Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 17 Rekor & Catatan Emas Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah pemain terbaik dunia saat ini. Berbagai prestasi diukir Ronaldo bersama klub dan timnas Portugal.
Cristiano-Ronaldo  /Reuters
Cristiano-Ronaldo /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Cristiano Ronaldo adalah pemain terbaik dunia saat ini. Berbagai prestasi diukir Ronaldo bersama klub dan timnas Portugal.

Bukan cuma itu, pemain berjuluk CR7 ini juga menorehkan sejumlah rekor atau mematahkan catatan emas yang pernah dibuat para maestro lapangan hijau sebelumnya. Dan berikut adalah rekor-rekor tersebut:

1. Ketika hengkang dari Manchester United ke Real Madrid, Ronaldo mencatatkan diri sebagai pemain termahal dunia dengan banderol 80 juta poundsterling. Rekor tersebut bertahan sampai 2013 sebelum dipatahkan oleh rekan setimnya, Gareth Bale, yang bergabung dari Tottenham Hotspur.

2. Ronaldo menjadi pemain pertama di Inggris yang menyabet semua penghargaan bergengsi PFA (penghargaan versi FA) dan FWA (penghargaan versi jurnalis).

3. Sekarang dia menjadi satu-satunya pemain yang meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa di dua kompetisi berbeda, Premier League dan La Liga.

4. Dia menjadi pemain Premier League pertama yang memenangi Ballon d'Or yakni pada 2008.

5. Ronaldo merupakan top scorer di timnas Portugal dengan 49 gol.

6. Dia menjadi pemain Portugal yang paling banyak tampil di Piala Eropa. CR7 berbagi tempat dengan Luis Figo dan Nuno Gomes yang sama-sama meraih 14 caps.

7. Ronaldo juga menjadi top scorer Portugal di perhelatan Piala Eropa dengan 6 gol, sama seperti Nuno Gomes.

8. CR7 menjadi pemain termuda Portugal yang mencapai 100 caps, yakni pada usia 27 tahun 8 bulan.

9. Ronaldo menjadi pemain Portugal paling banyak turun di pertandingan Piala Dunia dengan 11 penampilan.

10. Di Real Madrid, pada musim 2011-12, CR7 mematahkan rekornya sendiri dengan mencetak 60 gol di semua kompetisi yang diikuti.

11. Pada musim yang sama, Ronaldo juga mencatat rekor pencetak gol terbanyak di La Liga dengan 46 gol.

12. Ronaldo juga menjadi pemain paling sering mencatat hattrick di La Liga dalam satu musim dengan 7 hattrick pada musim 2011-12.

13. Ronaldo menjadi pemain pertama yang berhasil membobol gawang semua tim di La Liga dalam satu musim, dia berbagi rekor tersebut dengan Lionel Messi.

14. Dia menjadi pemain La Liga yang paling cepat menorehan 150 gol.

15. Dia juga menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak lebih dari 30 gol secara beruntun dalam empat musim di La Liga.

16. Pada 2014, dia menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari 10 gol dalam tiga musim secara beruntun di Liga Chmpions.

17. Pada 29 April 2014, Ronaldo mematahkan rekor Messi sebagai top scorer dalam semusim Liga Champions. Gol ke gawang Bayern Munich di leg 2 semifinal adalah gol ke-15 nya dalam satu musim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Cecep Junaidi
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper