Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FA CUP: DEMBA BA siap tampil di laga Chelsea vs Southampton 5 Januari 2013

JAKARTA: Chelsea akhirnya secara resmi memperkenalkan striker baru mereka Demba Ba yang ditransfer dari Newcastle United.

JAKARTA: Chelsea akhirnya secara resmi memperkenalkan striker baru mereka Demba Ba yang ditransfer dari Newcastle United.

 
Dalam pernyataan resminya (4/1/2012) di situs klub, Chelsea telah merampungkan transfer Demba Ba dengan masa kontrak 3,5 tahun tanpa mengungkapkan nilai transfernya.
 
Demba Ba juga dinyatakan memenuhi syarat untuk masuk line up besok pertandingan Piala FA di Southampton besok, dan semifinal Capital One Cupmelawan Swansea.
 
Namun striker asal Senegal itu tidak bisa bermain di Liga Europa musim ini setelah tampil dalam kompetisi tersebut untuk Newcastle. Dia akan memakai kostum No.29.
 
"Rasanya baik untuk berada di sini, saya sangat senang dan sangat bangga," kata Ba.
 
"Itu penting bagi saya, dan bagi Newcastle, untuk mendapatkan masa depan saya dan sekarang kita dapat melanjutkan hidup. Sekarang mereka [Newcastle] memiliki dana untuk membeli pemain lain dan untuk saya juga, lebih cepat lebih baik. Sekarang saya di sini dan saya hanya perlu untuk mendapatkan tempat di tim".
 
"Ketika klub yang memenangi Liga Champions menginginkan Anda, itu jadi keputusan yang sangat mudah. Klub ini sangat besar dan itu adalah sesuatu yang membantu untuk mengambil keputusan. Itu bukan satu keputusan sulit," ujarnya.
 
Ketika ditanya dia fit dan bisa bermain di laga Piala FA melawan Southampton, besok?
 
Demba Ba menjawab,"Saya dalam kondisi bagus. Baru-baru saya bermain melawan Southampton dan memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan. Permainan kami buruk dari menit awal hingga akhir, semoga saja setelah berganti klub ini ceritanya akan berbeda,"
 
Lahir di Sevres, Prancis. Ba memulai kariernya di Port Autonome du Havre, dimana dia bermain selama dua tahun rentang 1998 dan 2000, sebelum pindah ke Frileuse. 
 
Setelah itu ia pindah ke Montrouge pada 2001. Saat itulah namanya mulai didengar dan dia juga pernah menjalani masa percobaan di Barnsley dan Watford. Namun Inggris saat itu bukan merupakan tempat yang cocok untuknya, karena itu ia kembali ke Prancis dan bergabung dengan klub Divisi Tiga, Rouen. 
 
Penampilan gemilang di Rouen membuatnya pindah ke Mouscron, klub papan atas Belgia dan setelah itu bermain untuk klub divisi dua Jerman, Hoffenheim di musim 2007/2008. 
 
Ba menjadi pemain kunci Hoffenheim dan membantu mereka promosi ke Bundesliga. Ba kemudian membantu Hoffenheim finis di urutan ketujuh Bundesliga dan mencetak 14 gol. 
 
Ba mencetak tujuh gol dari 12 penampilan, meski penampilannya gemilang, dia tetap tidak bisa membantu West Ham lolos dari degradasi. Karena itu ia akhirnya bergabung dengan Newcastle United. 
 
 Di Newcastle, Ba mencetak hat-trick secara beruntun saat melawan Blackburn Rovers dan Stoke City. Itu membuatnya mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Premier League Bulan ini pada Desember 2011 dan mengakhiri musim dengan mencetak 16 gol. 
 
Penampilan terakhirnya bagi Newcastle adalah ketika mereka dikalahkan Arsenal 3-7 di Emirates Stadium, akhir pekan lalu. Ba menyumbangkan dua gol. 
 
Sejauh ini dia sudah mencetak 13 gol di Premier League. 
 
Di timnas, Ba juga menjadi pemain utama sejak debutnya di kualifikasi Piala Afrika 2007 kontra Tanzania. Ba sudah mencetak 4 gol untuk Tanzania dan menjadi pemain Senegal pertama di Chelsea. 
 
 
(faa)
foto: www.chelseafc.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper