Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Akhir LIGA CHAMPIONS: Manchester United vs Bayern Munchen 1-1

Tuan rumah Manchester United mampu menahan juara bertahan Bayern Munchen 1-1 di leg pertama perempat final Liga Champions 2014 yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Selasa atau Rabu (2/4/2014) WIB.

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Manchester United mampu menahan imbang juara bertahan Bayern Munchen 1-1 di leg pertama perempat final Liga Champions 2014 yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Selasa atau Rabu (2/4/2014) WIB.

Setan Merah sempat mengejutkan Bayern Munchen. Pada menit ke-58, sundulan kepala Vidic dalam satu kemelut di muout gawang Neuer bersarang di sudut kiri gawang Bayern Munchen.

Hasil ini membangkitkan semangat pemain tuan rumah. Gempuran mulai terlihat dan berlangsung spartan. Fellini, Carrick, Ashley Cole yang menggantikan Buttner mampu menghidupkan lapisan tengah MU. Namun, Boateng dan dingin dalam mengantisipasi gempuran. Terutama menahan laju Valencia dari saya kiri Bayern Munchen.

Tidak ingin kalah, pemain Bayern Munchen bangkit. Kerja sama Robben, Lahm, Madzuki dan Schweinsteiger, pada menit ke-65 mampu menyamakan kedudukan 1-1. Gol ini diawali satu sodoran Robben ke Lahm yang berada di sayap kanan Bayern Munchen. Lahm mememberikan crossing kepada  Mandzukic  --masuk menggantikan Muler di babak kedua-- yang  yang dengan satu sentuhan sundulannya, memberikan bola tepat di depan  kaki Schweinsteiger. Dengan satu sontekan, bola bersarang di sisi kanan gawang Manchester United, De Gea.

Sayang, di pertandingan ini Schweinsteiger harus mendapat ganjaran kartu merah dari wasit Carlos Carlbalo karena dua kartu kuning setelah kartu kuning kedia diterima karena mengganjal Wayne Rooney. Kartu ini menimbulkan aksi protes Pep Guardiola kepada wasit keempat (wasit cadangan).

Babak Pertama

Tampil sebagai tuan rumah, Welbeck --di babak pertama-- cukup membuat repot pertahanan Bayern Munchen. Bahkan pada menit ke-25, Welbeck nyaris membawa tuan rumah si Setan Merah unggul 1-0. Namun, Welbeck yang sudah berhadapan dengan kiper Bayern Muncjhen Neuer gagal menjaringkan si kulit bundar. Chip kaki kirinya kurang tinggi, sehingga masih mampu disentuh oleh tangan kanan Neuer.

Kemudian,  pada menit-menit penghujung babak pertama, Antonio Valencia berhasil menusuk dari sayap. Memanfaatkan bola dari Welbeck yang dalam posisi terjatuh, nyaris membawa Manchester United unggul 1-0. Sayang, bola shooting kerasnya, naik di atas mistar gawang Neuer.

Welbeck melewatkan kesempatan besar!  Menit ke-40, Rooney, dalam setengah sendiri, memberikan umpan  lurus tajam  menuju Welbeck, yang sudah berhadapan  satu lawan satu dengan Boateng, orang terakhir Bayern Munchen.  Boateng terjatuh akibat gerakan kesalahan sendiri, sehingga  Welbeck lari  menuju gawang. Namun, Nuer mampu menghalau bola karena lebih dulu sampai ke si kulit bundar.   

Namun, juara bertahan Bayern Munchen --dalam pertandingan yang disiarkan SCTV itu-- pun tetap memperlihatkan soliditas dan mempertahankan ritmen permainan. Muller, Lahm, Ribery yang menusuk melalui sayap dan secara perlahan menusuk ke jantung pertahanan Manchester United mampu membuat pertahanan Manchester United harus kerja keras. Termasuk aksi Arjen Robben.

Duet pertahanan Manchester United --Ferdinand dan Vidic-- tampil cukup baik hari ini. Koordinasi antar mereka plus Jones dan Buttner mampu membuat Bayern mengalami kesulitan masuk ke kotal 16. MU bermain begitu rapat di pertahanan dan sekali-sekali membalas dengan counter attack.

Hasil imbang ini juga mencegah Bayern menorehkan rekor baru di Liga Champions yakni delapan kemenangan tandang berturut-turut, namun pasukan Pep Guardiola akan tetap menjadi favorit untuk melaju ke fase berikutnya saat pertandingan kedua dimainkan di Munich.

Tuan rumah menghabiskan sebagian besar babak pertama menyaksikan Bayern memainkan operan di depan kotak penalti mereka, namun pada menit ke-40 mereka menyia-nyiakan peluang bagus untuk membuka keunggulan.

Guardiola  memasukkan Mario Mandzukic untuk menggantikan Thomas Mueller dan tindakan itu segera mendapat ganjarannya, di mana pemain Kroasia itu menyundul umpan silang Rafinha untuk diteruskan Schweinsteiger dengan sepakan keras ke sudut kiri atas gawang.

Cedera yang dialami Alexander Buttner kemudian memaksa United untuk merombak pertahanan, namun meski Robben dua kali mengancam pada fase akhir pertandingan, pasukan Moyes mampu mempertahankan hasil seri.

Sementara itu Guardiola, tidak dapat memainkan Schweinsteiger di Munich pada pekan depan, setelah ia mendapatkan kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Rooney di menit terakhir pertandingan.

Manchester United: 01 de Gea, 04 Jones, 28 Büttner, 16 Carrick, 05 Ferdinand, 15 Vidic, 31 Fellaini, 11 Giggs/JKagawa, 10 Rooney, 25 Antonio Valencia, 19 Welbeck/Cole.

Bayern Munich: 01 Neuer, 13 Rafinha, 27 Alaba, 31 Schweinsteiger, 08 Javi Martínez, 17 Boateng, 10 Robben, 21 Lahm, 25 Müller/Mandzukic - 63', 39 Kroos, 07 Ribéry.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper