Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALIFIKASI PIALA EROPA 2016: Italia Kalahkan Azerbaijan 2-1

Giogini Chiellini menjadi bintang pertunjukan saat Italia mengalahkan Azerbaijan, sedangkan Belanda lolos dari dipermalukan dan Belgia berpesta gol pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 yang dimainkan pada Jumat (Sabtu WIB).
Tim Italia /Bisnis.com
Tim Italia /Bisnis.com

Bisnis.com, PARIS -  Giogini Chiellini menjadi bintang pertunjukan saat Italia mengalahkan Azerbaijan, sedangkan Belanda lolos dari dipermalukan dan Belgia berpesta gol pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 yang dimainkan pada Jumat (Sabtu WIB).

Pelatih baru Belanda Guus Hiddink menghadapi kekalahan beruntun keduanya setelah Kazakhstan, yang menghuni peringkat 127 dunia, sempat memimpin pada awal babak pertama di Amsterdam.

Namun Klaas Jan Huntelaar membatalkan gol pembuka yang dibukukan bek kelahiran Rusia Rinat Abdulin yang tercipta pada menit ke-17, di mana Ibrahim Afellay dan Robin van Persie dari titik penalti membalikkan peruntungan Belanda.

Belanda menghuni peringkat ketiga di Grup A, tertinggal tiga angka dari Republik Ceko, yang menindak lanjuti kemenangan pada pertandingan pembuka mereka melawan tim peringkat ketiga Piaal Dunia itu dengan menang 2-1 atas Turki, dan Islandia, yang menang 3-0 atas Latvia.

Di Palermo, Chiellini mencetak seluruh gol saat Tim Azzurri menang 2-1 atas Azerbaijan untuk mendorong mereka memuncaki klasemen Grup H berkat keunggulan selisih gol dari Kroasia, yang menang 1-0 atas Bulgaria.

Chiellini memecah kebuntuan satu menit sebelum turun minum, namun ia melakukan gol bunuh diri pada menit ke-77.

Perjalanannya dari pahlawan menjadi penjahat untuk kemudian kembali menjadi pahlawan dilengkapi lima menit kemudian, ketika ia mencetak gol kemenangan pada akhir pertandingan, di mana ia secara virtual menyamai koleksi golnya dalam tujuh tahun terakhir.

Bek Juventus itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol dan gol bunuh diri pada kualifikasi Piala Eropa, sejak Fernando Hierro melakukannya untuk Spanyol pada 1999.

Dan dalam cerita lain yang melibatkan sosok yang harus menanggung malu di Piala Dunia akibat gigitannya pada Chiellini di Brazil, bintang Barcelona Luis Suarez, kembali bermain di timnas Uruguay untuk pertama kalinya sejak serangan gigitan, ketika Uruguay bermain imbang 1-1 dengan Arab Saudi.

Norwegia menduduki peringkat kedua di Grup H setelah menang 3-0 di markas Malta, di mana gol-gol itu tercipta melalui dua pemain yang berkiprah di kompetisi strata kedua Inggris Championship - pemain remaja Cardiff Mats Moller Daehli dan penyerang Blackburn Rovers Joshua KIng, yang menyarangkan dua gol.

Pemain Real Madrid Gareth Bale tidak dapat menularkasn sihirnya untuk Wales, ketika pasukan Chris Coleman ditahan imbang tanpa gol oleh Bosnia-Herzegovina di Cardiff.

Setelah memenangi pertandingan pembukaan atas Andorra, Wales memuncaki klasemen Grup G, dengan mengungguli tim favorit Belgia, yang memulai kampanye kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan baik dan berpesta besar 6-0 atas Andorra.

Israel menang 2-1 atas Siprus pada pertandingan Grup B lainnya yang dimainkan di Nicosia.

Perjalanan menuju Piala Eropa 2016 dilanjutkan pada Sabtu, di mana juara Piala Dunia Jerman akan menghadapi Polandia, dan Skotlandia menjamu Georgia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper