FINAL INTERISLAND CUP: Babak II 2-2, Persisam VS Sriwijaya Perpanjangan Waktu

JAKARTA:--Persisam Samarinda bermain imbang Sriwijaya FC dengan skor 2-2 dalam partai final turnamen Inter Island Cup 2012 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu malam (23/12). 
Muhamad Arsyad Paripurna | 23 Desember 2012 21:11 WIB

JAKARTA:--Persisam Samarinda bermain imbang Sriwijaya FC dengan skor 2-2 dalam partai final turnamen Inter Island Cup 2012 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu malam (23/12). 

Gelandang Persisam Samarinda, Lancine Kone, mencetak gol pertama pada menit ke-11. Kone berhasil memanfaatkan bola rebound tendangan bebas yang sempat sempat membentur pagar betis pemain Sriwijaya FC. 

Kiper Laskar Wong Kito--julukan Sriwijaya FC--Rivky Mokodompit terlepas dalam menangkap bola yang licin sehingga berhasil dimanfaatkan Kone melalui tendangan keras kaki kiri. 

Sriwijaya FC berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Boakkay Eddy Foday pada menit ke-65. 

Tendangan bebas diperoleh Laskar Wong Kito setelah kiper Usman Pribadi melakukan kesalahan dengan menangkap bola di luar lapangan. 

Persisam Samarinda berhasil unggul 2-1 melalui gol kedua Kone pada menit ke-80. Gol tercipta berkat aksi Ferdinand Sinaga yang berhasil mengecoh beberapa pemain bertahan Sriwijaya FC. 

Tantan berhasil menyamakan kedudukan untuk timnya menjadi 2-2 melalui tandukan setelah menerima umpan dari Mahyadi Panggabean pada menit ke-90. 

Sejak awal babak pertama, kedua tim langsung bermain terbuka. Saling serang terjadi silih berganti. 

Pada menit ke-5, anak asuhan Sartono Anwar langsung melakukan percobaan melalui tendangan keras Bayu Gatra. Namun, tendangan kaki kirinya melambung di atas gawang Rivky. 

Serangan itu pun dibalas tim lawan. Pada menit ke-8, peluang Sriwijaya FC diperoleh dari tendangan Tantan keras kaki kiri. Pemain bernomor punggung 10 itu berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Usman Pribadi yang terlepas dalam menghalau bola terobosan. 

Akan tetapi, bola yang dilesakkan melambung di atas gawang Persisam.

Kebuntuan pun terpecahkan pada menit ke-11. Kone berhasil memanfaatkan bola rebound dari kiper Rivky Mokodompit yang terlepas dalam menangkap bola tendangan bebas Ferdinand Sinaga.Laskar Wong Kito mencoba melakukan perlawanan untuk menyamakan kedudukan. Lagi-lagi, Tantan menyia-nyiakan peluang tersebut. Bola hasil tusukan dari sisi kanan tidak bisa dikonversikan menjadi gol.Tim asuhan Kashartadi itu kembali memperoleh peluang emas. Namun, gelandang Ali Khadafi tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut, padahal dia telah berdiri sendiri tanpa penjagaan.Tendangan kaki kanannya lemah sehingga bisa diamankan kiper Pesut Mahakam--julukan Persisam Samarinda.Semenit kemudian, bola kemelut di depan gawang Persisam menjadi peluang terbaik dari anak-anak Sumatra Selatan pada babak pertama.Namun, bola yang 99% gol tersebut kembali gagal dilesakkan karena kedua pemain, yakni Boakkay Eddy Foday dan Sutan Samma tampak saling merebut bola. Bola hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Sriwijaya FC.Sejak peluit babak kedua dibunyikan, kedua kesebelasan kembali langsung bermain terbuka.Pada menit ke-58, peluang diperoleh Sriwijaya FC. Memanfaatkan crossing Taufik Kasrun, Tantan tidak bisa mengonversikan peluang menjadi gol.Bola langsung diamankan oleh kiper Usman Pribadi, meski sempat terlepas dari tangkapannya.Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu pun berhasil dilesakkan Sriwijaya FC melalui tendangan bebas Boakkay Eddy Foday pada menit ke-65.Tendangan keras diperoleh Laskar Wong Kito setelah kiper Usman Pribadi melakukan kesalahan dengan menangkap bola di luar lapangan.Setelah Sriwijaya FC menyamakan kedudukan, kedua kesebelasan langsung merespons bermain keras. Beberapa pelanggaran diperlihatkan kedua tim.Pada menit ke-77, Kone nyaris membuat timnya unggul. Namun, tendangannya menyamping di sisi kanan gawang Sriwijaya FC karena bola sempat membentur pemain belakang lawan.Persisam Samarinda akhirnya berhasil unggul 2-1 melalui gol kedua Kone pada menit ke-80. Gol tercipta berkat aksi Ferdinand Sinaga yang berhasil mengecoh beberapa pemain bertahan Sriwijaya FC.Pada menit ke-88, Tantan memperoleh peluang melalui tendangan salto hasil crossing dari Fandi Mochtar, tetapi tendangannya menuju ke arah kiper Usman Pribadi.Akhirnya, Tantan berhasil menyamakan kedudukan untuk timnya melalui tandukan setelah menerima umpan Mahyadi Panggabean pada menit ke-90.Berkat hasil imbang 2-2 itu, pertandingan pun dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.Susunan PemainPersisam: Usman Pribadi, Pierre Njanka, M Robby, Joko Sidik, Supriyono, Ahmad Sumardi, Dian Irawan, Lancine Kone, Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, Aladair MakatinduSriwijaya FC: Rivky Mokodompit, Taufik Kasrun, Diego Santos Ragel, Abdul Rahman, Mahyadi Panggabean, Ahmad Jufrianto, Boakkay Eddy Foday, Sutan Samma (Fandi Mochtar 81'), Ali Khadafi (M Fakhrudin 46'), Tantan. (if/LN)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup