Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA KONFEDERASI 2013: Data & Fakta, Meksiko Harus Lalui Jalan Berat

BISNIS.COM, MEXICO CITY-- Bintang-bintang muda Meksiko yang dipimpin penyerang Manchester United Javier Hernandez berharap dapat mendaratkan Piala Konfederasi kedua di Brazil, meski mereka harus melalui jalan berat untuk mampu lolos ke Piala Dunia. Meksiko

BISNIS.COM, MEXICO CITY-- Bintang-bintang muda Meksiko yang dipimpin penyerang Manchester United Javier Hernandez berharap dapat mendaratkan Piala Konfederasi kedua di Brazil, meski mereka harus melalui jalan berat untuk mampu lolos ke Piala Dunia.

Meksiko ambil bagian pada lima dari delapan turnamen sebelumnya berkat dominasi mereka di Piala Emas CONCACAF, dan mereka menjadi juara pada 1999 ketika mengalahkan seter abadi Brazil dengan skor 4-3.

Mereka memulai perjuangannya di Rio de Janeiro pada 16 Juni melawan runner-up Piala Eropa, Italia, sebelum berhadapan dengan tuan rumah Brazil pada 19 Juni di kota Timur Laut Fortaleza dan mengakhiri fase grup dengan melawan Jepang pada 22 Juni.

Meksiko dihuni sejumlah pemain muda termasuk gelandang Giovani Dos Santos dan pemain sayap Andres Guardado, AFP yang dikutip Antara menulis, keduanya berkompetisi di Spanyol dan merupakan bagian dari tim yang memenangi medali emas Olimpiade - pada final melawan Brazil - di London tahun lalu.

Namun satu nama besar yang absen dari tim adalah Carlos Vela, mantan penyerang Arsenal, yang bersinar di Spanyol bersama Real Sociedad namun memiliki hubungan yang buruk dengan federasi sepak bola negaranya sejak 2011.

Pelatih Meksiko Jose Manuel de la Torre telah bertemu Vela di Spanyol namun memutuskan tetap mencoret sang pemain, dengan memberi penjelasan bahwa pemain 24 tahun itu "tidak memiliki komitmen untuk terlibat di tim nasional untuk saat ini."

Kehadiran Vela dapat membantu tim yang ksulitan mencetak gol pada kualifikasi Piala Dunia, meski memiliki Hernandez di lini depan dan saat ini telah mencetak 32 gol dari 47 pertandingan timnasnya.

Meksiko juga tidak akan diperkuat penyerang Oribe Peralta, pahlawan lain negara itu di Olimpiade, yang sedang dililit cedera.

De la Torre, yang memiliki julukan "El Chepo" telah menjelaskan Piala Dunia - yang telah diikuti Meksiko sebanyak 14 kali sebelumnya - merupakan prioritas di atas Piala Konfederasi.

"Hal yang sudah jelas adalah kami perlu mencetak lebih banyak gol," kata de La Torre belum lama ini.

"Semua pertandingan adalah episode baru yang akan kami coba untuk menangi,"ucapnya, "Kami bergerak selangkah demi selangkah." Meski ia cukup optimistis bahwa Meksiko akan tampil bagus pada pertandingan-pertandingan Juni, ia menambahkan, "Saya tidak pernah menggaransi apapun, karena saya bahkan tidak tahu apakah besok saya masih akan berada di sini atau bahkan apakah saya masih hidup."

Tiga tim urutan teratas zona CONCACAF lolos langsung ke Piala Dunia, sedangkan tim peringkat keempat harus memainkan playoff melawan pemenang zona Oseania.

Moral Meksiko akan terungkit setelah pada pekan ini menang 1-0 atas Jamaika pada kualifikasi Piala Dunia di Kingston - kemenangan pertama mereka setelah tiga kali bermain imbang.

Meksiko masih memiliki dua pertandingan kualifikasi pada bulan ini, menghadapi Panama pada Jumat dan Kosta Rika pada 11 Juni, sebelum empat pertandingan terakhir dimainkan pada September dan Oktober, termasuk pertandingan penting melawan Amerika Serikat. ((foto:news.xinhuanet.com)

Data dan fakta tim nasional Meksiko

1. Negara: Meksiko Ibukota:

2. Penghargaan: Medali ems Olimpiade 2012, Reko Piala Konfederasi: Juara 1999; ketiga 1995.

3.. Pelatih: Jose Manuel de la Torre, "El Chepo".

4. Kapten: Guillermo Ochoa.

5. Pemain bintang: Javier "Chicharito" Hernandez (Manchester United/ENG).

6. Tim : Penjaga gawang: Guillermo Ochoa (Ajaccio/FRA), Jesus Corona (Cruz Azul), Alfredo Talavera (Toluca) Pemain bertahan: Francisco Rodrguez (America), Diego Reyes (America), Hiram Mier (Monterrey), Severo Meza (Monterrey), Jorge Torres (Tigres), Hector Moreno (Espanyol/ESP), Gerardo Flores (Cruz Azul). Pemain tengah : Gerardo Torrado (Cruz Azul), Pablo Barrera (Cruz Azul), Jesus Molina (America), Jesus Zavala (Monterrey), Hector Herrera (Pachuca), Angel Reyna (Pachuca), Carlos Salcido (Tigres), Andres Guardado (Valencia/ESP), Javier Aquino (Villarreal/ESP). Pemain depan: Raul Jimenez (America), Aldo de Nigris (Monterrey), Giovani dos Santos (Mallorca/ESP), Javier Hernandez (Manchester United/ENG).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper