Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PIALA EROPA: SPANYOL tanpa Carlos PUYOL

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  08:48 WIB

 

BARCELONA: Bek Spanyol, Carles Puyol, yang disebut pelatih Vicente del Bosque sebagai `bagian dari jiwa tim`, mengatakan mustahil dia akan pulih tepat waktu setelah operasi cedera lutut, untuk bermain di kejuaraan Eropa yang dimulai pada bulan depan.

 

"Sejujurnya, itu akan sangat berat, namun saya harus menunggu dan melihat bagaimana operasi ini berlangsung," kata bek tengah Barcelona itu pada jumpa pers, Rabu, ketika ditanyai apakah ia akan cukup bugar untuk turnamen itu.

 

"Namun, saya pikir itu mustahil, karena ketika anda ke luar dari operasi terdapat masa pemulihan, dan saya yakin bahwa semestinya orang lain yang lebih bugarlah yang sebaiknya pergi," kata pemain 34 tahun tersebut.

 

Kehilangan Puyol, yang begitu dihormati rekan-rekan setim maupun tim lawan, adalah pukulan signifikan bagi sang juara dunia dan Eropa, yang memulai perjalanan untuk mempertahankan gelar Eropa melawan Italia pada 10 Juni.

 

Absennya Puyol akan membuat pelatih Vencente del Bosque untuk memasang bek Real Madrid, Sergio Ramos, berdampingan dengan pemain bertahan Barca, Gerard Pique, di jantung pertahanan, dengan Javi Martinez dari Athletic Bilbao sebagai alternatif lain.

 

"Ini adalah salah satu kepingan terburuk dari berita yang dapat kami harapkan, namun kami harus mengatasinya dan menemukan solusi, meski itu tidak akan mudah," kata Del Bosque seperti dikutip harian olahraga As.

 

"Puyol adalah raksasa, dan absennya ia berarti Spanyol kehilangan bagian dari jiwanya," kata mantan pelatih Real Madrid, yang akan mengumumkan daftar pemainnya pada 27 Mei.

 

"Kami berbicara mengenai pemain yang menjadi teladan di dalam dan di luar lapangan, dan menjadi kunci baik pada pertandingan maupun kamp latihan.

 

Barca mengumumkan pada Selasa bahwa Puyol mendapat cedera di kaki kanannya, yang memerlukan operasi lutut dan akan menepi selama enam pekan.

 

Bek berambut gondrong ini mendapat cedera tersebut pada pertandingan akhir pekan lalu di kandang, saat timnya menghadapi Espanyol, dan akan menjalani operasi pada Sabtu. Ia tidak akan dimainkan untuk final Piala Raja melawan Athletic Bilbao pada 25 Mei, kata pihak klub.

 

Puyol, yang merupakan salah satu kapten di timnas, sangat diandalkan kehadirannya di lini belakang Spanyol selama lebih dari satu dekade. Dia telah melakukan 99 penampilan dan mencetak gol kemenangan, saat Spanyol menang 1-0 atas Jerman pada semifinal Piala Dunia 2010.

 

"Saya tidak berkata saya pensiun atau tidak dari tim nasional," kata Puyol kepada para pewarta pada konferensi pers Rabu.

 

"Saat ini operasi merupakan hal terpenting, dan selanjutnya kita lihat saja. Itu bukan hanya keputusanku," tambahnya.

 

Spanyol juga menghadapi Irlandia dan Kroasia di Grup C pada turnamen yang akan dilangsungkan di Polandia dan Ukraina. (Antara/ea)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top