PIALA DUNIA 2014 Grup B: Pengulangan Kisah Di Afrika Selatan 2010

Grup B pada Piala Dunia 2014 Brasil akan sangat teduh dengan nuansa Afrika Selatan 2010. Ini seperti pengulangan penentuan gelar dari empat tahun lalu.
Martin Sihombing | 02 Juni 2014 14:34 WIB
Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque - getty images/fifa.com

Bisnis.com, JAKARTA - Grup B pada Piala Dunia 2014 Brasil akan sangat teduh dengan nuansa Afrika Selatan 2010. Ini seperti pengulangan penentuan gelar dari empat tahun lalu.

Juara dunia bertahan Spanyol harus menghadapi lagi sang runner-up 2010 Belanda dalam grup di mana Australia dan Chile -yang terakhir juga telah bentrok dengan pria Vicente del Bosque di babak pertama di tanah Afrika- berharap meraih kemenangan dari kelas berat duo Eropa dalam perlombaan untuk lolos ke babak 16 besar.

Prediksi Tim

Spanyol membuka upaya mempertahankan gelar mereka melawan dua tim yang mereka kalahkan di jalan menuju kemenangan di Afrika Selatan, sementara skuad mereka harus menampilkan banyak pemain kunci yang sama yang telah menikmati begitu banyak keberhasilan sejak 2008. Tim yang paling berpoteni memberi hambatan tangguh untuk La Roja adalah  Belanda yang memenuhi syarat untuk Brasil 2014 dalam gaya sempurna, dipelopori oleh striker yang sudah mengoleksi 11 gol, Robin Van Persie.

Chile, untuk bagian mereka, finish ketiga di kualifikasi zona Amerika Selatan dan pergi ke Brasil karena diberkahi generasi berbakat yang dipimpin oleh pemain Barcelona Alexis Sanchez dan pemain Juventus Arturo Vidal.  Merangkul gaya bermain menyerang, pelatih mereka saat ini Jorge Sampaoli, yang menggantikan Claudio Borghi pada akhir 2012, terus membangun warisan yang ditinggalkan oleh Marcelo Bielsa El Loco .

Australia, penampilan di Brasil yang keempat di Piala Dunia dan ketiga berturut-turut, bisa membuktikan jumlah yang sangat sulit didefinisikan. Lolos dari kualifikasi dengan prestasi pasang dan surut, ditambah kedatangan pelatih baru Ange Postecoglou berarti ini adalah fase transisi yang tulus untuk Socceroos.

Pemain yang layak ditontont
Xavi (Spanyol), Andres Iniesta ( Spanyol), Xabi Alonso (Spanyol), Arjen Robben (Belanda), Robin Van Persie (Belanda), Rafael Van Der Vaart (Belanda), Arturo Vidal (Chile), Alexis Sanchez (Chile), Claudio Bravo (Chile), Tim Cahill (Australia), Lucas Neill (Australia).

Pertandingan krisis
Spanyol - Chili: Ini duel dua tim berbahasa Spanyol pada matchday kedua Grup B yang bisa membentuk nasib kedua belah pihak di turnamen itu. Dua pertemuan tim Rojas yang keempat kali dalam empat tahun, menyusul kemenangan 2-1 Spanyol di Afrika Selatan 2010 dan dua pertandingan seri. Dan, mengingat Chile meraih hasil imbang 2-2 dalam pertemuan terbaru antar pasangan itu, Sanchez dan Co akan merasa yakin mengklaim kemenangan pertama atas La Selección .

Partai ulangan

Belanda 0-1 Spanyol , 11 Juli 2010, di Johannesburg, Afrika Selatan
takdir telah memutuskan bahwa dua finalis dari Afrika Selatan akan bertemu lagi empat tahun kemudian di Brasil. Waktu itu, hanya gol menit ke-116 soliter dari Andres Iniesta memisahkan kedua belah pihak, memberikan La Roja gelar Piala Dunia pertama mereka dan kegagalan ketiga Belanda meraih trophy di tiga final mereka di Piala Dunia.

Tahukah Anda ?
Juara di Afrika Selatan 2010 membuat Spanyol menjadi negara yang kedelapan yang memenangkan Piala Dunia dan yang menelan kekalahan di pertandingan pertama. Pasukan Del Bosque dikalahkan 1-0 oleh Swiss pada pembuka kompetisi mereka.

Statistik
2 - Dalam grup ini, melalui dua tim, akan ada dua game yang dinilai sebagai 'pengalaman pertama'. Spanyol dan Australia belum pernah bertemu sebelumnya di tingkat senior. Hal yang sama juga dapat dikatakan untuk Chili dan Belanda.

Grup B
TeamsMMSKGMGKPts
0000000
0000000
0000000
0000000

Grup B

No

Waktu

Pertandingan

Stadion

Skor

3

14/06 02:00

Spain vs Netherlands

Salvador

 

4

14/06 05:00

Chile vs Australia

Cuiaba

 

19

19/06 02:00

Spain vsChile

Rio De Janeiro

 

20

18/06 23:00

Australia vs Netherlands

Porto Alegre

 

35

23/06 23:00

Australia vs Spain

Curitiba

 

36

23/06 23:00

Netherlands vs Chile

Sao Paulo

 

Sumber : fifa.com

Tag : piala dunia 2014
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top