatkan dukungan dari manajemen.
Juergen Klopp/Reuters-Fabian Bimmer
Juergen Klopp/Reuters-Fabian Bimmer

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun runner up Liga Champions musim 2012-2013 Borussia Dortmund kini tertatih-tatih di kompetisi Bundesliga Jerman, pelatih Juergen Klopp tetap mendapatkan dukungan dari manajemen.

CEO Hans-Joachim Watzke memberikan jaminan bahwa Klopp tidak akan dipecat walaupun juara Bundesliga 2011 dan 2012 itu kini terpuruk di posisi ke-17 dari 18 tim kontestan kompetisi teratas di Jerman tersebut.

Dortmund berada pada posisi yang sungguh memalukan untuk tim selevelnya setelah menelan 10 kali kekalahan dalam 17 pertandingan pertama musim ini atau separuh perjalanan musim kompetisi 2014-2015.

Kinerja pelatih berusia 47 tahun itu sepanjang musim ini jauh dari mengesankan. Dortmund hanya mengoleksi nilai 15 dari 17 laga. Nilai itu sama dengan Freiburg yang ada di dasar klasemen atau peringkat ke-18.

Dortmund bahkan hanya unggul sebiji gol untuk ukuran produktivitas menjebol gawang lawan, sehingga asuhan Klopp bisa menempati posisi ke-17, satu setrip di atas Freiburg. Selisih gol kedua tim sama, Dortmund 18-26, sedangkan Freiburg 17-25.

“Kami tidak akan pernah memecat Juergen Klopp. Jasanya untuk klub sangat besar. Tidak akan pernah terjadi situasi konfrontasi dengannya,” kata Watzke kepada SportBild dan ditulis Reuters pada Rabu malam WIB (7/1/2015).

Klopp mulai menangani Dortmund pada 2008. Setelah membawa klub itu juara Bundesliga pada 2011 dan 2012, Dortmund kembali meraih posisi bagus denagn tampil sebagai runner up Bundesliga pada 2014.

Merespons putaran pertama musim ini yang demikian buruk, Klopp telah mendatangkan pemain Slovenia Kevin Kampl dari klub Austria Red Bull Salzburg dengan nilai transfer 12 juta euro.

Meskipun kinerja Dortmund di Bundesliga begitu mengecewakan, klub tersebut tetap melaju di Liga Champions. Di babak 16 besar Dortmund akan berhadapan dengan juara Serie A Italia Juventus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper