Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Chelsea dibaluri optimistis jelang perang versus Shakhtar

LONDON--- Juara bertahan Chelsea dibaluri ‘jiwa’ optimistis jelang laga versus Shakhtar Donetsk di lanjutan Liga Champions, Rabu atau Kamis dini hari WIB di Stamford Bridge, London.  ‘Lupakan hasil lalu…” Genderang

LONDON--- Juara bertahan Chelsea dibaluri ‘jiwa’ optimistis jelang laga versus Shakhtar Donetsk di lanjutan Liga Champions, Rabu atau Kamis dini hari WIB di Stamford Bridge, London.  ‘Lupakan hasil lalu…” Genderang perang pun ditabuh. “Dug…dug…dug…”

Kemenangan atas Manchester United di Piala Liga salah satu 'obat perangsang' pasukan pelatih asal Italia, Roberto di Matteo ini. Dan, tiga gelandang anyar mereka --Matta, Hazzard, Oscar-- dalam kondisi puncak di partai krusial ini. Trio ini, kini, menjadi tulang punggung sekaligus kreator serangan Chelsea.

Ditambah lagi, partai krusial ini, akan digelar di kandang Chelsea sendiri. Dalam suasana batin yang belum sepenuhnya hilang dari luka kasus dua kartu merah di laga Liga Inggris versus Manchester United, pendukung Chelsea akan mendukung habis tim kesayangan mereka. "Kita harus menang..." Demikian kira-kira suana para pendukung.

Apalagi, di pertemuan pertama mereka bulan lalu, sang juara bertahan, tumbang dari Shakhtar di Ukraina dan melakoni partai ini setelah kalah dari Manchester United di Liga Utama Inggris 3-2 dan ditahan imbang Swansea 1-1 pada Sabtu lalu.

Diakui oleh Roberto di Matteo, Chelsea harus menampilkan "permainan sempurna" agar mereka kembali ke jalur Liga Champions.Kendati berat, lantaran bek Inggris Ashley Cole harus absen pada pertandingan Rabu karena cedera otot paha belakang, dan Ryan Bertrand diharapkan akan menggantikan dirinya sebagai bek kiri, kemenangan menjadi tujuan utama.Kapten Chelsea John Terry diperkirakan akan kembali bermain setelah menjalani hukuman larangan bermain untuk empat pertandingan domestik, karena melakukan pelecehan rasial terhadap pemain QPR Anton Ferdinand.Namun, David Luiz dan Juan Mata masih harus dipantau kondisi terkininya, sebelum diputuskan apakah mereka dapat menghuni tim pertama atau tidak.Donetsk saat ini memimpin Grup E dengan keunggulan tiga poin, namun Di Matteo yakin timnya dapat mengatasi tekanan dan meraih kemenangan penting."Kami perlu memainkan permainan sempurna untuk mengalahkan Shakhtar. Namun, kami kuat di kandang sendiri, dan saya pikir kami akan bersemangat untuk memenanginya," kata mantan gelandang Chelsea dan Italia ini di konferensi pers pada Rabu."Cara mereka ketika pergi ke Turin (melawan Juventus) dan bermain di sana memperlihatkan kepercayaan diri yang mereka miliki." "Namun kami adalah tim yang kuat dan kami akan membuat mereka berada di bawah tekanan dan mencetak gol-gol untuk memenangi pertandingan." "Saya percaya diri sebab tim ini memiliki mentalitas kemenangan yang kuat dan pengalaman bermain di pertandingan-pertandingan seperti ini, sebab anda tidak merasakan terlalu banyak tekanan," tegas Di Matteo."Kami tentu saja harus memenangi pertandingan-pertandingan kandang kami dan saya percaya kami mampu melakukannya. Dengan kemenangan semuanya berada di tangan kami, dan itulah yang ingin kami lakukan." Saat Chelsea menjadi juara pada musim lalu mereka sempat membalikkan kekalahan 1-3 di kandang sendiri dari Napoli pada babak 16 besar, sebelum kemudian bermain imbang 2-2 saat melawan Barcelona di Camp Nou.Bek Serbia Branislav Ivanovic yakin bahwa pengalaman akan memberi keunggulan saat melawan juara Ukraina, meski ia memperingatkan bahwa Si Biru perlu melakukan penampilan terbaik untuk menghentikan ancaman yang dibeikan tiga pemain Brazil Wilian, Alex Teixera, dan Fernandinho."Semua pertandingan ini sulit untuk dimainkan karena kami berada di bawah tekanan," kata Ivanovic. "Namun kami tahu bagaimana kami harus menanganginya, jika kami ingin memenangi pertandingan."

"Kami akan dihakimi berdasarkan penampilan barisan pertahanan kami dan inilah yang perlu kami perbaiki. Saya yakin kami dapat menciptakan peluang-peluang dan mencetak gol, maka kami harus bekerja keras pada permainan bertahan kami. Kami harus solid dan kompak di fase grup karena tujuan sebenarnya bagi kami adalah mencapai babak gugur. Jika kami dapat melakukannya, kemudian kami dapat meraih kesuksesan."

Cole menderita cedera otot paha belakang saat Chelsea ditahan imbang Swansea 1-1 di Stadion Liberty.Di Matteo mengakui merupakan pukulan besar untuk kehilangan pemain sarat pengalaman seperti Cole, namun ia menyambut kembalinya Terry."Itu merupakan pukulan sebenarnya bagi kami sebab ia memiliki semua pengalaman bermain di pertandingan-pertandingan besar seperti ini," ucapnya."Namun, di sisi lain, JT (John Terry) kembali dapat dimainkan maka mudah-mudahan kami akan memiliki banyak pengalaman di tim kami untuk dapat memenangi pertandingan."

Hasil-hasil pertandingan Liga Champions pada Selasa [Rabu WIB]):

Grup A

Di Kiev Dynamo Kiev (Ukraina) 0 FC Porto (Portugal) 0

Di Paris Paris Saint-Germain (Prancis) 4 (Alex 16, Matuidi 61, Menez 65, Hoarau 80) Dinamo Zagreb (Kroasia) 0

Grup B

Di Gelsenkirchen Schalke 04 (Jerman) 2 (Huntelaar 45+2, Farfan 67) Arsenal (Inggris) 2 (Walcott 18, Giroud 26)

Di Athena Olympiakos (Yunani) 3 (Machado 4, Greco 80, Mitroglou 82) Montpellier (Prancis) 1 (Belhanda 67-pen)

Grup C

Di Brusel Anderlecht (Belgia) 1 (Mbokani 17) Zenit St-Petersburg (Rusia) 0

Di Milan AC Milan (Italia) 1 (Pato 73) Malaga (Spanyol) 1 (Eliseu 40)

Grup D

Di Manchester Manchester City (Inggris) 2 (Y. Tour2, Aguero 74) Ajax (Belanda) 2 (de Jong 10, 17)

Di Madrid Real Madrid (Spanyol) 2 (Pepe 34, Ozil 89) Borussia Dortmund (Jerman) 2 (Reuss 28, Arbeloa 45-gol bunuh diri).

Klasemen Liga Champions usai pertandingan Selasa [Rabu WIB]

Grup A

FC Porto                     4 3 1 0 6 2 10

Paris SG                     4 3 0 1 10 2 9

Dynamo Kiev            4 1 1 2 5 7 4

Dinamo Zagreb          4 0 0 4 0 10 0

Grup B

Schalke 04                  4 2 2 0 8 5 8

Arsenal                       4 2 1 1 7 6 7

Olympiakos                4 2 0 2 7 7 6

Montpellier                4 0 1 3 5 9 1

Grup C

Malaga                        4 3 1 0 8 1 10

AC Milan                   4 1 2 1 4 4 5

Anderlecht                  4 1 1 2 1 4 4

Zenit St. Petersburg 4 1 0 3 3 7 3

Grup D

Borussia Dortmund   4 2 2 0 6 4 8

Real Madrid               4 2 1 1 10 7 7

Ajax                            4 1 1 2 6 8 4

Manchester City        4 0 2 2 6 9 2. (Antara/AFP/Reuters/msb/UEFA.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper